Dihajar Bayern, Barcelona akan Tampil di Liga Europa untuk Pertama Kalinya

"Terakhir kali main di Liga Europa saat masih berlabel Piala UEFA. Ada yang ingat?"

Analisis | 09 December 2021, 05:18
Dihajar Bayern, Barcelona akan Tampil di Liga Europa untuk Pertama Kalinya

Libero.id - Untuk pertama kalinya dalam sejarah, Barcelona akan bermain di Liga Europa setelah dikalahkan Bayern Muenchen 0-3 pada pertandingan terakhir Grup E Liga Champions 2021/2022 di Allianz Arena, Kamis (9/12/2021) dini hari WIB.

Raksasa Katalunya itu tahu mereka membutuhkan kemenangan di kandang Bayern untuk memiliki peluang lolos ke babak 16 besar. Pasukan Xavi Hernandez juga membutuhkan Dynamo Kiev untuk mengambil poin dari Benfica di tempat lain untuk memiliki harapan maju mewakili Grup E.

Tapi, harapan itu pupus ketika Benfica menang 2-0 berkat gol Roman Yaremchuk dan Gilberto. Situasi semakin parah karena Barcelona ternyata tidak mampu menolong dirinya sendiri saat berhadapan dengan Bayern.

Sergio Busquets dan Ronald Araujo mendapat kartu kuning dalam 15 menit pertama saat Bayern berusaha membuat enam kemenangan dari enam pertandingan. Jordi Alba diragukan tampil dan meski menjadi starter, dia dipaksa keluar lapangan pada menit 28 karena cedera.

Bayern mendapat terobosan saat laga berjalan 34 menit melalui sundulan Thomas Mueller. Gol Mueller berarti tidak ada pemain lain dalam sejarah Liga Champions yang mencetak lebih banyak gol melawan Barcelona. 

Leroy Sane kemudian menggandakan keunggulan timnya dengan roket mutlak yang terbukti terlalu panas untuk ditangani oleh Marc-Andre ter Stegen. Jamal Musala menambahkan gol ketiga di babak kedua berkat assist indah dari full back Alphonso Davies.

Itu berarti Barcelona sekarang akan memainkan sepak bola Liga Europa untuk pertama kalinya dalam sejarah. Terakhir kali mereka tampil di kompetisi ini saat masih berlabel Piala UEFA, yaitu pada 2003/2004. Hal itu mereka jalani setelah finish di posisi keenam La Liga 2002/2003.

Saat itu, Barcelona gagal melangkah lebih jauh di kompetisi kelas dua Benua Biru tersebut. Mereka harus menelan pil pahit kekalahan agregat 0-1 dari Glasgow Celtic di babak 16 besar.

Gagal di Piala UEFA, Barcelona kemudian melampiaskannya ke La Liga. Di akhir musim 2003/2004, mereka menjadi runner-up. Kemudian, semusim berselang, Barcelona menjadi juara La Liga dan pada 2005/2006 menjuarai Liga Champions dengan mengalahkan Arsenal di Paris.

(andri ananto/anda)

Baca Berita yang lain di Google News




  • 0%Suka
  • 0%Lucu
  • 0%Sedih
  • 0%Kaget

Opini

(500 Karakter Tersisa)

Artikel Pilihan


Daun Media Network