Kisah Sun Wen, Pesepakbola Terhebat Pernah Dimiliki China

"Dia menikmati karier yang panjang dan berliku, berlangsung dari tahun 1989 hingga 2006."

Biografi | 08 April 2021, 08:14
Kisah Sun Wen, Pesepakbola Terhebat Pernah Dimiliki China

Libero.id - Sun Wen merayakan ulang tahunnya yang ke-48 hari ini. Untuk menandai momen bahagia tersebut, situs olahraga GiveMeSport akan melihat kembali beberapa fragmen kariernya yang penting.

Tak berlebihan kiranya, untuk mengatakan Sun adalah salah satu pesepakbola wanita terhebat sepanjang masa, dia menikmati karier yang panjang dan berliku, berlangsung dari tahun 1989 hingga 2006.

Sun mulai bermain sepak bola pada usia 10 tahun, dan ayahnya adalah orang yang bertanggung jawab karena telah menimbulkan rasa ketertarikan pada olahraga yang indah tapi sering diklaim hanya milik laki-laki.

Tapi seiring dengan berjalannya waktu, segera menjadi jelas bahwa sepak bola akan lebih dari sekadar hobi bagi Sun, melainkan jalan hidup. Sun bergabung dengan Shanghai di liga wanita China pada tahun 1989, saat itu dia baru berusia 16 tahun.

Segera setelah itu, Sun mulai mengukir namanya sendiri di panggung internasional. Dia pertama kali bermain untuk tim nasional Tiongkok pada usia 17, dan kemudian tampil di empat edisi Piala Dunia Wanita FIFA.

Selama Piala Dunia 1999 di Amerika Serikat, Sun mencetak tujuh gol dan karena itu layak menerima penghargaan Sepatu Emas. Dia juga dianugerahi penghargaan Golden Ball. Meski China kalah di final dalam adu penalti dengan tuan rumah, Sun masih berhasil mengukuhkan statusnya sebagai salah satu pesepakbola wanita terbaik.

Selama kariernya di tim nasional, Sun telah membantu China memenangkan Piala Asia pada tahun 1991, 1993, 1995 dan 1997. Sempat memutuskan gantung sepatu, tetapi nuraninya memanggil dan Sun kemudian kembali dari pensiun untuk mengangkat trofi sekali lagi pada tahun 2006.

Sun juga berhasil mempersembahkan medali perak Olimpiade untuk negaranya. Dia membawa tim Tiongkok menempati posisi kedua setelah AS. Itu momen istimewa, tepatnya Olimpiade yang berlangsung di Atlanta tahun 1996.

Best Football Women FIFA Abad Ini

Setelah sukses di Piala Dunia 1999, Sun dinobatkan sebagai Pemain Terbaik Wanita FIFA Abad Ini, penghargaan yang sama juga untuk Legenda Amerika Michelle Akers.

Pada tahun yang sama, Sun adalah juara favorit pertama dalam draft pengukuhan Asosiasi Sepak Bola Wanita Bersatu (WUSA), sebuah liga profesional pertama dalam sepak bola wanita. Dia bermain untuk klub Atlanta Beat hingga 2002. Sun mengumumkan dia akan meninggalkan WUSA pada tahun 2003 dan kembali ke Shanghai untuk mempersiapkan Piala Dunia di tahun berikutnya.

Sun Wen Pensiun

Pada tahun 2006, Sun Wen memenangkan Piala Asia dan itu jadi persembahannya untuk negara, untuk yang terakhir kalinya.

Sun kemudian bekerja di bidang jurnalisme, tepatnya divisi periklanan dan pendidikan, sebelum akhirnya balik mengurus sepak bola. Sekarang Sun Wen menjadi wakil presiden Asosiasi Sepak Bola Tiongkok. Dan dia telah berusia 48 tahun.

Sun Wen berharap dapat berkontribusi lebih pada perkembangan sepak bola wanita, setelah mencatatkan prestasi yang signifikan sebagai pemain. Dan ini waktunya mengabdi dari balik layar lapangan hijau. Mari kita ucapkan : Selamat ulang tahun Sun Wen!

Baca Berita yang lain di Google News




  • 0%Suka
  • 0%Lucu
  • 0%Sedih
  • 0%Kaget

Opini

(500 Karakter Tersisa)

Artikel Pilihan


Daun Media Network