Miris, yang Lain Kibarkan Bendera Kebangsaan, Indonesia dan Thailand Pakai Logo Asosiasi

"Tak ada bendera merah putih di Singapura..."

Berita | 07 December 2021, 12:57
Miris, yang Lain Kibarkan Bendera Kebangsaan, Indonesia dan Thailand Pakai Logo Asosiasi

Libero.id - Hukuman Lembaga Anti-Doping Dunia (WADA) yang dijatuhkan kepada Lembaga Anti-Doping Indonesia (LADI) pada 8 Oktober 2021 yang lalu masih terus berlanjut dan imbasnya bahkan sampai ke gelaran Piala AFF 2020.

Dimana timnas Indonesia tidak boleh dan tidak bisa mengibarkan bendera kebanggaan, Merah Putih di ajang sepak bola paling bergengsi se-Asia Tenggara itu.

Kabar kurang mengenakkan itu juga sudah dikonfirmasi langsung oleh Direktur Teknik PSSI, Indra Sjafri. Lantas kalau bukan bendera Merah Putih, apa yang akan dikibarkan oleh Indonesia?

Apakah spanduk gambar Menpora, Zainuddin Amali? Tentu saja bukan, menurut Indra Sjafri,  bendera Merah Putih akan digantikan dengan bendera logo PSSI.

"Iya benar, untuk bendera akan diganti dengan bendera berlogo PSSI," ucap mantan pelatih timnas U-19 itu.

Adapun di Piala AFF 2020 ini, tidak ada ballboy yang membawa bendera dari tiap negara yang akan berlaga. Bendera dari para kontestan bakal diperlihatkan melalui layar lebar yang ada di pinggir lapangan.

Thailand yang juga mendapat hukuman yang sama dengan Indonesia dan sudah lebih dulu merasakan dampaknya. Saat Timnas Thailand  menghadapi Timor Leste, Minggu (5/12/2021) yang lewat, dimana bendera kebangsaan mereka tak terlihat. Di layar tersebut cuma tampak logo Federasi Sepak Bola Thailand.

Dan saat Indonesia menghadapi Kamboja pada Kamis (9/12/2021) mendatang, kita akan merasakan hal yang ganjil juga.

Ketiadaan bendera Merah Putih juga kalau sudah disadari terlihat dari logo yang terpampang di situs resmi AFF. Dalam tabel klasemen misalnya, ketika negara lain memakai bendera negaranya, Indonesia dan Thailand diganti dengan logo federasi sepak bola masing-masing. Miris.

(gigih imanadi darma/mag)

Baca Berita yang lain di Google News




  • 0%Suka
  • 0%Lucu
  • 0%Sedih
  • 0%Kaget

Opini

(500 Karakter Tersisa)

Artikel Pilihan


Daun Media Network