Bagaimana Selanjutnya? Setelah Arsenal Dipermalukan Crystal Palace

"Masih ada banyak pertandingan yang akan dihadapi sebelum liga berakhir."

Analisis | 05 April 2022, 18:12
Bagaimana Selanjutnya? Setelah Arsenal Dipermalukan Crystal Palace

Libero.id - Persaingan posisi empat besar klasemen Liga Premier menjadi semakin sengit setelah Arsenal dikalahkan Crystal Palace pada pertandingan Selasa (5/4/2022) dinihari WIB. Tempat The Gunners kini dikuasai Tottenham Hotspur dengan poin yang sama, dan keduanya masih terlibat Derby London Utara. 

Awalnya memang berjalan lancar bagi tim asuhan Mikel Arteta di Liga Premier pada 2022. Sejak pergantian tahun, The Gunners telah meraih enam kemenangan dari tujuh pertandingan sebelum bertandang ke Crystal Palace. 

Tapi, dengan kekalahan dari Crystal Palace dan kemenangan 5-1 Tottenham atas Newcastle United, bagaimana nasib Arsenal selanjutnya? Pasalnya, ada kemungkinan Arsenal tampil dengan kekuatan yang kurang lengkap pada beberapa pertandingan selanjutnya.

Mereka berpotensi tidak diperkuat Kieran Tierney karena cedera lutut saat tugas internasional. Sialnya, dalam laga melawan Crystal Palace, Tierney digantikan Nuno Tavares.  Bek kiri Skotlandia itu dikawatirkan absen hingga musim berakhir. 

Dengan kondisi Tierney yang berpotensi absen selama sisa kampanye 2021/2022, itu adalah masalah besar bagi The Gunners. Sebab, mereka masih memiliki sembilan pertandingan. 

Situasi semakin kurang strategis dan keadaan busa menjadi lebih buruk setelah kehilangan Thomas Partey. Pemain asal Ghana itu juga cedera dalam kekalahan melawan Crystal Palace.

Sama seperti Tierney, Partey sangat dibutuhkan The Gunners. Penampilannya bersama Granit Xhaka di lini tengah telah menjadi bagian besar dari performa bagus Arsenal baru-baru ini. Jadi, waktu yang lama dalam masa pemulihan akan menjadi kekhawatiran besar lainnya bagi Arteta.

Arsenal bisa belajar dari musim lalu. Saat itu, Arteta  mengakhiri musim dengan dengan memainkan Granit Xhaka sebagai bek kiri sementara. Ternyata, keputusan tersebut sangat merugikan mereka di momen-momen besar, terutama di tahap akhir menuju tiket Liga Europa.

Selepas kekalahan memalukan dari Crystal Palace, Arteta sekarang harus mencoba kembali membangun skuad dan meningkatkan permainan jelang pertandingan akhir pekan nanti melawan Brighton and Hove Albion. Pertandingan ini tentu saja harus dimenangkan demi finish empat besar dan masuk Liga Champions musim depan.

Arsenal semakin harus fokus karena Tottenham terlihat semakin mengesankan di bawah Antonio Conte. Jadi, tanpa Tierney dan Partey, skuad kecil Arteta akan semakin diuji dalam beberapa minggu mendatang.

Jika mereka sukses melewati gangguan cedera pemain, Arsenal memang layak berada di zona Liga Champions. Dan, musim depan mereka bisa menjadi salah satu pesaing serius untuk gelar juara Liga Premier.

(atmaja wijaya/anda)

Baca Berita yang lain di Google News




  • 0%Suka
  • 0%Lucu
  • 0%Sedih
  • 0%Kaget

Opini

(500 Karakter Tersisa)

Artikel Pilihan


Daun Media Network