Skema Terbaik untuk Lolos ke Babak 16 Besar Euro 2020

"Belanda masih menunggu lawan."

Analisis | 21 June 2021, 20:40
Skema Terbaik untuk Lolos ke Babak 16 Besar Euro 2020

Libero.id - Pertandingan ketiga penyisihan grup Euro 2020 sedang berlangsung, di mana sebagian dari mereka sudah memastikan tempat di babak 16 besar.

Dua tim teratas dari setiap grup nantinya berhak lolos ke 16 besar, sedangkan empat tim peringkat ketiga terbaik akan melengkapi bagan dengan syarat dan kriteria yang sudah ditetapkan UEFA.

Lantas, bagaimanakah peluang tiap kontestan yang paling mungkin terjadi untuk menentukan 16 tim yang akan menjalani sistem gugur? Berikut adalah skema yang mungkin akan terjadi.

Grup A

Setelah mengamankan langkah mereka sebagai runner-up grup, Wales akan bermain di Amsterdam pada Sabtu (26/6/2021) malam waktu setempat. Mereka akan menghadapi runner-up dari Grup B yang bisa jadi Finlandia atau Rusia.

Sementara juara Grup A, Italia, akan bermain di Wembley pada hari yang sama. Mereka akan menghadapi runner-up dari Grup C yang kemungkinan didapat Ukraina atau Austria.

Swiss, dengan empat poin yang sudah mereka kumpulkan, masih berpeluang lolos sebagai salah satu dari empat tim peringkat ketiga terbaik. Itu akan dikonfirmasi UEFA pada hari Selasa (22/6/2021) atau Rabu (23/6/2021).

Sementara Turki yang kalah dalam tiga pertandingan mereka sudah dipastikan tersingkir dari kompetisi.

Grup B

Belgia telah mengamankan tiket lolos ke babak sistem gugur setelah mengalahkan Denmark 2-1. Kemenangan itu membuat mereka mengemas enam poin. Mereka juga bisa dipastikan menjadi juara grup sekalipun hanya bermain imbang di pertandingan terakhir mereka melawan Finlandia Senin (21/6/2021).

Sementara itu, Finlandia dan Rusia berada di posisi dua dan tiga dengan sama-sama mendapat tiga poin. Denmark berada di dasar klasemen setelah kehilangan dua pertandingan pembukaan mereka dan sudah pasti akan mengakhiri kompetisi lebih awal.

Itu berarti Rusia memiliki kesempatan lolos jika mereka menang melawan Denmark, atau dengan hasil imbang jika Finlandia gagal mengalahkan Belgia.

Sementara itu, Finlandia akan lolos jika menang atas Belgia atau seri jika Rusia kalah dari Denmark.
Denmark bisa saja finis kedua jika dapat mengalahkan Rusia, sementara Finlandia kalah melawan Belgia. Tapi, peluang Demnark sangat tipis karena itu semua tergantung pada gol yang dicetak dalam dua pertandingan tersebut.

Seperti yang dijelaskan di atas, Finlandia, Denmark, Rusia, dan Belgia merupakan lawan potensial bagi Wales yang telah mengamankan posisi mereka di babak 16 besar.

Grup C

Belanda telah memesan tempat di 16 besar sebagai juara Grup C. Itu terwujud setelah mengalahkan Austria 2-0, sementara Makedonia Utara menjadi tim pertama yang tersingkir dari turnamen setelah kalah 2-1 dari Ukraina.

Siapa pun yang memenangkan pertandingan grup terakhir pada Senin (21/6/2021) antara Austria dan Ukraina akan finis di urutan kedua.

Sebagai juara grup, Belanda akan bermain pada Minggu (27/6/2021) di Budapest. Tetapi, karena calon lawan mereka adalah tim ketiga terbaik dari Grup D, E atau F, maka mereka tidak akan mengetahui lawan mereka sampai Rabu (23/6/2021) malam.

Grup D

Inggris kini mengoleksi empat poin dan harus bersaing dengan Republik Ceko yang memiliki poin sama. Namun, kesempatan lolos Inggris cukup besar, sekalipun mereka kalah dengan Ceko pada Selasa (22/6/2021). Mereka hanya membutuhkan setidaknya hasil imbang untuk benar-benar lolos. Namun, cara paling aman untuk mendapat tiket 16 adalah dengan mengalahkan Ceko.

Sementara itu, hasil imbang untuk Ceko akan memastikan mereka maju sebagai juara grup untuk menghadapi lawan potensial dengan salah satu tim diantara Portugal, Jerman, Prancis.

Jika Inggris lolos sebagai runner-up, mereka akan menghadapi runner-up dari Grup E yaitu Spanyol, Swedia, atau Slovakia.

Sedangkan Skotlandia, jika berhasil meraih kemenangan atas Kroasia sudah cukup bagi mereka untuk memiliki harapan untuk lolos ke babak 16 besar.

Jika Skotlandia menang, sementara Inggris dan Ceko seri, Skotlandia harus lolos sebagai salah satu dari empat tim peringkat ketiga. Mereka mungkin akan menghadapi Belanda, juara Grup E (Swedia, Slovakia, atau Spanyol), atau juara Grup B (Belgia, Rusia, atau Finlandia).

Grup E

Sisa pertandingan:
Rabu 23 Juni : Slovakia vs Spanyol (Kick-off 23:00 - Seville), Swedia vs Polandia (Kick-off 23:00 - St Petersburg)

Swedia lolos ke babak 16 besar dengan empat poin mereka menyusul kemenangan atas Slovakia pada Jumat (25/6/2021).

Slovakia mengejutkan Polandia di pertandingan pembuka turnamen mereka, tetapi tetap dengan tiga poin menjelang pertandingan terakhir mereka melawan Spanyol. Satu poin seharusnya cukup untuk mencapai babak 16 besar, tetapi kekalahan akan membuat mereka di berada di ujung tanduk.

Spanyol masih memiliki banyak pekerjaan yang harus dilakukan setelah bermain imbang 0-0 dengan Swedia di pertandingan pembuka dan selanjutnya bermain imbang 1-1 kontra Polandia.

Polandia harus menjaga permainannya di turnamen ini agar peluang mereka tetap hidup karena keempat tim masih bisa finis di dua besar pada pertandingan terakhir.

Grup F

Sisa pertandingan:
Rabu 24 Juni : Jerman vs Hungaria (Kick-off 02:00 - Munich), Portugal vs Prancis (Kick-off 02.00 - Budapest)

Jerman menempati urutan kedua dalam grup dengan kemenangan besar mereka atas Portugal, yang kehilangan kesempatan untuk memesan tempat di babak 16 besar. Namun, hasil imbang Prancis dengan Hungaria membuat pertandingan sisa di Grup F sangat menentukan siapa yang akan lanjut ke babak selanjutnya.

Keempat tim memiliki kesempatan untuk meraih tempat otomatis atau maju sebagai peringkat tiga terbaik.

Penentuan peringkat klasemen grup jika terdapat poin yang sama

1) Poin head-to-head antara tim yang bersangkutan.

2) Selisih gol head-to-head antara tim yang bersangkutan.

3) Gol head-to-head yang dicetak antara tim yang bersangkutan.

4) Jika setelah menerapkan kriteria 1 hingga 3 tim masih memiliki peringkat yang sama, kriteria 1 hingga 3 diterapkan kembali secara eksklusif untuk pertandingan antara tim yang tersisa untuk menentukan peringkat akhir mereka. Jika prosedur ini tidak menghasilkan keputusan, kriteria 5 hingga 9 berlaku dengan urutan yang diberikan kepada dua tim atau lebih tetap sama.

5) Selisih gol di semua pertandingan grup.

6) Gol dicetak di semua pertandingan grup.

7) Jumlah kemenangan yang lebih tinggi di semua pertandingan grup

8) Rekor fair play (tiga poin untuk merah, satu untuk kuning).

9) Posisi di peringkat Kualifikasi Eropa secara keseluruhan.

Siapa yang akan lolos sebagai peringkat ketiga terbaik?

Empat tim akan maju dari babak grup setelah finis ketiga di grup mereka. Inilah skenario terbaru tentang bagaimana tim saat ini berada, dan siapa yang berhasil untuk lolos ke babak berikutnya.

Dalam menentukan tim tempat ketiga terbaik, caranya adalah:

1) Poin

2) Selisih gol

3) Gol dicetak

4) Jumlah kemenangan

5) Rekor fair play (tiga poin untuk merah, satu untuk kuning)

6) Posisi di peringkat Kualifikasi Eropa secara keseluruhan

(diaz alvioriki/yul)

Baca Berita yang lain di Google News




  • 0%Suka
  • 0%Lucu
  • 0%Sedih
  • 0%Kaget

Opini

(500 Karakter Tersisa)

Artikel Pilihan


Daun Media Network