Enzo Fernandez, Pemain Muda Argentina Incaran Madrid dan Man City

"Kapan mengikuti jejak rekannya ke Eropa?"

Biografi | 13 April 2022, 15:05
Enzo Fernandez, Pemain Muda Argentina Incaran Madrid dan Man City

Libero.id - Sejak performanya yang terus meningkat bersama River Plate, Enzo Fernandez kini menjadi rebutan klub-klub besar di Eropa mulai Arsenal, Man City, hingga Real Madrid.

Fernandez adalah salah satu prospek terbaru hasil didikan klub raksasa Argentina, River Plate. Sejak musim 2021, tim berjuluk Los Millonarios itu sudah melibatkan sang wonderkid dalam skuad utama mereka dan berhasil menjadi juara liga.

Fernandez merupakan produk akademi River dan telah menjadi andalan di lini tengah klub raksasa Argentina tersebut sejak tahun lalu. Dia menorehkan 28 penampilan yang mengesankan untuk tim besutan Marcelo Gallardo.

Meski kontraknya di River masih berlangsung hingga 2025, tetapi pemain yang baru berusia 21 tahun itu sudah menjadi incaran klub-klub besar di Eropa. Man City dan Real Madrid menjadi klub terdepan yang ingin mendapatkan tanda tangannya.

Madrid sejak beberapa pekan terakhir disebut menaruh minat pada Fernandez. Los Blancos masih memburu para pemain muda demi membangun ulang skuad mereka. Walau sudah ada Federico Valverde dan Eduardo Camavinga, namun tak bisa dipungkiri jika Toni Kross serta Luka Modric semakin menua dan kualitas mereka akan sulit untuk digantikan.

Penampilan Fernandez di lini tengah telah mengungguli rekan setimnya di Inggris tahun ini, Julian Alvarez, terlebih dengan serangkaian penampilan briliannya bersama River.

Berbeda dengan tahun lalu, ketika rekannya, Alvarez, menjadi satu-satunya pemain yang dibicarakan di River Plate. Striker itu meledak ke panggung untuk memimpin timnya meraih gelar Liga Profesional 2021, dan membuat dirinya terbang ke Manchester City dalam prosesnya. Apakah Fernandez akan menyusul rekannya itu untuk pindah ke Manchester City?

Fernandez, yang lahir di pinggiran utara Buenos Aires, San Martin, telah menghabiskan hampir seluruh hidupnya untuk River. Dia baru berusia empat tahun ketika pertama kali menandatangani kontrak dengan klub, meski sempat dipinjamkan selama satu tahun di Defensa y Justicia, namun dia telah berkembang dari divisi akademi River hingga masuk ke tim utama. Itu merupakan sebuah kebanggaan besar.

Mantra pinjaman itu terbukti menjadi titik balik bagi Fernandez. Berada di bawah asuhan Legenda River, Hernan Crespo, remaja ini menjadi andalan di lini tengah Defensa dan memainkan peran besar dalam kemenangan klub di Copa Sudamericana pada 2020. Dia mendapatkan tempat di Ideal XI turnamen berkat permainannya yang tak kenal lelah, namun elegan.

“Ketika Marcelo (Gallardo, pelatih River) memberi tahu saya tentang Defensa, saya menerimanya dengan baik karena itu adalah kesempatan untuk menunjukkan diri saya, mendapatkan beberapa permainan, bersaing dengan pemain kelas satu,” kata Fernandez.

“Saya beruntung dilatih oleh dua pelatih hebat seperti Crespo dan Sebastian Beccacece, berbagi skuad dengan pemain besar dan bahkan orang yang lebih baik dan meraih dua gelar yang akan dicatat dalam sejarah. “Saya selalu menjadi pemain yang sama, tetapi waktu saya di Defensa sangat membantu saya tumbuh. Bukan hanya sebagai pemain, tetapi sebagai pribadi," pungkas pria berusia 21 tahun itu.

“Saya tumbuh besar dan itu mempersiapkan saya untuk kembali ke River dan beradaptasi dengan cara yang berbeda dengan ritme tim,” tambah Fernandez.

Saat kembali ke River pada Juni tahun lalu, dan setelah meraih gelar kontinental lainnya bersama Defensa, dia sudah siap untuk membintangi River di bawah asuhan Gallardo. Kini, dia telah memimpin River di hampir setiap pertandingan: tujuh dari 10 duel dimenangkan; 46 operan diselesaikan di babak oposisi; tiga dari empat dribel sukses, dan tidak kurang dari lima tembakan, bahkan mengalahkan Alvarez.

Begitulah pengaruhnya sehingga Real Madrid dilaporkan terus mengawasi kemajuan Fernandez, sebuah perkembangan yang sangat menarik bagi pemain berusia 21 tahun itu.

"Saya senang karena itu berarti saya melakukan hal yang benar, tetapi kepala saya ada di River," katanya kepada wartawan ketika ditanya tentang rumor tersebut.

Sementara itu, Presiden Defensa Diego Lemme tidak terkejut mendengar rumor tersebut. Dia mengatakan kepada Como te va : “Ketika kami membawanya ke Defensa, kami mengatakan kepadanya bahwa dia adalah pemain untuk Real Madrid. Saya harap dia bisa sampai ke Eropa, dia memiliki bakat yang lebih dari cukup,” kata Diego.

Raksasa Spanyol memang bukan satu-satunya klub Eropa yang tertarik kepada Fernandez. Dalam beberapa pekan terakhir, dua klub Italia (Inter dan AC Milan) dan rival Liga Madrid, Sevilla, juga telah dikaitkan dengan bintang muda itu. Begitu juga dengan Man City ingin menghadirkan Fernandez untuk melihat kemitraannya dengan Alvarez berlanjut di Liga Premier.

Namun, untuk saat ini, prioritas Fernandez sudah jelas. Dia terus membintangi River di kandang dan di Libertadores, di mana mereka membuat awal yang kuat saat mengalahkan Alianza Lima 1-0 di laga tandang musim ini.

Dia juga berusaha untuk tetap dalam performa terbaik demi mencuri perhatian pelatih Argentina, Lionel Scaloni. Meski dia sudah masuk ke dalam skuad kualifikasi Piala Dunia November, dia belum mendapatkan debutnya di level internasional.

Turnamen final mungkin datang sedikit terlalu cepat untuk sang gelandang, tetapi jika dia terus tampil mengesankan dengan penampilannya yang penuh aksi, Scaloni mungkin mempertimbangkan untuk membawanya ke Qatar sebagai pengganti yang siap pakai untuk Rodrigo de Paul.

Yang jelas, kita akan mendengar lebih banyak dari Fernandez di bulan-bulan mendatang, dan tidak mengherankan jika dia mengikuti Alvarez ke salah satu tim elite Eropa.

(atmaja wijaya/yul)

Baca Berita yang lain di Google News




  • 0%Suka
  • 0%Lucu
  • 0%Sedih
  • 0%Kaget

Opini

(500 Karakter Tersisa)

Artikel Pilihan


Daun Media Network