Mengapa Gol Middlesbrough ke Jala Man United Sah? Ini Analisisnya

"Handball atau tidak? Inilah aturan terbaru IFAB sejak 1 Juli 2021."

Analisis | 05 February 2022, 11:41
Mengapa Gol Middlesbrough ke Jala Man United Sah? Ini Analisisnya

Libero.id - Kekalahan selalu menyakitkan. Apalagi jika didapatkan dari klub kasta bawah seperti Middlesbrough di kompetisi bergengsi sekelas Piala FA. Jadi, sangat masuk akal jika Pelatih Manchester United (MU), Ralf Rangnick, protes keras. Khususnya, insiden yang satu ini. 

Setan Merah disingkirkan The Boro pada babak keempat Piala FA di Old Trafford, Sabtu (5/2/2022) dini hari WIB. Skor 1-1 dan bertahan hingga 120 menit. Lalu, MU akhirnya tersingkir lewat adu penalti 7-8.

Wajar jika pemain dan fans kecewa berat. Menurunkan tim terbaiknya, termasuk Cristiano Ronaldo, Marcus Rashford, dan Bruno Fernandes, Rangnick meminta timnya bermain dominan sejak kick-off. Mereka menyerbu pertahanan Middlesbrough dan hampir saja unggul di menit 20 jika penalti CR7 tidak melebar. 

Setelah itu, MU bisa mencetak gol di menit 25 lewat Jadon Sancho. Tapi, gawang Dean Henderson justru bobol pada menit 64. Matt Crooks sukses menyambar bola umpan Duncan Watmore.

Para pemain MU memprotes gol tersebut. Begitu pula Rangnick. Mereka beranggapan bawah sebelum mengoper bola ke Crooks, Watmore menguasai bola dengan tangan. Tapi, keberatan para punggawa MU ternyata tidak didukung VAR. Wasit, Anthony Taylor, tetap mengesahkan gol itu setelah melihat VAR.

Keputusan VAR adalah bola memang menyentuh tangan. Tapi, itu bukan handball berdasarkan peratruran pertandingan sepakbola terbaru.

"Bagaimana mungkin itu tidak sengaja, ketika dia mengontrol bola yang melayang dengan tangannya? Sudah jelas, gol itu harusnya tidak disahkan. Tapi, saya terkejut akhirnya tetap dinyatakan gol," ujar Rangnick, dilansir Sky Sports.

Rangnick dan pemain MU boleh saja memprotes gol tersebut. Tapi, menurut aturan terbaru Badan Aturan Sepakbola Internasional (IFAB), Watmore dianggap tidak handball. Pasalnya,  sejak 1 Juli 2021, handball tidak sengaja yang menyebabkan seorang rekan setim mencetak gol atau mempunyai kesempatan bikin gol, tidak lagi dianggap sebagai pelanggaran.

(andri ananto/anda)

Baca Berita yang lain di Google News




Hasil Pertandingan Manchester United


  • 0%Suka
  • 0%Lucu
  • 0%Sedih
  • 0%Kaget

Opini

(500 Karakter Tersisa)

Artikel Pilihan


Daun Media Network