Wayne Rooney Dinobatkan Sebagai Pemain Terbaik Timnas Inggris, Apa Parameternya?

"Ketika para legenda Prancis terpana."

Analisis | 12 February 2022, 22:15
Wayne Rooney Dinobatkan Sebagai Pemain Terbaik Timnas Inggris, Apa Parameternya?

Libero.id - Wayne Rooney telah mengalahkan Paul Gascoigne dan Legenda asal Inggris lainnya untuk dinobatkan sebagai pemain Inggris terhebat sepanjang masa. Legenda Manchester United itu adalah pencetak gol terbanyak untuk Inggris dengan 53 gol dalam 120 penampilan selama 15 tahun karier internasional.

Lantas, hal apa yang menjadikan Rooney dipilih sebagai pemain terbaik sepanjang masa? Ternyata itu merupakan jejak pendapat yang diadakan oleh Sportbible, di mana lebih dari 34.000 penggemar memberikan suara pada jejak baru ini.

Itu artinya Rooney telah memperoleh 52% suara. Tempat kedua ditempati Gascoigne yang memperoleh 19,3% suara. Sementara itu, Bobby Charlton dan Bobby Moore, yang merupakan bagian dari skuad Three Lions yang meraih kejayaan Piala Dunia 1966, hanya mendapat beberapa persen suara.

Balik lagi ke posisi kedua, Gascoigne. Pemain yang berjuluk 'Gazza' itu adalah pemain penting di tahun 90-an dan air matanya di lapangan saat bermain di Italia membentuk ingatan pribadi generasi penggemar sepakbola di Inggris.

Namun, posisi teratas tetap milik Rooney yang muncul sebagai pemain berusia 16 tahun bersama Everton pada 2002.

Dia melakukan debutnya di Inggris setahun kemudian, menjadi pemain termuda yang mewakili tim nasional saat itu.

Euro 2004 menjadi panggung bagi Rooney. Penampilannya melawan Prancis di pertandingan pembukaan grup langsung mencuri perhatian.

Rooney membuat pemain-pemain seperti Lilian Thuram, Thierry Henry, dan Zinedine Zidane terpana dengan kecakapan olah bolanya.

Selama pertandingan itulah pria yang kini menjadi pelatih Derby County mengira dia adalah salah satu pemain terbaik di dunia.

Dia mengatakan dalam film dokumenter baru tentangnya: "Bek tengah mereka takut mendekati saya. Mereka bisa melihat secara fisik saya bisa menangani diri sendiri melawan mereka.”

"Saya ingat berpikir 'Saya adalah pemain terbaik di dunia'. Saya percaya pada saat itu saya memang demikian."

Banyak yang berpendapat bahwa itu adalah puncak karier internasionalnya setelah diusir keluar lapangan pada Piala Dunia 2006 dan tampil buruk di Afrika Selatan empat tahun kemudian.

Rooney menjadi kapten Inggris pada 2014 setelah Steven Gerrard pensiun dan dia akan memegang ban kapten sampai dia mengundurkan diri pada 2017.

Dia akan kembali untuk satu pertandingan pada 2018, momen untuk meningkatkan kesadaran akan kegiatan amal.

(mochamad rahmatul haq/yul)

Baca Berita yang lain di Google News




  • 0%Suka
  • 0%Lucu
  • 0%Sedih
  • 0%Kaget

Opini

(500 Karakter Tersisa)

Artikel Pilihan


Daun Media Network