Buntut Laga Aneh Lawan Farmel FC, Persikota Dinyatakan Kalah WO

"Sekali lagi Farmel FC menunjukkan kesaktiannya. LOL"

Berita | 10 March 2022, 10:49
Buntut Laga Aneh Lawan Farmel FC, Persikota Dinyatakan Kalah WO

Libero.id - Setelah berbagai perdebatan serta pertimbangan, Persikota Tangerang yang saat ini dimiliki oleh Prilly Latuconsina resmi dinyatakan kalah WO (walk out) dengan skor 0-3 dari Farmel FC sekaligus mendapat pengurangan tiga poin.

Selain itu, anak asuh Engkan Lengkana juga harus membayar denda sebesar Rp10 juta akibat tidak melanjutakan laga Grup C Liga 3 Indonesia 2021-2022 kontra Farmel FC di Stadion Delta Sidoarjo, Jawa Timur, Minggu (6/3) lalu.

Sanksi tersebut diberikan Komdis PSSI dalam surat yang ditanda tangani ketua Komisi Disiplin PSSI Erwin TPL Tobing pada 8 Maret 2022. 

Dalam surat tersebut, The Magical Baby dinyatakan bersalah merujuk pada pasal 13 ayat 3 regulasi Liga 3 tahun 2021 dan pasal 57 kode disiplin PSSI.

Pada pasal satu kode disiplin disebutkan, apabila pertandingan tidak dapat dilaksanakan secara penuh untuk alasan yang bukan merupakan keadaan kahar (force majeure), tetapi karena tingkah laku tim atau tingkah laku yang terhadap mana suatu klub atau badan bertanggung jawab (termasuk menolak melanjutkan permainan dengan meninggalkan lapangan permainan dan menunda dilanjutkannya permainan, protes berkepanjangan dan sebagainya) tim atau klub yang bertanggung jawab dikenakan sanksi dinyatakan kalah (forfeit) dengan pengurangan 6 (enam) poin (secara khusus mengesampingkan Pasal 28 ayat 3 Kode Disiplin PSSI ini) dan sanksi denda sekurang-kurangnya sebesar Rp100.000.000 (seratus juta rupiah).

“Sesuai laporan pertandingan dan regulasi maka pihak klub, pemain, pelatih dan manajer mendapatkan hukuman,” ujar ketua Komisi Disiplin PSSI, Erwin TPL Tobing.

“Benar itu surat soal sanksi dan hukuman dan soal banding ada ketentuan bisa atau tidaknya. Tapi yang pasti hukuman itu diberikan karena kesalahan tim yang tak melanjutkan pertandingan.”

Persikota sendiri memang memilih tidak mau melanjutkan laga menghadapi Farmel FC pada babak kedua. Tim juara Liga 3 zona Banten itu kecewa dengan keputusan kontroversi wasit, sehingga tidak mau bermain lagi setelah sempat terhenti pada menit ke-60.

Pemotongan tiga poin menyebabkan Persikota maksimal memperoleh 3 poin jika berhasil merebut dua kemenangan di laga selanjutnya. Hanya saja, peluang untuk lolos ke babak selanjutnya sangat tipis.

Tak hanya itu, Farmel FC juga dilaporkan dapat hukuman karena pemainnya sempat berkelahi dengan pemain Persikota. Hanya saja, keputusan sanksi belum dirilis tertulis oleh PSSI.

(muflih miftahul kamal/muf)

Baca Berita yang lain di Google News




  • 0%Suka
  • 0%Lucu
  • 0%Sedih
  • 0%Kaget

Opini

(500 Karakter Tersisa)

Artikel Pilihan


Daun Media Network