Aset Roman Abramovich Dibekukan Pemerintah Inggris, Ini Dampaknya ke Chelsea

"Situasinya makin runyam..."

Berita | 10 March 2022, 23:19
Aset Roman Abramovich Dibekukan Pemerintah Inggris, Ini Dampaknya ke Chelsea

Libero.id - Pemerintah Inggris sudah resmi menetapkan sanksi untuk pemilik Chelsea, Roman Abramovich, pada Kamis (10/3). Aset-aset milarder asal Rusia itu akan dibekukan termasuk yang paling menyita perhatian tentu saja The Blues.

Keputusan tersebut dibuat karena invasi Rusia ke Ukraina. Inggris dan sebagian besar negara di Eropa secara politik memihak Ukraina. Abramovich sendiri dikaitkan mempunyai hubungan yang dekat dengan pemerintah Rusia.

Dan secara otomatis Chelsea terkena imbasnya. Lalu apaa dampaknya buat Chelsea setelah keputusan ini? 

Dilansir dari laporan BBC dan The Telegraph, setidaknya ada 5 dampak yang akan dirasakan klub yang bermarkas di Stampord Bridge itu. Berikut telah kami buat rangkumannya:

1. Chelsea Tidak Bisa Dijual

Pada 3 Maret 2022, Roman Abramovich menyatakan akan menjual Chelsea namun 
sampai dengan saat ini belum ada pihak yang resmi mengakusisi Chelsea.

Beberapa baru menyatakan ketertarikan. Mulai dari pengusaha kontruksi asal Turki, Muhsin Bayrak, Duta Besar Amerika Serikat untuk Britania Raya di era Donald Trump, Woody Johnson. Dan banyak lagi.

Namun setelah sanksi dari pemerintah Inggris ini berlaku, semua peminat tampaknya harus menelan ludah. Pembekuan aset Abramovich berarti Chelsea tidak bisa dijual. 

Kalaupun bisa, uangnya tidak akan masuk ke rekening Abramovich. Jalan tengahnya adalah, Chelsea hanya bisa dijual jika Abramovich mempercayakan prosesnya kepada pemerintah Inggris.

2) Toko Resmi Chelsea Tutup

Chelsea terpaksa harus menutup toko-toko mereka dan tak boleh melakukan perdagangan komersial. Yang itu artinya termasuk tidak ada lagi tiket pertandingan dan merchandise yang boleh dijual.  Jelas hal tersebut akan membuat Chelsea rugi dari sisi finansial. 

Pemasukan terkahir Chelsea dihitung dari
penggemar yang membeli tiket musiman atau tiket pertandingan individu sebelum Kamis (10/3) dan mereka masih dapat menghadiri pertandingan pada jadwal yang ditentukan. 

3) Terancam Ditinggal Pemain-pemain Bintang

Tidak akan ada bursa transfer. Penjualan atau pembelian pemain baru yang diizinkan berdasarkan lisensi khusus yang diterapkan.
Diskusi kontrak baru untuk pemain yang habis kontraknya di musim panas juga  ditunda. Tercatat ada 5 pemain Chelsea yang kontraknya habis pada Juni 2022: Charly Musonda Jr. Cesar Azpilicueta, Antonio Ruediger, Saul Niguez, dan juga Andreas Christiansen.

4) Pemotongan Biaya Operasional

Dengan terbatasnya uang. Chelsea hanya dapat membayar biaya perjalanan pulang-pergi dengan nominal yang tidak melebihi £20.000 / Rp. 376 juta per laga.

Sementara itu untuk pertandingan kandang tidak melebihi £500.000 / Rp. sekitar Rp 9,4 miliar per laga.


5) Masalah hak siar laga-laga Chelsea

Kabar baik untuk para pemegang hak siar adalah mereka tidak dilarang menayangkan pertandingan Chelsea. Pemegang hak siar dapat menyiarkan pertandingan apa pun yang melibatkan klub.

(gigih imanadi darma/gie)

Baca Berita yang lain di Google News




  • 0%Suka
  • 0%Lucu
  • 0%Sedih
  • 0%Kaget

Opini

(500 Karakter Tersisa)

Artikel Pilihan


Daun Media Network