Selamat Ulang Tahun!

Momen Gol Tembakan Bebas Parabolik Andik Vermansah di Piala AFF 2012

"Ini terjadi lawan Singapura. Dari jarak jauh, bola melengkung, dan gol. Cek videonya!"

Viral | 25 November 2021, 17:39
Momen Gol Tembakan Bebas Parabolik Andik Vermansah di Piala AFF 2012

Libero.id - Piala AFF 2012 tidak akan pernah dilupakan suporter Indonesia. Bukan semata hasil yang mengecewakan atau pemilihan pemain yang terhambat akibat konflik internal PSSI, melainkan juga karena terciptanya salah satu gol terbaik turnamen atas nama Andik Vermansah.

Kompetisi tahun itu digelar di Malaysia dan Thailand. Indonesia tergabung di Grup B bersama Malaysia, Singapura, dan Laos. Setelah nyaris juara pada edisi 2010, harapan suporter Merah-Putih sangat besar terhadap skuad Garuda. 

Sayang, masalah menghantam Indonesia pada periode itu. Akibat konflik pengurus PSSI, sepakbola Indonesia terbelah antara Liga Primer Indonesia (LPI) dengan Indonesia Super League (ISL). Semuanya berebut kekuasaan dan uang. 

Akibat masalah itu, persiapan timnas ke Piala AFF berantakan. Boikot yang dilakukan ISL membuat PSSI tidak mamiliki banyak opsi pemain. Dipimpin Nil Maizar, mereka memanggil pemain-pemain LPI yang kualitasnya dipertanyakan. 

PSSI juga memanggil pemain-pemain keturunan asal Belanda, yang ternyata memiliki kualitas sangat mengecewakan. Mereka antara lain Tonnie Cusell dan Jhon van Beukering. Hanya Irfan Bachdim dan Raphael Maitimo sebagai pemain keturunan yang kualitasnya lumayan.

Pesimisme mengiringi langkah skuad 2012 setelah menjadi pertandingan pertama. Indonesia hanya mampu bermain imbang 2-2 dengan  tim yang secara tradisi selalu menjadi lumbung gol, Laos, pada 25 November 2012. 

10 Pesepakbola Tercepat di Dunia Saat Ini

10 Pesepakbola Tercepat di Dunia Saat Ini

Harapan kemudian muncul di pertandingan kedua melawan Singapura pada 28 November 2012. Indonesia menang 1-0 sebelum dikalahkan Malaysia 0-2 pada pertandingan terakhir, 1 Desember 2012. Dengan hanya empat poin dari tiga laga, Indonesia gagal lolos karena Singapura dan Malaysia sama-sama punya enam poin.

Meski gagal total, kemenangan atas Singapura dibicarakan banyak orang hingga hari ini. Penyebabnya gol yang dihasilkan Andik benar-benar berkelas. Apalagi, itu terjadi di menit 88!

Saat itu, Andik menghadapi bola dengan ditemani Muhammad Taufiq. Pemain yang saat itu membela Persebaya 1927 di LPI mengambil ancang-ancang. Kemudian, melambungkan bola melewati pagar betis Singapura. Bolanya melengkung. Parabolik!

Tampaknya, kiper The Lions mengira bola akan diumpan karena pemain-pemain Indonesia yang ada di kotak penalti berusaha menyambutnya. Tapi, sang kiper salah perhitungan. Posisinya yang meninggalkan garis gawang kesulitan mengantipasi bola yang melaju deras di sudut kiri atas.

Pada akhir turnamen Singapura menjadi juara setelah mengalahkan Thailand dengan agregat 3-2 (3-1, 0-1). Sementara Indonesia kembali gagal di fase grup pada Piala AFF 2014.

(andri ananto/anda)




  • 0%Suka
  • 0%Lucu
  • 0%Sedih
  • 0%Kaget

Foto


Komentar

(500 Karakter Tersisa)
Sumber : https://www.youtube.com/watch?v=HgyPUs_08U4

Artikel Pilihan