Tanpa Ronaldo dan Maguire? Bagaimana Man United Era Erik ten Hag

"Analisis MU musim depan jika pelatih baru tidak butuh CR7 dan Maguire."

Analisis | 22 April 2022, 12:00
Tanpa Ronaldo dan Maguire? Bagaimana Man United Era Erik ten Hag

Libero.id - Erik ten Hag akan mengambil alih kendali Manchester United pada musim panas ini. Pertanyaannya, apakah pelatih Ajax Amsterdam itu akan mempertahankan Cristiano Ronaldo dan Harry Maguire? Jika tidak, bagaimana Setan Merah akan bermain musim depan? 

Pemilihan Ten Hag sebagai pengganti Ralf Rangnick tidak terlalu mengejutkan. Pasalnya, sejak lama, pria asal Belanda itu sudah masuk radar keluarga Glazer. 

Yang membuat banyak orang penasaran adalah bagaimana MU akan bermain dengan Ten Hag duduk di bench? Dalam hal formasi, Ten Hag biasanya menggunakan 4-4-2 selama tahun-tahun awal karier kepelatihannya sebelum pindah ke 4-3-3 sesuai tradisi Ajax.

Tapi, akhir-akhir ini, Ten Hag lebih sering bermain dengan 4-2-3-1. Ini jelas akan lebih mudah diterapkan di skuad MU mengingat pola yang sama pernah digunakan Ole Gunnar Solskjaer.

Sama seperti Rangnick, Ten Hag juga menyukai tim yang memainkan gaya sepakbola energik dan berorientasi pada penguasaan bola dengan para pemain lebih menekan dari depan. Hanya saja Rangnick belum dapat sepenuhnya menerapkan pola ini dalam empat bulan karena bukan dia yang memilih pemain MU. Selain itu, kebugaran pemain juga buruk.

Jadi, untuk pendekatan yang intensif, Ten Hag harus meningkatkan stamina pemain-pemain MU. Dia juga harus bisa membuat mereka bermain dengan komitmen dan dorongan yang lebih besar.

Itu akan lebih mudah karena Ten Hag akan mengelola tim dari awal musim. Artinya, dia bisa mengajukan daftar belanja sendiri. Dia bisa memilih pemain-pemain yang dibutuhkan untuk menunjang taktik, strategi, dan filosofi permainan yang ingin dikerjakan di Old Trafford.

Pertanyaan berikutnya, pemain mana dalam skuad MU saat ini yang kemungkinan besar cocok dengan gaya bermain Ten Hag? Fred, Bruno Fernandes, Jadon Sancho, dan Scott McTominay adalah pemain yang paling banyak menekan. Jadi, seharusnya tidak ada masalah dalam beradaptasi. 

Paul Pogba juga memiliki statistik yang baik dalam menekan dari pertahanan musuh. Tapi, diperkirakan gelandang Prancis itu akan pergi ketika kontraknya berakhir pada musim panas ini.

Pressing tinggi juga merupakan salah satu kelebihan  permainan Donny van de Beek. Dan, ketika Ten Hag mengambil alih di MU, 99% Van de Beek akan diminta pulang dari masa peminjaman di Everton. Apalagi, dirinya merupakan jebola Ajax di era Ten Hag.

Jika pemain-pemain itu diinginkan Ten Hag, berarti ada yang terbuang. Dalam barisan ini, pelatih berkepala plontos itu tampaknya akan membuang pemain-pemain berusia senja. Juan Manuel Mata dan Edinson Cavani akan habis kontrak pada musim panas ini. Begitu pula Nemanja Matic yang telah mengkonfirmasi kepergiannya.

Yang akan membuat banyak penggemar MU penasaran adalah keberadaan Ronaldo. Bagaimana nasib CR7 musim depan?

Melihat sejarah dan kebiasaan, pemain seperti Ronaldo bukan yang dibutuhkan Ten Hag. Karakter dan gaya serangan Ten Hag sangat mengandalkan kerjasama yang rapi dari para pemain depannya. Sementara CR7 adalah tipe pemain yang ingin dilayani, yang selalu berusaha menonjolkan diri.

Jadi, keputusan besar harus dibuat tentang apakah superstar Portugal yang produktif itu akan dipertahankan di set-up baru milik Ten Hag atau tidak?

Selain itu, perlu diingat bahwa mendatangkan striker baru menjadi prioritas teratas MU musim panas ini dengan Harry Kane jadi objek khusus. Tapi, Ten Hag juga bisa mempertimbangkan Marcus Rashford, yang sedang menurun. Ten Hag diyakini bisa membangkitkan Rashford. Sebab, di Ajax, dia menghidupkan kembali karier Sebastien Haller setelah mengalami masa sulit di West Ham United. 

Tapi, bukan hanya Ronaldo yang harus diambil keputusannya segera. Ten Hag wajib menentukan duet untuk bek tengah pilihan pertama. Apakah Raphael Varane, Victor Lindelof, Eric Bailly, atau Maguire?

Keputusan Ten Hag tentang Maguire akan menjadi yang paling disorot. Itu karena statusnya sebagai kapten tim. Di sisi lain, Maguire musim ini kebanjiran kritik karena performa yang sangat buruk. Bahkan, sebua petisi online yang diteken 35.000 orang meminta ban kapten dicopot dan Maguire dijual.

Karena itu, layak ditunggu langkah yang akan diambil Ten Hag saat secara resmi datang ke Old Trafford dan memulai pekerjaannya.

(diaz alvioriki/anda)

Baca Berita yang lain di Google News




Hasil Pertandingan Manchester United


  • 0%Suka
  • 0%Lucu
  • 0%Sedih
  • 0%Kaget

Opini

(500 Karakter Tersisa)

Artikel Pilihan


Daun Media Network