Luar Biasa! Rekaman Video Tunjukkan Cara Lionel Messi Cetak Gol Tembakan Bebas

"Bukan hanya sudut gawang yang diincar. Posisi bola juga diperhitungkan. Benar-benar ahli."

Viral | 06 July 2021, 13:35
Luar Biasa! Rekaman Video Tunjukkan Cara Lionel Messi Cetak Gol Tembakan Bebas

Libero.id - Seiring usia dan pengalaman yang bertambah, Lionel Messi tampak semakin matang di lapangan. Dia sekarang bermain lebih efektif. Setiap ada kesempatan La Pulga langsung memberi assist atau mencetak gol tanpa banyak bergerak seperti 5-10 tahun lalu. 

Contohnya bisa dilihat saat Argentina mengalahkan Ekuador, Minggu (4/7/2021) pagi WIB, untuk mencapai semifinal Copa America 2021. Ketika VAR menganggap pelanggaran Piero Hincapie terhadap Angel di Maria berada di luar kotak penalti, para pemain Ekuador menghela napas lega karena berpikir tidak akan kebobolan dari penalti.

Tapi, mereka segera menyadari bahwa hal tersebut keliru. Itu karena ulah Messi yang berdiri tepat di tepi garis penalti. Megabintang Barcelona tersebut akan mengeksekusi tendangan bebas langsung.

Memberi Messi sebuah bola mati di luar kotak penalti sama berbahayanya dengan membiarkannya sendirian di kotak penalti. Kita tahu pemenang Ballon d'Or enam kali itu sangat produktif dari situasi bola mati.

Momen itu terjadi pada additional time babak kedua, setelah sebelumnya memberikan dua assist. Messi sukses mencetak gol ketiga La Albiceleste. Itu merupakan tendangan bebas keduanya dalam Copa America 2021 dan tendangan bebas ke-58 dalam kariernya.

Tidak ada pemain aktif lain yang mencetak lebih banyak tendangan bebas dari Messi. Sekarang, dia hanya berjarak empat dari rekor 62 tendangan bebas langsung milik Diego Maradona.

Hampir tak terelakkan bahwa ketika Messi menempatkan bola ke bawah, dia akan menemukan jaring. Dan, video singkat persiapannya sebelum melakukan set-piece memberikan gambaran pada kita tentang mengapa Messi menjadi ahli tendangan bebas.

Bagi sebagian orang, meletakkan bola adalah tugas langsung yang tidak membutuhkan banyak pemikiran. Tapi, Messi sebagai seorang perfeksionis, meluangkan waktu dan memastikan penempatan bola tepat sasaran.

Messi mengambil posisi berjongkok, dengan tangannya menyentuh rumput seolah-olah dia siap untuk balapan dengan Usain Bolt dalam sprint 100m. Pemain berusia 34 tahun itu juga melihat ke arah penjaga gawang dan menilai situasi sebelum berdiri tepat di atas bola.

Ini sangat teliti. Dan, yang sama sekali tidak mengejutkan siapa pun, Messi menempatkan bola di tempat pojok teratas kawang Ekuador. Itu sebuah gol indah untuk membuat skor 3-0.

Teknik dan cara uniknya dalam mengeksekusi bola telah membawa kesuksesan dari semua sudut dan jarak. Kaki Messi saat melakukan tendangan bebas memiliki sudut 50 derajat. Dia menanam hampir seluruh sepatunya di tanah sebelum menendang bola, memberinya stabilitas dan kontrol dalam tembakan.

Kemudian, untuk meningkatkan akurasinya, Messi melengkungkan bahu dan dadanya. Dia mencondongkan tubuhnya ke posisi yang lebih kompak.

"Ketika Messi menendang bola, dia menggeser pinggulnya ke kanan. Dia benar-benar menggerakkan pinggulnya ke kanan saat dia menyerang untuk membuka kaki kirinya," kata seorang doketr olahraga, Dr Rajpal Brar, kepada Squawka.

"Dan, apa yang terjadi pada kaki tumbuhannya adalah bahwa dia memindahkan semua beban ke bagian luar kaki. Jadi, ketika dia mengikuti dan dia menendang bola, kaki kiri itu datang dari kiri ke kanan. Sekarang, semuanya berjalan ke di luar pergelangan kakinya hampir seperti apa yang terjadi ketika pergelangan kaki anda terkilir," tambah Brar.

"Kami menyebutnya 'keseleo inversi' ketika berputar ke dalam. Itu kekuatan yang sama. Anda memiliki semua kekuatan itu di bagian luar pergelangan kaki anda dan itu berputar ke dalam. Tapi, dalam kasus Messi, dia melatih dirinya dan tubuhnya untuk mengendalikan gerakan itu," pungkas Brar.

(mochamad rahmatul haq/anda)

Baca Berita yang lain di Google News




  • 0%Suka
  • 0%Lucu
  • 0%Sedih
  • 0%Kaget

Opini

(500 Karakter Tersisa)

Artikel Pilihan


Daun Media Network