Siapa Lebih Jago Giring Bola, Lionel Messi atau Cristiano Ronaldo?

"Statistik menunjukkan hal tersebut. Apakah Messi atau Ronaldo? Inilah buktiknya."

Analisis | 21 July 2021, 19:18
Siapa Lebih Jago Giring Bola, Lionel Messi atau Cristiano Ronaldo?

Libero.id - Siapa yang menggiring bola dengan lebih baik sepanjang karier mereka? Lionel Messi atau Cristiano Ronaldo? Sebagian besar penggemar sepakbola mungkin akan mengatakan Messi untuk alasan yang bagus.

Legenda Barcelona dan Argentina ini bisa dibilang sebagai dribbler terhebat yang pernah kita lihat sejak selesainya era Diego Maradona. Dia mungkin menjadi dribbler terhebat sepanjang masa.

Tapi, jangan remehkan Ronaldo. Superstar Juventus dan Portugal itu lebih banyak mencetak gol akhir-akhir ini. Dia dulunya adalah salah satu dribbler yang paling menarik dan menyebabkan bek-bek terbaik dunia kewalahan karena kecepatan, kekuatan, dan tipuannya.

Manchester United belum pernah melihat pemain yang bisa menggiring bola seperti Ronaldo sejak zaman George Best. Dia terus-menerus memiliki kesan tersendiri di Old Trafford selama masa tugasnya yang tak terlupakan pada tahun 2003-2009.

"Berlari di sayap, dengar United bernyanyi, Viva Ronaldo!” adalah nyanyian yang masih bisa didengar dari waktu ke waktu di Theater of Dreams meski sudah 12 tahun setelah kepergiannya. Dia juga meneror pertahanan La Liga selama beberapa tahun berada di Estadio Santiago Bernabeu.


Evolusi dribel bola Cristiano Ronaldo

Libero.id

Evolusi dribel Ronaldo

Statistik yang dipublikasikan oleh Reddit, terlihat dua grafik yang menunjukkan evolusi dribbling Ronaldo dan Messi selama karier mereka masing-masing.

Seperti yang anda lihat, dia rata-rata melakukan lebih dari empat dribel per 90 menit selama tahun-tahun awalnya bersama MU saat bermain dalam formasi 4-4-2 di bawah Sir Alex Ferguson.

Jumlah ini menurun cukup tajam selama musim terakhirnya di Old Trafford sebelum meningkat kembali di atas tiga dribel per 90 menit di Real Madrid. Tapi, sejak sekitar 2014, Ronaldo memiliki rata-rata kurang dari dua dribel per 90 menit.


Evolusi dribel bola Lionel Messi

Libero.id

Evolusi dribel Messi

Pertama-tama, perhatikan di sisi kiri grafik bahwa grafiknya berjalan hingga 10 dribel per 90. Pemain Argentina itu rata-rata hanya melakukan sembilan dribel per pertandingan selama musim 2007/2008.

Jumlah dribel per pertandingannya sedikit menurun setelah kedatangan Pep Guardiola pada 2008. Tapi, tetap di atas lima hingga musim 2017/2018. Messi yang berusia 34 tahun pada Juni 2021, rata-rata masih mencatatkan empat dribel per pertandingan musim lalu.

Tidak mengambil apa-apa dari Ronaldo, tetapi berdasarkan statistik yang membuka mata ini. Aman untuk mengatakan bahwa Messi telah menjadi penggiring bola yang jauh lebih baik selama bertahun-tahun.

(diaz alvioriki/anda)

Baca Berita yang lain di Google News




  • 0%Suka
  • 0%Lucu
  • 0%Sedih
  • 0%Kaget

Opini

(500 Karakter Tersisa)

Artikel Pilihan


Daun Media Network