Fakta Semua VAR yang Tidak Berpihak ke Man United Musim Ini

"Hanya alibi atau mencari pembenaran."

Analisis | 01 April 2022, 22:48
Fakta Semua VAR yang Tidak Berpihak ke Man United Musim Ini

Libero.id - Adanya teknologi VAR kadang menguntungkan bagi sepakbola. Tujuannya untuk mendeteksi setiap kejadian di lapangan dan membantu wasit utama dalam mengambil keputusan.

Tapi, VAR terkadang tidak berfungsi dengan baik. Contohnya musim ini Manchester United adalah salah satu klub yang merasa VAR tidak berpihak kepada Setan Merah.

Sementara pejabat Liga Premier sering dituduh mendukung klub-klub besar, Man United tidak akan merasa seperti itu pada 2021/2022. Man United saat ini berjuang untuk mengamankan kualifikasi Liga Champions dan VAR lebih menjadi penghalang daripada bantuan bagi mereka musim ini.

Pada catatan itu, mari kita lihat 6 fakta bahwa VAR tidak berpihak kepada Man United di Liga Premier musim ini.

Catatan: Ini hanya mengacu pada insiden, di mana VAR mengintervensi. Sehingga, tidak termasuk momen kontroversial yang terlewatkan.

1. West Ham

Setelah Said Benrahma dan Cristiano Ronaldo mencetak gol di babak pertama, pertandingan Man United melawan West Ham pada September 2021 tampaknya akan berakhir imbang 1-1.

Namun, Jesse Lingard, yang menghabiskan paruh kedua musim lalu dengan status pinjaman di West Ham, masuk sebagai pemain pengganti untuk mencetak gol brilian pada menit ke-89.

Drama lebih lanjut terjadi ketika umpan silang Andriy Yarmolenko mengenai lengan Luke Shaw yang terulur di masa injury time. Wasit Martin Atkinson menghadiahkan penalti kepada West Ham setelah melihat VAR di pinggir lapangan.

“Meskipun dari jarak setengah yard dan terpotong, Luke (Shaw) mungkin membuat dirinya lebih besar yang mungkin menjadi alasan mereka memberikan penalti,” kata pelatih Man United saat itu, Ole Gunnar Solskjaer setelah pertandingan.

“Salah satunya: apakah mereka ingin para bek hanya meletakkan tangan mereka di belakang? Kamu tidak bisa bertahan dengan benar kalau begitu kan?”

Tetapi, keputusan itu tidak berdampak pada hasil akhir karena David de Gea menyelamatkan penalti Mark Noble dan Man United bertahan untuk mendapatkan tiga poin.

2. Liverpool

Saat menjamu Liverpool di Old Trafford pada Oktober 2021. Naby Keita memberi Liverpool keunggulan di lima menit babak pertama sebelum Diogo Jota memanfaatkan beberapa pertahanan yang buruk untuk menjadikannya 2-0 delapan menit kemudian.

Mohamed Salah kemudian memutuskan untuk mencuri perhatian dan menyelesaikan hat-tricknya pada menit ke-50, menjadikannya 5-0 untuk pasukan Juergen Klopp.

Sementara pada menit ke-53 Ronaldo sempat mencetak gol, ketika tendangan melengkungnya berhasil melewati Alisson Becker, tapi gol itu dianulir karena offside setelah mendapat pemeriksaan dari VAR.

3. Liverpool

Selama babak pertama kekalahan dari Liverpool, Cristiano Ronaldo mungkin beruntung lolos dari kartu merah karena menendang Curtis Jones saat dia tergeletak di lapangan.

Namun, Paul Pogba – yang menggantikan Mason Greenwood di babak pertama – tidak mendapatkan keberuntungan yang sama dan hanya berada di lapangan selama 15 menit.

Pemain timnas Prancis itu awalnya mendapat kartu kuning karena tekel kerasnya terhadap Naby Keita, yang kemudian meninggalkan lapangan dengan tandu.

Setelah melihat VAR di pinggir lapangan, wasit Anthony Taylor meningkatkannya menjadi kartu merah dan Pogba tidak dapat mengeluh.

“Saya pikir kita semua menyadari bahwa itu adalah tekel yang harus dilakukan,” kata mantan kapten Man United, Gary Neville, dalam komentarnya. “Ini seburuk yang didapat dengan jujur. Pada akhirnya, kita semua pernah kalah dalam pertandingan sepakbola dengan cara yang buruk.”

“Itu terjadi, tetapi itu adalah sifat dari kinerjanya. Mereka sudah menyerah,” tambahnya.

4. Arsenal

Man United kebobolan salah satu gol Liga Premier paling aneh sepanjang masa ketika Arsenal mengunjungi Old Trafford pada Desember 2021.

David de Gea tergeletak di lantai menyusul sepak pojok Arsenal dan Emile Smith Rowe kemudian bereaksi cepat untuk menembakkan bola ke gawang yang lepas dari penjagaan.

Wasit Martin Atkinson tampaknya tidak memberikan gol pada awalnya, tetapi keputusan berubah ketika melihat VAR. Tayangan ulang menunjukkan bahwa gelandang Man United, Fred, yang secara tidak sengaja menginjak kaki De Gea sehingga tidak ada pemain Arsenal yang melakukan pelanggaran.

Man United membalikkan keadaan dan menang 3-2, tetapi pelatih sementara, Michael Carrick, masih tidak senang dengan keputusan itu. "Setidaknya saya tidak perlu berbicara terlalu banyak tentang gol Arsenal, karena kami bisa saja berada di sini sepanjang malam," kata Carrick.

“Jika itu adalah gol kemenangan, itu akan menjadi pembicaraan yang berbeda. Sangat aneh," tambahnya.

5. Burnley

Man United mengira mereka telah memimpin lebih awal melawan Burnley ketika tendangan bebas Bruno Fernandes disundul oleh Raphael Varane.  Tetapi, tinjauan VAR menunjukkan bahwa Harry Maguire berada dalam posisi offside dalam persiapan dan telah menghentikan Jay Rodriguez masuk ke kotak untuk bertahan, memaksa ofisial untuk membatalkannya.

“Intinya Maguire berada dalam posisi offside, tetapi itu terjadi ketika dia mengganggu lawan yang memperebutkan bola,” kata mantan wasit Liga Premier, Peter Walton, dilansir BT Sport.

“Maguire memang memblokir bek dan saat itulah masalah terjadi. Offside."

Man United memang memimpin melalui serangan Paul Pogba beberapa saat kemudian, tetapi mereka harus puas dengan satu poin setelah Rodriquez mencetak gol penyeimbang di babak kedua.

6. Manchester City

Man United sudah kalah 3-1 melawan Manchester City ketika VAR membantu dalam terciptanya gol tambahan. Setelah mendapat umpan dari Ilkay Gundogan pada menit ke-90, Riyad Mahrez mengejar ketinggalan sebelum melepaskan tembakan ke gawang Man United.

Gol tersebut awalnya dianulir karena hakim garis menaikkan benderanya, tetapi tayangan ulang VAR menunjukkan bahwa bek kiri Man United, Alex Telles, membuat Mahrez tetap onside.

(atmaja wijaya/yul)

Baca Berita yang lain di Google News




Hasil Pertandingan Manchester United


  • 0%Suka
  • 0%Lucu
  • 0%Sedih
  • 0%Kaget

Opini

(500 Karakter Tersisa)

Artikel Pilihan


Daun Media Network