Tips Kolo Toure untuk Pesepakbola yang Berpuasa: Jangan Minta Diistimewakan!

"Nasehat yang sangat bagus dari legenda Pantai Gading."

Analisis | 04 April 2022, 05:19
Tips Kolo Toure untuk Pesepakbola yang Berpuasa: Jangan Minta Diistimewakan!

Libero.id - Marhaban ya Ramadhan. Bulan suci telah tiba. Setiap Muslim di penjuru dunia bergembira menjalankan ibadah puasa, tidak terkecuali para pesepakbola. Tapi, bagi pemain yang masih berjibaku di kompetisi, bermain di tengah Ramadhan akan menjadi tantangan tersendiri.

Mantan bek Arsenal, Manchester City, hingga Liverpool, Kolo Toure, sudah terbiasa menjalankan keduanya dalam waktu bersamaan. Dia membagikan pengalaman itu kepada pemain-pemain aktif. Sebagai Muslim, pria asal Pantai Gading itu punya sejumlah tips yang layak dibagikan.

Menurut kakak Yaya Toure itu, puasa di tengah kompetisi sangat berat. Tapi, justru itulah tantangannya. "Tidak minum air atau cairan di tubuh anda adalah yang paling sulit sebagai pemain sepakbola," kata Toure dalam wawancara khusus dengan Sky Sports.

"Tapi, begitu anda memulai Ramadhan, hari pertama sangat berat, hari kedua sangat berat. Minggu pertama sangat berat. Dan, kemudian tubuh anda menjadi terbiasa sehingga anda tidak berpikir tentang air lagi," tambah Toure.

"Saya tidak pernah mempermasalahkan itu. Anda harus menghormati orang-orang di sekitar anda (yang tidak berpuasa). Anda melakukan hal anda sendiri. Tapi, anda bekerja di lingkungan dan anda bekerja dengan orang lain," beber Toure.

Toure bersikap biasa saja dan tidak ingin diistimewakan, meski sedang berpuasa. "Anda harus berusaha disiplin. Ketika anda datang ke lapangan dan berlatih dengan rekan satu tim anda, anda harus memberikan 100%. Anda harus memastikan mereka tidak menyadari bahwa anda sedang berpuasa," ujar Toure.

Toure juga mengatakan bahwa dirinya jauh lebih baik dari Yaya dalam hal berpuasa ketika kompetisi masih berlangsung. Dia tidak pernah mambatalkan puasa. Bahkan, orang tidak pernah tahu dirinya sedang puasa. Itu karena dia selalu tampil layaknya orang normal. Bahkan, jauh lebih baik setiap Ramadhan.

"Itu kuncinya. Itulah yang saya coba lakukan setiap saat. Saya mencoba untuk lebih fokus pada latihan, dan saya mencoba untuk tidak menunjukkan kelemahan apa pun kepada siapa pun," tambah mantan pemain Arsenal dan Liverpool itu.

Toure saat ini menjadi staf pelatih Brendan Rodgers di Leicester City. Dan, ada momen spesial musim lalu ketika Wesley Fofana berbuka puasa pada menit 34 saat pertandingan The Foxes  melawan Crystal Palace. Saat itu, bek asal Prancis berterima kasih kepada Liga Premier, Crystal Palace, dan Vicente Guaita karena mengizinkannya berbuka puasa.

Seminggu sebelumnya saat melawan West Bromwich Albion, Rodgers juga menggantikan Fofana di tengah pertandingan sehingga bisa berbuka puasa. Hebatnya, meski sedang berpuasa, Fofana tetap tampil normal dan profesional.

(mochamad rahmatul haq/anda)

Baca Berita yang lain di Google News




  • 0%Suka
  • 0%Lucu
  • 0%Sedih
  • 0%Kaget

Opini

(500 Karakter Tersisa)

Artikel Pilihan


Daun Media Network