Peringkat 5 Defender Terbaik Manchester United

"Nomor 5 pernah ditempatkan sebagai penyerang saat masuk akademi."

Analisis | 24 February 2022, 15:55
Peringkat 5 Defender Terbaik Manchester United

Libero.id - Pelatih legendaris Manchester United, Sir Alex Ferguson, mengatakan kata-kata emas ‘Serangan memenangkan pertandingan, pertahanan memenangkan gelar’. Tampaknya, Man United selalu hidup dengan itu karena mereka menjadi salah satu klub sepakbola paling terkenal di dunia.

Mereka telah melalui masa sulit dalam beberapa waktu terakhir, tetapi belum lama ini Setan Merah menjadi salah satu tim yang paling menarik dan kejam di Eropa. Semangat pantang menyerah tertanam dalam DNA klub dan mereka telah melahirkan banyak bintang sepanjang sejarah.

Lini belakang yang tangguh sangat penting bagi tim mana pun yang memiliki aspirasi gelar, dan Man United adalah salah satu klub paling sukses dalam sejarah. Cukuplah untuk mengatakan bahwa Man United telah menjadi rumah bagi beberapa bek terbaik sepanjang masa.

Tanpa basa-basi lagi, mari kita lihat lima bek terhebat yang pernah mengenakan seragam Man United.

#5 Rio Ferdinand

Rio Ferdinand adalah salah satu pesepakbola Inggris yang paling menarik sepanjang masa. Dia tidak diragukan lagi menjadi salah satu bek tengah terbaik di generasinya. Setelah memulai kariernya di West Ham United, Ferdinand pindah ke Leeds United pada 2000 dan menjadi kapten mereka pada 2001.

Dia kemudian pindah ke saingan berat Leeds, Man United, pada 2002 dengan kesepakatan senilai 30 juta pounds (Rp 584 miliar). Ferdinand menghabiskan sebagian besar karier akademinya sebagai penyerang tengah. Alhasil, ketika dia melakukan transisi ke bek tengah, dia menjadi bek dengan kualitas teknis yang sangat baik.

Dia diberi kebebasan untuk berlari ke depan dan memainkan operan progresif ke gelandang dan penyerangnya. Ferdinand juga tangguh di udara dan memiliki kecepatan di tahun-tahun kejayaannya.

Dia menjadi sosok yang kontras dengan Nemanja Vidic dan keduanya masih dianggap sebagai pasangan bek tengah terbaik dalam sejarah Liga Premier. Ferdinand memainkan 455 pertandingan di semua kompetisi untuk Man United.

Dia memenangkan enam gelar Liga Premier, satu Liga Champions, dua Piala Liga dan satu Piala Dunia Antarklub bersama Setan Merah.

#4 Gary Pallister

Gary Pallister dianggap sebagai salah satu bek tengah terbaik yang pernah bermain untuk Man United. Dia adalah sosok yang kuat dan atletis di lini belakang. Bersama Steve Bruce, dia membentuk salah satu duet bek tengah terbaik sepanjang masa di sepakbola Inggris.

Pallister bergabung dengan Man United pada 1989 dengan nilai 2,3 juta pounds (Rp 44,7 miliar) dan membuat 437 penampilan untuk Setan Merah. Pallister terpilih sebagai Pemain Terbaik PFA tiga tahun kemudian pada 1992.

Pemain Inggris itu menghabiskan sembilan tahun di Man United, memenangkan empat gelar Liga Premier, tiga Piala FA, satu Piala Liga Inggris, satu piala pemenang Piala UEFA dan satu Piala Super UEFA.

#3 Nemanja Vidic

Nemanja Vidic adalah Legenda dalam permainan modern Setan Merah. Pemain internasional Serbia itu tak kenal takut saat bermain dan selalu siap sepenuhnya untuk mempertaruhkan nyawanya demi membantu timnya.

Secara luas dianggap sebagai salah satu pembelian musim dingin terbaik di Liga Premier, Vidic bergabung dengan Man United pada Januari 2006.

Dia bisa dibilang bek tengah terbaik yang pernah bermain untuk Setan Merah. Vidic adalah pengganggu yang nyata dari seorang bek yang merupakan perwujudan dari kehancuran dan dominasi di lapangan.

Seperti yang disebutkan sebelumnya, Vidic melakukan duet bek tengah terbesar dalam sejarah Liga Premier bersama Rio Ferdinand. Duo ini pernah bermain hampir 1.311 menit tanpa kebobolan di liga.

Vidic menjadi kapten Man United pada awal musim 2010/2011. Dia meninggalkan klub setelah melewati masa jayanya pada 2014. Saat itu, dia telah memenangkan lima gelar Liga Premier, satu Liga Champions, tiga Piala Liga, dan satu Piala Dunia Antarklub.

#2 Denis Irwin

Denis Irwin adalah salah satu full-back terbaik dalam sejarah kompetisi papan atas Inggris. Seperti Rio Ferdinand, pemain asal Irlandia itu juga pernah bermain untuk rival berat Man United, dan Leeds United di awal kariernya. Dia kemudian pindah ke Oldham Athletic sebelum pindah ke Old Trafford pada 1990.

Irwin bermain untuk Man United selama 12 tahun dan menjadi favorit penggemar berkat keserbagunaan dan konsistensinya. Dia juga seorang pemain yang rendah hati yang selalu menempatkan tim di atas kepentingan dirinya sendiri.

Dalam 456 penampilan bersama Setan Merah, Irwin mencetak 33 gol dan memberikan 23 assist. Dia adalah sosok senior yang berpengaruh di tim saat Sir Alex Ferguson membangun kembali skuad Manchester United di tahun 90-an dan memenangkan treble kontinental dengan tim muda pada 1998/1999.

Dalam 12 tahun kariernya di Man United, dia memenangkan tujuh gelar Liga Inggris, satu Liga Champions, dua Piala FA, satu Piala Liga Inggris, satu Piala Interkontinental, satu Piala Winners Eropa, dan satu Piala Super Eropa.

#1 Steve Bruce

Mantan pelatih Newcastle United, Steve Bruce, selalu diterima dengan baik dalam kunjungannya ke Old Trafford. Mengapa tidak? Dia adalah legenda Man United dan bisa dibilang adalah full-back terbaik mereka sepanjang masa, karena mustahil untuk tidak mencintai Bruce.

Bruce yang tak kenal takut, bergabung dengan Man United pada 1987. Pemain Inggris itu memiliki kemampuan menahan bola yang sangat baik dan merupakan pengumpan yang sangat baik.
Dia juga memiliki timing yang tepat untuk memasuki area pertahanan lawan dan menghasilkan beberapa gol sundulan.

Bruce melambangkan mentalitas pemenang yang selalu ingin ditanamkan Sir Alex Ferguson kepada para pemainnya. Dia akan mendorong melalui rasa sakit dan bermain melalui cedera dan merupakan panutan bagi para pemain muda yang muncul dari akademi Man United pada saat itu.

Meskipun menjadi salah satu pemain terbaik di Liga Premier di tahun 90-an, Bruce tidak pernah bermain untuk Inggris. Dia memenangkan tiga gelar Liga Premier, tiga Piala FA, satu Piala Liga Inggris, satu Piala Winners Eropa, dan satu Piala Super Eropa dalam kariernya yang terkenal di Man United.

(diaz alvioriki/yul)

Baca Berita yang lain di Google News




Hasil Pertandingan Manchester United


  • 0%Suka
  • 0%Lucu
  • 0%Sedih
  • 0%Kaget

Opini

(500 Karakter Tersisa)

Artikel Pilihan


Daun Media Network