Senegal Dikritik Soal Penanganan Cedera Kepala Sadio Mane

"Ini bisa menjadi pelajaran"

Berita | 27 January 2022, 11:31
Senegal Dikritik Soal Penanganan Cedera Kepala Sadio Mane

Libero.id - Senegal telah dikritik oleh asosiasi cedera otak, Headway karena penanganan mereka terhadap benturan kepala yang dialami oleh Sadio Mane dalam kemenangan Piala Afrika atas Cape Verde.

Bintang Liverpool tersebut menerima pukulan keras di kepala saat bertabrakan dengan kiper Cape Verde Vozinha, yang dikeluarkan dari lapangan setelah dilakukan peninjauan VAR atas insiden tersebut, pada pertandingan di babak 16 besar.

Mane menerima perawatan di lapangan, tetapi diizinkan untuk tetap bermain lalu melepaskan tendangan melengkung dalam gol pembuka yang brilian untuk Senegal, yang kemudian menang 2-0.

Penyerang itu ditarik keluar tak lama setelah itu dan kemudian dibawa ke rumah sakit untuk pemeriksaan lebih lanjut.

Sebuah foto yang diposting di akun Twitter resmi Piala Afrika, mengungkapkan bahwa Vozinha mengunjungi Mane di rumah sakit setelah pertandingan.

Berbagi foto di Instagram, Mane mengatakan kepada 9,1 juta pengikutnya: "Semuanya baik-baik saja. Terima kasih untuk semua pesannya."

Libero.id

AFCON 2021

Namun, asosiasi cedera otak Headway telah mengkritik bagaimana Senegal membiarkan Mane bermain setelah tabrakan.

“Sebaliknya, ini tampaknya menjadi contoh lain dari sepak bola yang mengutamakan keselamatan pemain,” kata Luke Griggs, wakil kepala eksekutif Headway, dalam sebuah pernyataan yang dirilis di situs web asosiasi.

"Ini adalah tabrakan yang memuakkan yang jelas membuat kedua pemain cukup tertekan hingga gegar otak setidaknya dianggap sebagai kemungkinan.

"Pada saat itu, prinsip 'jika ragu, duduklah!'  seharusnya mengakibatkan Mane diganti tanpa bola lain yang ditendang.

"Citra pemain yang ambruk di tanah dan harus dibantu dari lapangan setelah mencetak golnya akan memberi tahu Anda semua yang perlu Anda ketahui tentang dampak dan efeknya pada otaknya.

"Sekali lagi, keinginan untuk menang dipandang sebagai risiko serius bagi kesehatan pemain. Sangat mengejutkan bahwa ini terus terjadi.

“Ini sekarang menjadi ujian nyata bagi kepemimpinan Konfederasi Sepak Bola Afrika (CAF) dan badan pengatur dunia FIFA, terutama jika Senegal menyatakan Mane fit untuk perempat final hari Minggu.

"Jika sepak bola ingin dianggap serius dalam hal gegar otak, itu hanya harus mengambil tindakan untuk menegakkan dan memperkuat protokolnya."

Di Liga Premier, pengganti gegar otak telah diperkenalkan yang memungkinkan tim untuk mengeluarkan pemain jika mereka mengalami cedera kepala, tanpa melepaskan salah satu dari tiga perubahan yang dialokasikan.

Baik FIFA maupun CAF tidak mengomentari insiden tersebut pada saat publikasi. Selanjutnya, Senegal akan berhadapan dengan Guinea untuk memperebutkan tiket ke semifinal dan Mane kabarnya juga dapat diturunkan pada laga tersebut.

(moch imam sholikhin/nz)

Baca Berita yang lain di Google News




  • 0%Suka
  • 0%Lucu
  • 0%Sedih
  • 0%Kaget

Opini

(500 Karakter Tersisa)

Artikel Pilihan


Daun Media Network