Statistik Buktikan Sepanjang 2020 Ole Gunnar Solksjaer Hanya Kalah dari Klopp

"Buat anda yang menuntut agar Ole dipecat, seharusnya menengok rekor Ole sepanjang 2020 ini. Mencengangkan!"

Analisis | 28 December 2020, 11:21
Statistik Buktikan Sepanjang 2020 Ole Gunnar Solksjaer Hanya Kalah dari Klopp

Libero.id - Ole Gunnar Solskjaer sering jadi sasaran dikritik, apalagi jika bukan karena tingkat konsistensi Manchester United yang dianggap kacau. Tetapi di balik itu semua, yang tak disadari oleh orang-orang pada umumnya ialah, catatan statistik Ole ternyata masuk dalam kategori yang terbaik diantara pelatih-pelatih hebat Liga Premier.

Sepanjang tahun 2020 hanya Jurgen Klopp yang memiliki rekor lebih baik daripada laki-laki Norwegia itu.

Sedikit mundur ke belakang, selama dua tahun terakhir masa kepelatihan Ole di United sebetulnya tak buruk-buruk amat. Hanya saja nama besar United sebagai klub dengan reputasi hormat ditambah bayang-bayang kesuksesan Sir Alex Ferguson membuat Ole sedikit tampak terbebani.

Pada awal penunjukannya menggantikan Jose Mourinho publik tentu masih ingat dengan rekor 8 kemenangan berturut-turut yang Ole ciptakan. Namun segalanya berubah menjadi lebih buruk pada paruh kedua tahun 2019, tetapi sejak penandatanganan Bruno Fernandes pada bulan Januari yang lewat, segalanya benar-benar berbalik untuk pahlawan United tahun 1999 itu. Ole mulai membawa United ke jalur yang tepat.

Setelah memastikan finish di peringkat 4 musim lalu, musim ini United sementara bercokol di urutan ketiga klasemen, terpaut 2 poin dari puncak pimpinan klasemen, Liverpool.

Peringkat Pelatih Terbaik Liga Premier

Libero.id

Peringkat Pelatih Terbaik Liga Premier

Secara keseluruhan Ole telah memandu United dalam 80 pertandingan, namun jika diperinci khusus untuk tahun 2020 rekor Ole sebagai pelatih debutan di Liga Premier terlihat cemerlang. Namun catatannya masih kalah dari pelatih Liverpool, Jurgen Klopp secara yang secara mengejutkan memiliki rekor terbaik dari pelatih Liga Premier mana pun tahun ini, ia memenangkan 25 dari 35 pertandingan dan hanya kalah empat kali.

Dan urutan kedua, seperti yang disinggung di atas ialah Ole Gunnar yang telah mencatatkan 20 kemenangan mengesankan, tujuh imbang dan enam kekalahan. Dan tiga dari kekalahan itu terjadi pada Januari, sebelum kedatangan Bruno Fernandes. Menyusul kekalahan kandang 0-2 melawan Burnley pada 22 Januari, United tidak kalah dalam pertandingan liga selama sisa musim lalu.

Posisi ketiga diraih Pep Guardiola, yang juga memenangkan 20 pertandingan, tetapi seri lebih banyak yakni enam kali dan kalah tujuh kali.

Tepat di bawah mantan juru taktik Barcelona itu ada Frank Lampard yang telah memenangkan 50 persen dari 34 pertandingan Premier League yang dia jalani sepanjang tahun ini, dengan jumlah seri delapan dan kalah sembilan kali.

Sementara yang cukup mengejutkan ialah pelatih Southampton Ralph Hasenhuttl, masuk dalam 5 besar pelatih terbaik dengan presentasi kemenangan 50 persen, hanya kalah sedikit dari Lampard, Southampton saat ini duduk di urutan ketujuh dalam tabel klasemen. Sepanjang tahun 2020 Hasenhuttl telah membukukan 17 kemenangan dari 34 laga, 7 imbang dan 10 kalah.

Sementara itu pelatih berpengalaman setaraf Jose Mourinho hanya mampu menempatkan diri di urutan keenam dengan catatan telah memenangkan 16 dari 34 laga dengan Tottenham Hotspur. Apakah statistik di atas membuat Anda bingung dan tak percaya?

Baca Berita yang lain di Google News




  • 0%Suka
  • 0%Lucu
  • 0%Sedih
  • 0%Kaget

Opini

(500 Karakter Tersisa)

Artikel Pilihan


Daun Media Network