Momen Super Langka! 3 Striker Indonesia Cetak Gol di Laga Uji coba Timnas U-23

"Apakah ini sinyal Shin Tae-yong sudah punya posisi No.9?"

Analisis | 21 April 2022, 19:00
Momen Super Langka! 3 Striker Indonesia Cetak Gol di Laga Uji coba Timnas U-23

Libero.id - Muhamad Ridwan, Irfan Jauhari, dan Ronaldo Kwateh menunjukkan kemampuan terbaik saat tim nasional Indonesia U-23 menjalani uji coba perdana dalam TC di Korea Selatan. Menghadapi Andong University di Haemaji Football Field, Kamis (21/4/2022), ketika striker murni itu mencetak gol.

Setelah beberapa hari berlatih, Timnas U-23 mulai mengagendakan pertandingan uji coba. Sebelum melawan dua klub K.League, Pohang  Steelers (23/4/2022) dan Daejon Hana Citizen (27/4/2022), Garuda Muda terlebih dulu berjumpa tim universitas. 

Melawan Andong University, Indonesia tampil cukup bagus. Di babak pertama skuad asuhan Shin Tae-yong unggul 2-1. Dua gol Indonesia dilesakkan Irfan Jaya pada menit ketujuh dan Ridwan (21) lewat tendangan penalti. Di babak kedua, timnas U-23 menambah dua gol melalui Ronaldo (88) dan Jauhari (90) untuk melengkap skor akhir 4-2.

Terlepas dari lini belakang yang harus kecolongan dua gol, keberhasilan Ridwan, Ronaldo, dan Jauhari mencetak gol layak diacungi dua jempol. Apalagi, Jauhari dan Ridwan masuk starting line-up.

Jika mampu mempertahankan performa dengan mencetak gol pada dua pertandingan uji coba selanjutnya, potensi Ridwan, Ronaldo, atau Jauhari menjadi penyerang utama timnas U-23 terbentang sangat luas di depan mata. Pasalnya, pekerjaan rumah para pelatih Indonesia adalah mencari pemain di posisi No.9. 

Sejak Tae-yong menjadi pelatih skuad binaan PSSI, sederet nama penyerang tengah diberi kesempatan. Nama-nama seperti Bagus Kahfi, Taufik Hidayat, Ezra Walian, Hanis Sagara, Kushedya Hari Yudo, Muhamad Rafli, Dedik Setiawan, hingga Ilija Spasojevic sudah diberi kesempatan. Tapi, semuanya mengecewakan.

Usaha Shin Tae-yong untuk mendapatkan penyerang-penyerang tajam seperti Peri Sandria, Rochi Putiray, Kurniawan Dwi Yulianto, Ilham Jaya Kesuma, Bambang Pamungkas, atau Gendut Doni tidak pernah padam. 

Buktinya, dalam TC di Negeri Ginseng, Shin Tae-yong membawa empat penyerang murni. Mereka adalah Sagara, Jauhari, Ronaldo, dan Ridwan. Sagara sebelumnya juga ikut tampil di Piala AFF 2020. Sementara Ronaldo adalah anggota timnas U-19 yang sempat menjalani debut senior melawan Timor Leste.

Untuk Jauhari, mantan penyerang Bali United itu musim lalu bermain untuk Persis Solo di Liga 2 sebelum dipinjamkan ke Persija Jakarta di Liga 1. Uniknya, selama mengikuti putaran kedua, Jauhari tampil moncer. Dari 15 pertandingan, pemuda kelahiran Ngawi, 31 Januari 2001, itu mencetak lima gol. 

Sementara Ridwan, musim lalu memperkuat Persik Kediri. Meski hanya mencetak satu gol saat melawan Persita Tenggerang, posturnya, 183 cm, menarik Shin Tae-yong. Pemain seangkatan Egy Maulana Vikri dan Witan Sulaeman di SKO Ragunan itu bisa jadi solusi bola-bola atas Garuda Muda. 

"Saya terus mendapat laporan dari Shin Tae-yong dan Indra Sjafri soal perkembangan pemain. Saya senang pemain terus menunjukkan performa yang bagus. Saya senang tim U-23 bisa menang di uji coba pertama," ujar Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan, di situs resmi PSSI.

(andri ananto/anda)

Baca Berita yang lain di Google News




  • 0%Suka
  • 0%Lucu
  • 0%Sedih
  • 0%Kaget

Opini

(500 Karakter Tersisa)

Artikel Pilihan


Daun Media Network