Kisah Sukses Roc Nation Sports, Agensi yang Menaungi Banyak Pemain Top Dunia

"Didirikan Jay-Z, tapi bergerak di sepakbola Eropa. Unik!"

Biografi | 28 February 2022, 10:27
Kisah Sukses Roc Nation Sports, Agensi yang Menaungi Banyak Pemain Top Dunia

Libero.id - Selama ini banyak penggemar sepakbola hanya mengenal agen-agen super seperti Mino Raiola, Jorge Mendes, atau Pini Zahavi. Tapi, ada lagi satu agensi top yang jarang dibicarakan orang. Mereka adalah Roc Nation Sports milik rapper papan atas Jay-Z.

Dalam ekosistem sepakbola modern seperti sekarang, seorang pesepakbola profesional sangat membutuhkan agen. Tanpa mereka, sulit bagi pemain untuk mendapatkan klub yang cocok. Entah tergabung dalam perusahaan agensi atau agen perseorangan, keberadaan mereka sangat dibutuhkan pemain.

Meksi dibutuhkan, tidak semua agensi mendapat penilaian baik dari pemain dan klub. Beberapa agensi nakal bertindak layaknya tuan tanah. Mereka hanya mencari keuntungan sebesar-besar dengan memperbudak pemain. Layaknya lintah darah, beberapa agensi nakal bisa menghisap pendapatan pemain hingga 80 persen. 

Namun, tetap saja beberapa agensi benar-benar memuaskan pemain, memiliki integritas tinggi, dan menerapkan prinsip-prinsip kerja yang baik. Contohnya, Roc Nation Sports International. Agensi ini didirikan bersama oleh sejumlah musisi, diantaranya Legenda rap Jay-Z (Shawn Carter) dan Juan Perez pada 2019.

Sebelumnya, agensi dengan nama yang hampir mirip, Roc Nation, didirikan Jay-Z pada 2008. Tapi, masih dalam bentuk agensi olahraga yang menaungi sepakbola, bola basket, dan hoki.

Setelah menikmati kesuksesan di Amerika Serikat, Jay-Z mengajak rekannya untuk khusus mendirikan agensi sepakbola. Dan, hal itu disambut positif dengan ditandai berlimpahnya klien-klien mereka. Beberapa diantaranya merupakan pemain-pemain bintang seperti Romelu Lukaku, Kevin de Bruyne, Tyrone Mings, dan Axel Witsel.

Dengan modal itu, Roc Nation Sports kemudian mendirikan kantor di London untuk menjangkau lebih banyak klien pesepakbola. Menurut Co-CEO Michael Yormark, Roc Nation Sports percaya bahwa para pemain dan atlet dari berbagai bidang tertarik bergabung karena menemukan sesuatu yang unik.

Roc Nation Sports juga memberi kesempatan bagi klien biasa (bukan pemain top) untuk mendapatkan kesempatan belajar dari bintang-bintang sepakbola ternama. "Saya bersama Lukaku baru-baru ini karena saya memiliki kesempatan baginya untuk bertemu dengan Siya Kolisi, kapten tim rugby nasional Afrika Selatan," ujar Yormark, dilansir Goal.

"Meski memainkan dua cabang olahraga yang berbeda, mereka berdua sudah menjadi legenda di permainannya masing-masing. Mendengar mereka berbicara tentang olahraga satu sama lain, dan pertumbuhan yang perlu terjadi dalam olahraga itu, benar-benar menarik dan menakjubkan," tambah Yormark.

Selain itu agensi ini juga berupaya untuk melibatkan pemain dalan proses apapun sebagai bentuk penghormatan. "Para pemain di Eropa, menurut pendapat saya, tidak memiliki kesempatan  bersuara. Itu adalah tujuan kami di Roc Nation Sports. Kami membantu para pemain menggunakan platform mereka," ungkap Yormark.

Apa yang dikerjakan Roc Nation Sports menjadi alasan utama Lukaku tertarik bergabung. "Roc Nation Sports menawarkan kepada saya sesuatu yang tidak dapat ditawarkan oleh orang lain. Ini kesempatan unik untuk membangun diri menjadi merek global, sekaligus mendukung pertumbuhan saya sebagai atlet," kata Lukaku.

"Salah satu hal pertama yang saya perhatikan tentang agensi adalah besaran peluang yang mereka ciptakan untuk klien mereka, baik itu pemasaran, media, filantropi, atau membangun merek," tambah Lukaku.

Roc Nation Sports percaya bahwa peran agen tidak boleh dibatasi untuk memastikan klien mereka dibayar dengan baik. Mereka juga ingin melindungi pemain. Tapi, Yormark dengan bebas mengakui bahwa Roc Nation Sports hanya tertarik untuk bekerja dengan pemain yang memiliki jenis karakter tertentu.

"Kami ingin menjadi agen aspirasi, sehingga ketika anak-anak bermimpi bermain untuk Manchester United, Manchester City, PSG atau Real Madrid, mereka juga bermimpi diwakili Roc Nation Sports," ucap Yormark.

"Ini bukan tentang merekrut semua orang. Ini tentang merekrut atlet yang tepat yang terhubung dengan siapa kita, yang terhubung dengan budaya kita, yang ingin menjadi bagian dari sesuatu yang istimewa dan unik," tambah Yormark.

(mochamad rahmatul haq/anda)

Baca Berita yang lain di Google News




  • 0%Suka
  • 0%Lucu
  • 0%Sedih
  • 0%Kaget

Opini

(500 Karakter Tersisa)

Artikel Pilihan


Daun Media Network