Timnas U-19 Selesai TC, Nova Arianto: Ada Pemain yang Belum Berkembang

"Apa langkah untuk skuad Garuda Muda selanjutnya?"

Analisis | 14 April 2022, 12:22
Timnas U-19 Selesai TC, Nova Arianto: Ada Pemain yang Belum Berkembang

Libero.id - Pemusatan latihan (TC) Timnas U-19 di Korea Selatan rampung digelar, sejumlah uji coba dengan klub-klub lokal dan Timnas U-19 Korea Selatan jadi oleh-oleh evaluasi untuk skuad Garuda Muda.

Pada laga uji coba terakhir, Timnas U-19 Indonesia kembali harus mengalami kekalahan telak atas Yeungnam University dengan skor 3-1 pada Rabu (13/4/).

Tentunya ada banyak sekali pelajaran yang dipetik, dan perkembangan pemain merupakan salah satu yang mutlak. Namun asisten pelatih Nova Arianto  menggarisbawahi satu hal, dimana ia menyebut ada pemain yang belum berkembang selama di negeri gingseng tersebut. Hanya saja Nova tidak menyebut secara spesifik.

Hal itu dikonfirmasi dalam unggahan akun Instagram pribadinya. Dalam sebuah caption yang agak panjang, Nova menulis.

"Akhirnya TC Timnas U 19 di Yeongdeok dan Daegu Korea telah berakhir dan kami menilai ada pemain yang berkembang dengan baik," tulisnya mengawali.

"Dan ada pemain yg belum bisa berkembang tetapi head coach sampaikan pemain di usia mereka akan sangat cepat berkembang setiap bulannya," lanjutnya.

"Tetapi pemain harus tau kekurangan masing-masing dan mau kerja keras untuk memperbaikinya," 

Menurut Legenda Persib Bandung itu, ada beberapa aspek yang harus dikembangkan oleh para pemain muda. Antara lain  mental bertanding.dan  kemampuan fisik dasar harus diperkuat.

"Di sepak bola kita bisa melakukan apa saja apabila kita mempunyai dasar yg kuat dalam segala hal, selain mental,"

"Salah satu kekurangan pemain saat ini masalah fisik dasar mereka yg belum kuat karena apabila kita punya fisik yg kuat,"

"Pemain bisa mekakukan apa saja di lapangan termasuk main body dengan lawan," imbuhnya.


Nova Arianto juga tetap berpesan agar seluruh pemain tetap mengingat dan menerapkan pola latihan yang ketat sebagaimana selama TC.

"Selamat kembali ke tanah air selalu ingat dengan apa yg kalian dapatkan selama TC di Korea,"

"Banyak latihan di gym dan makan yg baik dan banyak utk membentuk otot kalian," 

Selanjutnya skaud Garuda Muda akan terus digembleng dengan sejumlah persiapan. Mari kita do'akan agar banyak perubahan positif sehingga bisa menjadi modal yang kuat untuk Ronaldo Kwateh dan rekan-rekan untuk mentas di Piala Dunia U-20 2023 mendatang.

(gigih imanadi darma/gie)

Baca Berita yang lain di Google News




  • 0%Suka
  • 0%Lucu
  • 0%Sedih
  • 0%Kaget

Opini

(500 Karakter Tersisa)

Artikel Pilihan


Daun Media Network