Bikin Quattrik, Sebastien Haller Samai Rekor Van Basten

Biografi | 16 September 2021, 14:13
Bikin Quattrik, Sebastien Haller Samai Rekor Van Basten
Sebastien Haller

"Kombinasi kecepatan, kekuatan, dan kecerdikan dalam bermain."

Libero.id - Kita berharap sederet nama pemain terbaik, seperti Cristiano Ronaldo, Lionel Messi, Neymar Jr, Erling Haaland, Kylian Mbappe, dan lainnya akan mencetak banyak gol untuk bersaing menjadi topskor Liga Champions musim ini.

Namun, sederat nama tersebut mengawali musim Liga Champions dengan hasil kurang baik, meski Ronaldo mampu mencetak satu gol ketika Manchester United mengahadapi Young Boys. Sayang, megabintang Portugal itu gagal membawa Setan Merah meraih tiga poin.

Sementara di sisi lain, striker asal Pantai Ganding, Sebastien Haller muncul menjadi pencetak quattrick alias empat gol pertama Liga Champions musim ini. Gol itu dia cetak ketika Ajax Amsterdam mengalahkan Sporting CP pada pertandingan pertama Grup C Liga Champions, Kamis (16/9/2021) dini hari WIB. Ajax meraih kemenangan telak 5-1 atas tuan rumah Sporting CP.

Berkat empat golnya dalam pertandingan tersebut, Heller kini menjadi pemain kedua yang mencetak empat gol alias quattrick di Liga Champions, menyamai rekor Van Basten. Dia tampil sebagai pencetak gol terbanyak sementara untuk turnamen musim ini.

Kisah Sebastien Haller

Heller lahir di Prancis dan putra dari seorang ibu asal Pantai Gading. Striker berusia 27 tahun itu telah menonjol selama beberapa waktu di tim lapis kedua Eropa. Dan, di pertandingan pertamanya pada Liga Champions musim 2021/2022, dia langsung mencetak empat gol dan memastikan namanya tercatat dalam sejarah bersama Van Basten. 

Sebagaimana diungkapkan oleh Auxerre, Haller melewati beberapa divisi dasar di tim nasional Prancis, dan selalu tampil dengan harapan besar, meskipun bermain untuk tim yang dianggap kecil di negara itu. 

10 Foto Anna Lewandowska, Istri Robert Lewandowski Pemegang Sabuk Hitam Karate

10 Foto Anna Lewandowska, Istri Robert Lewandowski Pemegang Sabuk Hitam Karate

Meskipun memiliki tinggi badan 1,90 meter, dia menonjol tidak karena postur tubuh yang mendukung, tetapi juga karena kecerdasan dan pergerakannya di luar area. Dirinya mampu menarik perhatian dalam bermain, berputar, dan mendistribusikan assist.

Dia pernah negosiasikan dengan Utrecht, sampai kemudian dilatih oleh Pelatih Erik ten Hag, saat ini di Ajax, di mana dia bersinar dalam perjalanan pertamanya ke Belanda. Haller menunjukkan potensi untuk menjadi salah satu striker utama dan paling berbahaya. Dia merupakan kombinasi kekuatan, kecepatan, dan kecerdasan dalam bermain.

Di Piala Jerman, dia mencetak empat gol dan membantu Frankfurt meraih trofi. Semua itu dilakukan dengan memberikan banyak assist dan berkontribusi dalam 24 gol di Bundesliga pada musim 2018/2019, dengan 15 gol dan sembilan assist.

Statistik Haller sama dengan Jovic kala itu dipinjamkan dari Real Madrid - membentuk dua bersejarah dalam tim dan membawanya ke posisi ketujuh di Bundesliga. 

Haller juga pernah bermain di Premier League bersama West Ham, dan mulai mendapatkan peluang di tim nasional Pantai Gading.

Di situlah pendakian cepat berhenti. Dikontrak seharga 45 juta euro pada saat itu, kesepakatan terbesar dalam sejarah West Ham, Haller hanya mencetak lebih dari 15 gol dalam dua tahun untuk klub dan menjalani musim 2020/2021 yang buruk, berhasil berbuat sedikit dan kehilangan kepemilikan di babak terakhir.

Dia dicap sebagai "kegagalan" untuk seorang striker yang tidak memiliki bobot yang dibutuhkan untuk bermain di level tinggi di Inggris. Ketika dinegosiasikan dengan Ajax, kemudian - juga dengan rekor harga - dia bertemu dengan Ten Hag, dan mulai mencetak gol lagi.

Namun, sebelum bersinar di Liga Champions, dia harus menghadapi ‘sabotase internal’ di Ajax. Tim yang akan bermain di Liga Europa setelah finis ketiga di grup mereka di Champions, hanya lupa menambahkan penguatan ke daftar UEFA. Dengan demikian, dia tidak bisa bermain untuk klub di turnamen dan melihat eliminasi Belanda ke Getafe de Deyverson dan rekannya.

Barangkali ini sebuah keberuntungan bagi Ajax, karena Haller tampaknya telah menyelamatkan gol yang dia lewatkan di Liga Europa untuk Liga Champions. Empat dalam debut mereka dan total 21 dalam 29 pertandingan untuk klub (angka per 15 September 2021). Bersama Antony, dia telah menjalin hubungan yang baik dsn menunjukkan bahwa dia dapat bertindak di level tertinggi, terlebih jika timnya terus memberikan kesempatan untuk bermain di turnamen.

(atmaja wijaya/yul)

  • 0%Suka
  • 0%Lucu
  • 0%Sedih
  • 0%Kaget

Komentar

(500 Karakter Tersisa)

Foto

10 Foto Ada Hegerberg, Pemenang Ballon d'Or Wanita Pertama

Klasemen