Momen Off Side Aneh Ala Babak 64 Besar Liga 3, Aturan Apa yang Digunakan?

"Ini terjadi saat Maluku FC vs Persinga Ngawi. Cek videonya!"

Berita | 07 February 2022, 22:46
Momen Off Side Aneh Ala Babak 64 Besar Liga 3, Aturan Apa yang Digunakan?

Libero.id - Pertandingan babak 64 besar Grup P Liga 3 antara Maluku FC vs Persinga Ngawi berlangsung Senin, 7 Februari 2022 siang.

Babak pertama Maluku FC vs Persinga Ngawi yang berlangsung di Stadion Kanjuruhan Malang, Jawa Timur sempat diguyur hujan.

Upaya para penyerang mencetak gol dalam babak pertama laga Maluku FC vs Persinga Ngawi masih belum membuahkan hasil.  Kedua kesebelasan langsung tancap gas saat memasuki awal-awal babak pertama.

Tekanan yang diberikan Ngawi hingga menit ke-10 masih terus digulirkan, namun belum mampu menjebol gawang Maluku. Andika, sang kiper Maluku FC bermain cukup baik.

Haris Adiatma, Tri Widodo, dan Slamet Hariadi bahu membahu untuk menerobos barisan belakang Maluku. Pertahanan anak-anak Maluku masih cukup solid membendung upaya menjebol gawang mereka. Skor masih imbang 0-0 hingga menit ke-15.

Maluku mendapat tendangan bebas pada menit ke-17. Tendangan dilakukan Yusran, namun belum mampu menghasilkan peluang emas. Sebuah tendangan penjuru sempat merepotkan barisan belakang Ngawi, namun Rizki Eko Saputro, penjaga gawang Ngawi mampu mengamankan bola dengan baik.

Pertandingan yang sempat diguyur hujan pada babak pertama terus bergulir. Tendangan Tegar pada menit ke-22 masih membentur mistar gawang Maluku. Tegar Wijaya Kusuma lagi-lagi melakukan tendangan bebas pada menit ke-24, namun sepakannya masih bisa dimentahkan penjaga gawang Maluku.

Andri Yudha coba menerobos pertahanan Ngawi, tapi upayanya digagalkan barisan belakang Ngawi. Sebuah upaya menerobos pertahanan Ngawi dilakukan Wira, namun lagi-lagi hanya menghasilkan sepak pojok. Tri Widodo memberi umpan kepada Slamet Hariadi ke kotak penalti Maluku, tapi bisa dihalau oleh Marsel dan melahirkan tendangan sudut pad amenit ke-30. Anak-anak Laskar Alas Ketongo terus menekan anak asuh Saidna Azhar, namun selalu gagal.

Pun akhirnya babak pertama berakhir dengan skor imbang 0-0.

Memasuki babak kedua, Maluku berhasil mencetak gol lewat sundulan Sapri Wattimena dari sebuah tendangan penjuru sehingga skor berubah 1-0.

Dalama keunggulan tersebut, melalui duet Wira Silaka dan Andri Yudha yang terus menggempur Ngawi memasuki, Maluku FC sendiri sempat kebobolan pada menit ke-54 melalui pemain andalan Persinga Ngawi, Ivan Efendi, namun dianulir oleh wasit karena dianggap offside dalam prosesnya.

Berikut video rekamannya,

Bagaimana? sangat aneh bukan jika dikatakan off side?

Letak Keputusan Wasit yang Kontroversial

Dalam video tersebut, jelas posisi Ivan Efendi sangat jauh dari garis off side dan jika merujuk dalam aturan baku FIFA, bola rebound yang ada di posisi offside bakal terhitung saat bola ditendang, bukan pada saat bola memantul.

Tri Widodo melepaskan tendangan ke arah gawang Maluku, tapi masih belum bisa mengubah ketertinggalan timnya pada menit ke-60. Pertandingan sempat terhenti karena protes Ngawi yang menilai pemainnya dilanggar di area kotak penalti. Pertandingan kembali dilanjutkan dan anak-anak Ngawi langsung menekan barisan belakang Maluku.

Umpan silang Tri Widodo direspons sundulan oleh Ivan, tapi masih melebar ke gawang Maluku pada menit ke-71. Triwidodo melepaskan tendangan keras dengan kaki kiri pada menit ke-77 tapi berhasil diblok penjaga gawang Maluku.

Tekanan anak-anak Maluku terus digulirkan, salah satunya tendangan Abdan Lilisula pada menit ke-80 masih bisa dijinakkan oleh Rizki Eka Saputro, kiper Ngawi. Hose Mando akhirnya mampu membobol gawang Maluku lewat tendangan first touch shoot pada menit ke-87. 

Skor berubah, 1-1.

Tambahan waktu tiga menit coba dimanfaatkan kedua kesebelasan, namun skor tidak berubah hingga pertandingan babak kedua usai, 1-1.

(muflih miftahul kamal/muf)

Baca Berita yang lain di Google News




  • 0%Suka
  • 0%Lucu
  • 0%Sedih
  • 0%Kaget

Opini

(500 Karakter Tersisa)

Artikel Pilihan


Daun Media Network