Ada Rekor yang Dicatatkan Bukayo Saka di Semifinal Kontra Denmark

"Di usia 19 tahun 305 hari, dia sudah bermain di Euro 2020. Di umur segitu, apa yang sudah kamu kerjakan?"

Berita | 08 July 2021, 02:23
Ada Rekor yang Dicatatkan Bukayo Saka di Semifinal Kontra Denmark

Libero.id - Tampil sejak menit pertama melawan Denmark, Bakayo Saka mencatatkan sejarah sebagai pemain termuda Inggris di starting line-up The Three Lions pada pertandingan semifinal turnamen besar. Usia pemain Arsenal itu 19 tahun 305 hari!

Sepanjang Euro 2020, Gareth Southgate telah membuat penggemar dan rival menebak-nebak tentang susunan pemainnya. Tapi, setelah kemenangan yang mengesankan di perempat final melawan Ukraina, selalu ada keengganan untuk mengubah banyak hal.

Karena itu, saat menghadapi tim Dinamit, Jordan Pickford tetap berada di bawah mistar gawang untuk menjadi komandan empat bek sejajar, yaitu Luke Shaw, Harry Maguire, John Stones, dan Kyle Walker.

Kemudian, Kalvin Phillips dan Declan Rice juga menjadi penggerak penting di depan pertahanan sebagai dua gelandang jangkar. Sementara Mason Mount, yang terpaksa mengasingkan diri selama turnamen, juga menjadi starter di lini tengah melawan Denmark.

Yang menarik adalah masuknya Saka untuk kembali membentuk tiga pemain depan bersama Harry Kane dan Raheem Sterling. Artinya, pemilik nama lengkap Bukayo Ayoyinka T. M. Saka tersebut akan kembali memaksa Jadon Sancho kembali ke bangku cadangan seperti laga sebelum melawan Ukraina.

Itu juga menunjukkan Saka telah 100% pulih setelah sempat mengeluhkan masalah pada kakinya. Dia sudah pulih sejak Senin (5/7/2021) dan sudah ambil bagian dalam sesi latihan The Three Lions, termasuk saat bermain-main dengan pelampung mainan anak-anak "unicorn". 

Uniknya, sebelum dipercaya Southgate, Saka sudah mewakili Inggris di level U-16, U-17, U-18, U-19, dan U-21. Dia sempat masuk skuad Inggris U-17 di Euro U-17 2018. Tapi, The Young Lions tersingkir oleh Belanda di semifinal melalui adu penalti, meski  Saka mencetak gol melalui tendangan penalti.

Pada 1 Oktober 2020, Saka dipanggil ke skuad senior Inggris untuk pertama kalinya. Lalu, dia melakukan debut internasional sebagai salah satu starter dalam kemenangan 3-0 atas Wales.

Selanjutnya, pada 2 Juni 2021, dalam pertandingan persahabatan melawan Austria, Saka mencetak gol internasional senior pertamanya. Itu merupakan satu-satunya gol dalam kemenangan 1-0 Inggris. Sebelumnya, pada 1 Juni 2021, Saka masuk dalam skuad 26 pemain Inggris untuk Euro 2020.

Saat turnamen dilangsungkan, Saka dimasukkan sebagai starter di pertandingan ketiga Inggris di Grup D melawan Republik Ceko, 22 Junin 2021. Dia bermain sangat bagus dan dinobatkan sebagai Man of the Match. Dan, puncak penampilan Saka terjadi saat Inggris menyingkirkan Jerman. 

(andri ananto/anda)

Baca Berita yang lain di Google News




  • 0%Suka
  • 0%Lucu
  • 0%Sedih
  • 0%Kaget

Opini

(500 Karakter Tersisa)

Artikel Pilihan


Daun Media Network