Benarkah Kim Jong-un Pendukung Man United? Ini Faktanya

"Rumornya memang seperti itu. Tapi, bagaimana kenyataannya?"

Analisis | 01 March 2022, 20:05
Benarkah Kim Jong-un Pendukung Man United? Ini Faktanya

Libero.id - Manchester United dikenal sebagai salah satu klub paling populer di seluruh dunia. Meski hampir delapan musim puasa gelar di Liga Premier, Setan Merah tak pernah kehilangan dukungan dari fans fanatiknya. Bahkan, sejumlah kepala negara kabarnya merupakan penggemar MU, termasuk Kim Jong-un dari Korea Utara. Benarkah?

Beberapa tahun lalu, Senator Italia, Antonio Razzi, menceritakan kepada media Inggris, The Sun, tentang pemimpin Korea Utara. Pria berusia 74 tahun itu menceritakan bahwa Jong-un adalah penggemar Setan Merah. 

Menurut Razzi, pemimpin yang pemarah itu mengatakan kepadanya dalam pembicaraan pribadi tentang dukungannya untuk MU. Tapi, dalam pembicaraan itu Jong-un tidak membahas permainan MU secara personal, khususnya mengenai pemain mana yang bagus dan buruk. 

Diyakini Jong-un telah menjadi penggemar Setan Merah sejak lama. Bahkan, dia sempat disebut menggemari Wayne Rooney. Menurut laporan pada 2014, Jong-un meminta televisi di negaranya menyiarkan pertandingan MU.

Tapi, apakah benar Jong-un adalah penggemar sepakbola, dan khususnya MU? Tidak banyak informasi yang bisa didapatkan. Sebab, beda dengan negara-negara lain seperti Inggris atau Italia, pemimpin Korea Utara itu sangat misterius. 

Faktanya, Jong-un memang beberapa kali terlihat menghadiri acara sepakbola di negaranya. Dia datang dalam sebuah pertandingan lokal dan menyalami para pemain. Dia juga sempat menjadi salah satu sosok penting dalam keberhasilan Korea Utara lolos ke Piala Dunia 2010.

Meski sepakbola cukup menarik minat Jong-un, tidak ada bukti bahwa MU adalah klub favoritnya. Tidak ada dokumentasi yang menunjukkan Jong-un memiliki kedekatan dengan Setan Merah.

Justru, kedekatan Jong-un ada di bola basket. Beberapa tahun lalu, dia pernah kedatangan Legenda NBA, Dennis Rodman. Bukan hanya kedatangan biasa, Jong-un dan Rodman melakukan berbagai kegiatan seperti menyaksikan pertandingan bersama dan jamuan makan malam. Bahkan, dia sempat meminta Rodman mengajari pemain-pemain basket Korea Utara.

Dari hubungan dengan Rodman itulah dunia tahu bahwa Jong-un ternyata penggemar bola basket. Bahkan, dia menjadi idola Chicago Bulls sejak era ketika Rodman masih menjadi bintangnya.

(atmaja wijaya/anda)

Baca Berita yang lain di Google News




Hasil Pertandingan Manchester United


  • 0%Suka
  • 0%Lucu
  • 0%Sedih
  • 0%Kaget

Opini

(500 Karakter Tersisa)

Artikel Pilihan


Daun Media Network