Kenalkan Tom Rothe, Pencetak Gol Termuda di Laga Debut Bundesliga

"Bayangkan, hanya 24 menit setelah debut untuk cetak gol. Cek videonya!"

Biografi | 18 April 2022, 18:14
Kenalkan Tom Rothe, Pencetak Gol Termuda di Laga Debut Bundesliga

Libero.id - Bundesliga tidak pernah berhenti menyaksikan anak muda berbakat mencatatkan pencapaian gemilang. Yang paling baru adalah Tom Rothe. Pemain Borrusia Dortmund itu langsung mencetak gol di laga debut dalam usia 17 tahun 169 hari. Dia jadi yang termuda melakukannya.

Akhir pekan lalu akan dicatat dalam buku sejarah kompetisi elite Jerman dengan kelahiran seorang calon bintang. Saat itu, Dortmund berhasil mengalahkan VfL Wolfsburg 6-1.

Tapi, bukan hasil pertandingan yang menjadi pembicaraan banyak orang. Para pengemar sepakbola Jerman lebih tertarik membicarakan aksi Rothe. Entah apa alasannya, pemuda kelahiran 2004 itu sengaja dimasukkan Marco Rose ke starting line-up melawan Die Wolfe.

Keputusan yang ternyata tepat. Sebab, hanya butuh 24 menit setelah kick-off, Rothe membuka keunggulan Dortmund melalui sebuah sundulan di tiang dekat. Setelah itu, lima gol lain dicetak Axel Witsel, Manuel Akanji, Emre Can, dan Erling Haaland (dua gol).

"Ini luar biasa. Saya merinding. Dan, itu tak terlukiskan. Tidak ada yang pernah menyangka saya melakukan ini," kata Rothe setelah pertandingan kepada Sky Sports Germany.

Memiliki nama lengkap Tom Alexander Rothe, pemuda berpostur 192 cm itu berposisi sebagai bek kiri. Dirinya bukan produk akademi Dortmund, melainkan St Pauli. Rothe datang ke Signal Iduna Park pada transfer window musim panas 2021. Oleh media di Jerman, mainnya dianggap mirip Roberto Carlos, meski posturnya sangat tinggi.

"Tentu saja kami sudah memasukkan Tom dalam daftar (pemain utama) untuk waktu lama. Kami tahu kualitasnya. Dia berada di kamp pelatihan musim panas dan umumnya melakukan pekerjaan yang sangat baik. Sudah waktunya untuk memberikan kesempatan lebih kepada anak ini," kata Rose.

Sebagai pemain masa depan Jerman, Rothe juga sudah mendapatkan panggilan tim nasional, meski di level junior. Dia tercatat memiliki satu caps untuk Jerman U-17 dan tiga caps untuk Jerman U-19.

"Dengan gol itu, dia akan mendapat lebih banyak kepastian. Seperti yang saya tahu, Tom memiliki permainan yang sangat bagus  untuk ukuran anak seusianya. Itu menginspirasi. Saya harap ini akan penting untuk Dortmund, untuk dapat terus melahirkan bakat-bakat muda," pungkas Rose.

(mochamad rahmatul haq/anda)

Baca Berita yang lain di Google News




Hasil Pertandingan Borussia Dortmund


  • 0%Suka
  • 0%Lucu
  • 0%Sedih
  • 0%Kaget

Opini

(500 Karakter Tersisa)

Artikel Pilihan


Daun Media Network