Kenalkan Tyler Morton, Pemain Muda Andalan Baru Juergen Klopp

"Sosok yang memengaruhi performa Morton."

Biografi | 12 February 2022, 20:11
Kenalkan Tyler Morton, Pemain Muda Andalan Baru Juergen Klopp

Libero.id - Gelandang kelahiran Wirral, Tyler Morton, akan melakukan debut Liga Champions melawan FC Porto. Dia adalah gelandang muda andalan Juergen Klopp.

Morton merasakan aksi pertamanya di Liga Premier. Dia masuk sebagai pemain pengganti pada menit ke-84 melawan Arsenal. Dan, akhirnya dia menjadi starter tim pertama di kompetisi paling elite Eropa.

Berdiri di sebelah Ibrahima Konate dan Kostas Tsimikas, lagu terkenal bergema di sekitar kapasitas Anfield ketika beberapa kata bijak pra-pertandingan dari Klopp memberi Morton pengingat tepat sebelum dia menjalankan perannya. Itulah mengapa pelatih asal Jerman itu dianggap sebagai salah satu pelatih terbaik di dunia.

“Dia mengatakan kepada saya bahwa jika ada yang tidak beres hari ini, maka itu bukan di punggung saya, itu di punggungnya (Klopp),” kata Morton kepada Sportbible. “Dia pada dasarnya ingin saya tahu bahwa dia cukup berpengalaman untuk tidak hanya melemparkan saya ke ujung yang dalam. Dia ingin saya tahu bahwa saya cukup baik."

"Kata-kata itu membantu Anda menjadi pemain yang lebih baik," tambahnya. “Saya tidak merasa gugup sejak saat itu dan itu karena obrolan kami. Itu membuat saya terbuka dan bermain ke depan dengan beberapa sentuhan pertama saya. Saya pergi setelah itu. Dia salah satu manajer terbaik di dunia. Dia luar biasa bagi saya."

Morton menunjukan kinerja yang hampir sempurna malam itu. Dia membuat dua intersepsi, lebih banyak dari yang dilakukan pemain Liverpool lainnya selama pertandingan, dan memainkan peran yang lebih dalam, menyelesaikan 83% dari total umpannya bersama Thiago Alcantara, yang memberikan pujian penuh untuk anak muda itu secara penuh waktu.

"Pertama kali Tyler datang, saya bilang 'siapa pemain ini?' karena dia berlatih dengan luar biasa bersama kami dan dia pantas menjadi bagian dari tim malam ini," kata pemain asal Spanyol itu kepada wartawan. "Saya pikir dia akan memiliki karier yang cerah dan hebat di Liverpool dan di sepakbola pada umumnya."

Dalam sebuah wawancara awal tahun lalu, Morton mengatakan itu adalah mimpinya untuk berlatih bersama Thiago. "Saya biasa menonton Thiago ketika dia berada di Bayern Muenchen di TV dan dia adalah seorang pesulap," katanya.

Morton sekarang bermain bersama idola masa kecilnya di panggung terbesar. Dan, mungkin di atas segalanya, pemain berusia 19 tahun itu telah membayar kepercayaan besar yang ditunjukkan oleh manajernya.

“Dia melakukannya dengan sangat baik,” kata Klopp usai pertandingan. "Dia pemain yang bagus. Saya sangat senang dia bisa tampil seperti ini."

Itu adalah momen yang mengubah hidup bagi pemuda setempat. Morton tentu saja telah membuat banyak pendukung Liverpool terkesan dengan beberapa penampilannya sejak malam itu di Anfield, tetapi dia tahu jalan masih panjang. "Jika Anda benar-benar menginginkannya, Anda harus bekerja keras dan itulah yang saya lakukan," katanya.

"Saya akan mencoba dan melakukan itu dengan kemampuan terbaik saya dan melihat ke mana saya akan dibawa."

Greenleas FC adalah jalan menuju sepakbola Liga Premier ini dimulai. Sebuah tim junior yang dianggap oleh banyak orang sebagai salah satu yang terbaik di negara ini, total ada delapan pemain bermain sepakbola akademi baik untuk Liverpool atau Everton dari tim itu sejak 2008.

Tiga dari pemain itu masih terlibat dalam pengaturan Liverpool, Sean Wilson, Max Walton, dan Tyler Morton.

Morton berusia tujuh tahun ketika dia pertama kali menarik perhatian beberapa klub. Meskipun ada minat dari tempat lain, hanya ada satu klub untuknya. “Kami semua diinginkan oleh beberapa klub, tetapi Liverpool menonjol bagi saya secara pribadi dan juga untuk banyak pemain lainnya,” katanya.

Sudah 12 tahun sejak Morton ditemukan oleh The Reds saat bermain untuk tim lokalnya, dia ingat ada seorang pemandu bakat yang mendekati ibu dan ayahnya untuk memberi tahu mereka bahwa mereka tertarik. "Ayah saya sedang berdengung," katanya. "Dia merah besar."

“Liverpool, sebagai kota yang sangat besar bagi saya dan begitu juga para penggemarnya,” lanjut Morton. “Saya bermain untuk tim yang saya dukung dan selalu saya dukung. Saya menyukainya. Saya akan mengikuti Liverpool selama sisa hidup saya, tidak peduli untuk siapa saya bermain. Itu ada dalam darah saya. Ketika saya pergi ke sana dan keluar, saya tahu orang-orang yang menonton menyemangati saya."

Morton yang masih tinggal di The Wirral bersama keluarganya tahu betapa pentingnya mereka selama bertahun-tahun. Produk akademi akan mencoba dan bermain Xbox di malam hari, tetapi ayah Morton, Scott, akan memaksanya untuk pergi keluar dan berlatih. Bahkan, ketika hari sudah gelap, Morton akan melakukan latihan yang berbeda dengan Scott selama berjam-jam sementara anjing keluarga berlari di sekitar ladang setempat. 

"Saya akan berusaha melewatinya bersamanya sepanjang waktu," kata pemain berusia 19 tahun itu. "Dia telah menjadi bagian besar dari pencapaian saya sejauh ini."

Sepanjang waktunya di akademi, Morton juga pemegang tiket musiman di Liverpool. Dia sering mempelajari Steven Gerrard dari tempat duduknya di tribun Anfield Road yang lebih rendah sebelum mencoba meniru gaya permainan mantan pemain internasional Inggris itu selama pertandingan.

Coutinho, yang baru saja bergabung dari Inter Milan, adalah pengaruh besar lainnya. Dalam sesi latihan pertamanya, pemain Brasil itu membuat kesan abadi saat Morton yang berusia 11 tahun menyaksikan dengan kagum. "Kami bahkan tidak tahu siapa dia saat itu," kenang remaja itu. "Dia masuk dan memarahi semua orang. Itu gila."

Saat dia menyaksikan beberapa pemain terbaik klub dalam latihan, Morton sendiri membuat kemajuan yang serius. Dia kemudian mewakili Liverpool di setiap kelompok usia dan musim lalu dia tampil mengesankan setelah mencetak 10 gol untuk tim U-18 dan U-23 sebelum membantu timnya mencapai final FA Youth Cup.

Setelah tahun yang produktif bersama tim junior, Morton dimasukkan dalam rencana pramusim Klopp menjelang musim 2021/2022. Setelah beberapa sesi latihan, dia melakukan debutnya dalam pertandingan persahabatan melawan tim Austria, Wacker Innsbruck, dan dia membuat penonton terkesan.

Dua bulan kemudian, dia mendapatkan debut kompetitifnya dalam kemenangan Piala Liga Inggris melawan Norwich City saat masuk sebagai pemain pengganti di babak kedua. Dia juga dipanggil di bangku cadangan untuk pertandingan Liga Premier melawan Brighton dan West Ham.

Pada 20 November 2021, saat Liverpool memimpin empat gol melawan Arsenal, Morton diberi waktu delapan menit untuk membuktikan dirinya.

"Saya berada di bangku cadangan untuk beberapa pertandingan sebelumnya dan memiliki firasat bahwa saya akan masuk," kenangnya. "Saya tidak diberitahu sebelumnya. Saya melakukan pemanasan seperti biasa dan Klopp memanggil saya. Saya tidak bisa mendengarnya pada awalnya karena itu sangat keras dan saya seperti 'apakah dia meneriaki saya?' Tapi kemudian saya mendengarnya lagi."

"Dia (Klopp) sangat baik dengan saya," tambah Morton. "Dia berkata, 'Tunjukkan kepada mereka apa yang Anda miliki. Tunjukkan kepada semua orang pemain seperti apa Anda’. Saya tidak punya waktu lama di lapangan, tetapi dengan sentuhan pertama saya, saya mengalahkan seseorang dan memenangkan duel. Itu adalah peluang besar dan saya menyukai setiap menitnya."

Remaja itu menerima tepuk tangan meriah dari penonton Anfield setelah masuk menggantikan Thiago. Menggantikan idola masa kecilnya, dengan kata-katanya sendiri, merupakan momen yang nyata. "Saya mengatakan beberapa waktu lalu bahwa saya mencoba mendasarkan permainan saya di sekitar Thiago dan kemudian saya menggantikannya," katanya sambil tersenyum. "Dia memberi saya pelukan hangat dan berkata, 'Pergi dan nikmati dirimu sendiri.”

Keputusan Klopp menempatkan kepercayaannya pada pemain muda sepanjang musim sangat mengagumkan. Terkait perkembangannya sejak bergabung dengan tim utama, Morton tak ragu menyebut Klopp sebagai salah satu pengaruh penting dalam perjalanannya sejauh ini.

"Dia menaruh kepercayaannya pada saya dan memberi saya menit bermain untuk tim utama," kata pemain berusia 19 tahun itu. “Tanpa melawan Norwich di Piala Liga dan mempercayai saya dalam peran yang mendalam itu, saya tidak akan berada di tempat saya hari ini. Itu adalah kinerja di mana saya menunjukkan apa yang saya lakukan dan apa yang bisa saya lakukan."

Klopp tahu masih ada pekerjaan yang harus dilakukan. Pada awal November, setelah penampilan mengesankan melawan tim Championship, Preston North End di Piala Liga, dia memuji remaja itu dan memberikan penilaian yang jujur tentang apa yang harus dia kerjakan dalam beberapa bulan mendatang.

"Saya mengatakan kepadanya (Tyler) sekarang kami harus mengirimnya langsung ke gym," kata pria Jerman itu. "Jika dia memiliki tubuh yang bagus, dia akan menjadi pesepakbola yang brilian. Jelas ada beberapa hal yang harus diperhatikan dari segi fisik, tetapi pemikiran sepakbolanya luar biasa.”

Morton bertekad untuk menjadi pemain yang lebih lengkap. Dia belum menjadi produk sempurna, dan dia tahu itu.

"Sepertinya tidak, tapi saya pergi ke gym!" dia tertawa. “Saya selalu melatih fisik saya dan akan terus melakukannya. Ini akan memakan waktu. Saya tahu itu karena bagaimana tubuh saya berkembang. Dia (Klopp) benar. Saya memahaminya dan dia berbicara kepada saya tentang hal itu. Itu yang ingin saya kerjakan."

Berada di sekitar skuad tim utama juga membantu permainan Morton secara keseluruhan. Di level U-23, dia sering bermain lebih jauh ke depan, tetapi dan Klopp telah menggunakannya dalam peran yang lebih dalam, di mana dia mampu mendaur ulang penguasaan bola dan membantu kemajuan tim dengan umpan-umpan yang rapi.

Morton dapat melihat kembali beberapa bulan terakhir dengan kebanggaan yang luar biasa. Dia telah bermain di Liga Champions melawan beberapa klub terbesar di Eropa, bersama idola masa kecil dan salah satu gelandang bertahan terbaik Liga Premier. Dia merupakan pemain yang dia kagumi dan contoh setiap hari dalam pelatihan.

Sekarang, remaja itu ingin maju, berjuang untuk tempatnya dan membuktikan suatu hal.

"Itu adalah sesuatu yang saya impikan sepanjang hidup saya," kata Morton. "Memikirkan di mana saya berada saat ini dan apa yang telah saya lakukan sejauh ini. Semoga saya dapat melanjutkan ini dan tampil baik dan bermain untuk klub yang saya cintai. Ini adalah tim terbaik di dunia dalam pandangan saya. Bahkan, untuk menginjakkan kaki di lapangan latihan setiap hari adalah nyata. Saya menyukainya."

(diaz alvioriki/yul)

Baca Berita yang lain di Google News




  • 0%Suka
  • 0%Lucu
  • 0%Sedih
  • 0%Kaget

Opini

(500 Karakter Tersisa)

Artikel Pilihan


Daun Media Network