Kalau Sampai Adu Penalti, Spanyol Punya Catatan Bagus Lawan Italia

"Akankan ini jadi kekalahan pertama Italia? Setelah 14 kali menang beruntun."

Analisis | 04 July 2021, 15:58
Kalau Sampai Adu Penalti, Spanyol Punya Catatan Bagus Lawan Italia

Libero.id - Euro 2020 sudah mencapai babak akhir, dimana hanya tinggal menyisakan empat negara lagi, yang akan saling berhadapan di babak semifinal yang bakal digelar pada tanggal 7-8 Juli 2021 mendatang.

Inggris di atas kertas, seharusnya bisa mengalahkan Denmark, tetapi untuk laga yang satu lagi ;  Italia yang selalu meraih kemenangan akan berjumpa dengan lawan yang sepadan, dimana di Stadion Wembley pukul 8 malam waktu Britania Raya Spanyol menunggu dengan penuh keyakinan.

https://twitter.com/EURO2020/status/1411428863314468868?s=19

Di bawah kepelatihan Roberto Mancini, Italia secara total belum terkalahkan dalam 14  laga, begitu juga saat Euro 2020, Gianluigi Donnarumma dan kolege melaju ke semifinal tanpa kalah bahkan imbang sekalipun.


Rekor Pertemuan Kedua Negara


Termasuk pertandingan persahabatan, ini akan menjadi pertemuan ke- 38 antara kedua negara, dengan 13 kemenangan untuk Spanyol, 11 untuk Italia dan 13 berakhir seri.

Keseimbangan terlihat dalam gol, karena masing-masing tim mencetak dan kebobolan 51 gol.

Pertemuan terakhir mereka adalah kualifikasi Piala Dunia 2018, bermain imbang 1-1 di Italia dan kalah 3-0 di leg kedua.

Namun, saat berhadapan di turnamen besar, gambarannya terlihat sedikit lebih meyakinkan bagi Azzurri. Dalam situasi ini, Italia menang tiga kali, imbang tiga kali dan kalah tiga kali – tetapi hanya satu kemenangan Spanyol yang datang di waktu normal.

Satu diantaranya, Italia menang 2-0 di babak 16 besar Euro 2016 berkat gol dari Giorgio Chiellini dan Graziano Pell Pe.

Dan untuk Italia lagi, mungkin pertemuan yang paling diingat adalah perempat final Piala Dunia 1994, saat Dino Baggio dan gol telat Roberto Baggio memastikan kemenangan 2-1 Azzurri. Pelatih Spanyol saat ini, Luis Enrique, juga mengingatnya dengan baik, karena hidungnya patah akibat sikutan dari Mauro Tassotti 

Tetapi berikutnya, lebih buruk dari yang seharusnya diingat Italia, dimana dua dari tiga kemenangan La Furia Roja atas Azzuri di turnamen besar datang melalui adu penalti.

Tepatnya ketika Spanyol menang adu penalti di semifinal Piala Konfederasi 2013 dan perempat final EURO 2008.

Kedua negara dengan reputasi besar di kancah sepak bola dunia itu dijadwalkan akan bertemu lagi pada (6/9) mendatang di semifinal Nations League. Tapi sebelum itu, keduanya harus saling jegal di babak semifinal yang lain, yakni Euro 2020 yang bakal dihelat tak lama lagi, tepatnya Rabu dini hari (7/7).

Siapakah yang bakal menang? Berikan pendapat Anda di kolom komentar.

(gigih imanadi darma/gie)

Baca Berita yang lain di Google News




  • 0%Suka
  • 0%Lucu
  • 0%Sedih
  • 0%Kaget

Opini

(500 Karakter Tersisa)

Artikel Pilihan


Daun Media Network