Spanyol, Jerman, Jepang di Grup E, Layak Jadi Grup Neraka

"Dua juara Piala Dunia dengan dua liga terbaik di Eropa bertemu. Gokil!"

Analisis | 02 April 2022, 01:09
Spanyol, Jerman, Jepang di Grup E, Layak Jadi Grup Neraka

Libero.id - Prediksi munculnya grup neraka di Piala Dunia 2022 akhirnya terbukti. Tergabungnya dua mantan juara Eropa dan dunia, Spanyol dengan Jerman, membuat Grup E layak dicermati. Apalagi, tergabung pula Jepang dan pemenang play-off Kosta Rika vs Selandia Baru.

Drawing Piala Dunia di Qatar sudah dilakukan di Doha, Jumat (1/4/2022) malam WIB. Semua 32 peserta dibagi dalam empat pot berdasarkan peringkat FIFA terbaru. Bersama tuan rumah, tim-tim besar seperti Inggris, Argentina, Prancis, Spanyol, Belgia, Brasil, hingga Portugal ada di Pot 1.

Kecuali Eropa, undian juga diatur agar tim-tim dari konfederasi yang sama bertemu di fase grup. Ini untuk membuat kompetisi berjalan lebih menarik dan merata.

Hasilnya, tidak terlalu mengejutkan. Kemungkinan timbulnya grup maut juga terbukti dengan masuknya Spanyol, Jerman, dan Jepang di Grup E. Ketiganya juga masih harus menanti hasil play-off utusan CONCACAF (Kosta Rika) dengan raksasa  OFC (Selandia Baru). 

Semua tahu, Spanyol dan Jerman adalah dua tim UEFA yang sangat berprestasi dan memiliki materi pemain jempolan. Spanyol adalah juara Piala Dunia 2010, sementara Jerman terakhir kali berjaya pada 2014. Spanyol juga memiliki beberapa gelar Piala Eropa. Begitu pula Jerman. 

Pertemuan Jerman dan Spanyol juga ibarat pertandingan gabungan antara Barcelona dan Real Madrid melawan Bayern Muenchen. Itu karena para pemain ketiga klub cukup dominan di skuad Piala Dunia 2022. 

Namun, bukan hanya Spanyol dan Jerman yang punya reputasi sebagai juara di level regional. Jepang juga berstatus raksasa Asia. Samurai Biru juga memiliki banyak pemain yang merumput di Eropa. Hal yang sama juga berlaku untuk Kosta Rika atau Selandia Baru. 

Grup A: Qatar, Ekuador, Senegal, Belanda
Grup B: Inggris, Iran, Amerika Serikat, Play-off Eropa (Wales/Skotlandia/Ukraina)
Grup C: Argentina, Arab Saudi, Meksiko, Polandia
Grup D: Prancis, Play-off 1 (UAE/Australia/Peru), Denmark, Tunisia
Grup E: Spanyol, Play-off 2 (Kosta Rica/Selandia Baru), Jerman, Japan
Grup F: Belgia, Kanada, Maroko, Kroasia
Grup G: Brasil, Serbia, Swiss, Kamerun
Grup H: Portugal, Ghana, Uruguay, Korea Selatan

(andri ananto/anda)

Baca Berita yang lain di Google News




  • 0%Suka
  • 0%Lucu
  • 0%Sedih
  • 0%Kaget

Opini

(500 Karakter Tersisa)

Artikel Pilihan


Daun Media Network