Cristiano Ronaldo Punya Patung Baru di India, Mirip atau Tidak?

"Lagi-lagi patung CR7 menuai kontroversi. Kali ini di Goa, India."

Viral | 30 December 2021, 12:00
Cristiano Ronaldo Punya Patung Baru di India, Mirip atau Tidak?

Libero.id - Cristiano Ronaldo merupakan salah satu pemain yang diidolakan banyak orang dari seluruh dunia. Jadi, tidak mengherankan jika para penggemarnya membuat replika CR7 dalam bentuk patung. Setelah di kampung halamannya di Madeira, patung Ronaldo kini juga terdapat di Goa, India.

Untuk membuat patung Ronaldo, pemerintah setempat harus merogoh kocek hingga 12.000 pounds (Rp230 juta). Tujuannya, untuk menginspirasi generasi muda di wilayah itu untuk menjadi pesepakbola berikutnya.

"Untuk cinta sepakbola dan atas permintaan pemuda kami, kami memasang patung Cristiano Ronaldo di taman untuk menginspirasi anak-anak kami untuk membawa sepak bola ke tingkat yang lebih tinggi," kata Walikota Goa, Michael Lobo, kepada media, dilansir Times of India.

"Merupakan suatu kehormatan untuk meresmikan keindahan ini di ruang terbuka, lanskap, taman dengan fondasi dan jalan setapak. Ini adalah pertama kalinya patung Cristiano Ronaldo muncul di India. Ini tidak lain untuk menginspirasi generasi muda kita," tambah Lobo.

Goa adalah kota di India yang di masa lalu merupakan koloni Potugis. Itu berbeda dengan India secara keseluruhan yang dikuasai Inggris. "Jika anda ingin membawa sepakbola ke level yang lebih tinggi, inilah yang akan dinanti-nantikan oleh anak laki-laki dan perempuan, berfoto selfie dan melihat patung dan mendapatkan inspirasi untuk bermain," ungkap Lobo.

Namun, seperti halnya patung Ronaldo di Madeira, yang di India juga menuai kontroversi. Pertama, wajahnya yang menjadi persebatan, mirip atau tidak? Kedua, urgensi pembangunan patung itu membuat beberapa mengibarkan bendera hitam di sebelahnya. Sebab, masih banyak hal penting yang seharusnya dilakukan pemerintah di wilayah miskin itu daripada membuat uang untuk patung. 

Ketiga, jika memang harus membuat patung, mengapa bukan pesepakbiola lokal India, Goa, atau Calangute (distrik tempat patung itu berada)? 

"Ada begitu banyak pesepakbola hebat dari Calangute seperti Bruno Coutinho dan Yolanda de Souza, yang telah membawa kemenangan ke India dengan bermain sepakbola di tingkat internasional," kata Premanand Divkar, salah satu anggota DPRD Goa.

"Mengapa patung mereka (pemain lokal) tidak dipasang? Mereka dari Calangute. Mengapa patung pesepakbola Portugal yang dipasang," tambah Divkar.

Uniknya, Ronaldo sudah memiliki beberapa patung yang dipersembahkan untuk dirinya, Beberapa dianggap aneh. Contohnya yang ada di Bandara Internasional Madeira. Patung itu diresmikan pada 2017. Tapi, kemudian harus didesain ulang setelah mendapatkan olok-olokan karena dianggap tidak mirip.

(mochamad rahmatul haq/anda)

Baca Berita yang lain di Google News




  • 0%Suka
  • 0%Lucu
  • 0%Sedih
  • 0%Kaget

Opini

(500 Karakter Tersisa)

Artikel Pilihan


Daun Media Network