Kisah Malang Santi Mina, Dari Striker Berbakat ke Calon Penghuni Penjara

"Pepatah mengatakan, akibat nila setitik rusak susu sebelanga."

Biografi | 06 May 2022, 17:00
Kisah Malang Santi Mina, Dari Striker Berbakat ke Calon Penghuni Penjara

Libero.id - Hidup seperti roda yang berputar. Jika saat ini ada di atas, besok bisa di bawah. Contohnya, Santiago Mina Lorenzo, salah satu penyerang berbakat yang pernah dilahirkan dari Akademi Celta Vigo. Kini, dia terancam masuk penjara karena sebuah kejahatan seksual.

Lahir di Vigo, 7 Desember 1995, Mina merupakan produk asli La Celeste. Dia berada di sana sejak 2005 dan naik kelas ke Celta Vigo B pada 2012 sebelum promosi ke tim utama setahun kemudian. 

Sempat memperkuat Valencia selama empat musim sejak 2015, penyerang berpostur 180 cm tersebut kembali ke almamaternya pada 2019, dan bermain hingga musim ini. 

Berkat penampilan yang sangat bagus dan konsisten bersama Celta Vigo maupun Valencia, Mina sempat mendapatkan kesempatan membela tim nasional Spanyol di level junior. Dia bermain pada banyak pertandingan Spanyol U-18, U-19, hingga U-21.

Sayang, karier cemerlang Mina harus berakhir di Pengadilan Kriminal Spanyol. Dia terancam mendekam di penjara dalam waktu lama jika proses banding yang diajukan tidak berhasil. Apa masalahnya?

Kasus yang dialami pemain berusia 26 tahun itu telah berlangsung sejak 2019. Saat itu, Mina mendapatkan tuduhan memperkosa wanita teman rekan setimnya di Valencia, David Goldar. Kejadian itu pada 2017 di sebuah mobil caravan saat mereka bersama-sama berkemah di Mallorca.

Dalam proses persidangan Mina dan Goldar mengatakan wanita itu menyetujui hubungan seksual yang dilakukan. Tapi, pengacara korban menyebut Goldar tidak melakukan apa pun untuk menghentikan Mina memperkosa kliennya. Jaksa penuntut umum kemudian menuntut Mina dengan hukuman penjara 8 tahun. Sedangkan pengacara korban menuntut 9,5 tahun.

Dalam proses persidangannya, Goldar kemudian dinyatakan tidak bersalah atas dakwaan membantu Mina melakukan kejahatan, meski awalnya dituntu 4,5 tahun penjara.

Bagaimana dengan Mina? Pengadilan menjatuhkan vonis penjara 4 tahun setelah dinyatakan terbukti secara sah dan meyakinkan melakukan tindak pidana pelecehan seksual. Mina juga dikenai denda 50.000 euro (Rp763 miliar). Tapi, penyerang berusia 26 tahun itu baru akan masuk hotel prodeo jika banding yang diajukan ditolak.

Meski masih banding, keputusan pengadilan tingkat pertama ternyata sudah cukup bagi manajemen Celta Vigo mengambil sikap. Mereka memutuskan memecat dan mengusir Mina dari klub. 

Celta menekankan bahwa penangguhan Mina dari kegiatan tim senior adalah tindakan "pencegahan" setelah hukumannya diputusakan. "Kami adalah klub yang taat hukum dan menghormati hak-hak kaum perempuan. Pelecehan seksual tidak dapat dibenarkan di klub kami," bunyi rilis resmi Celta Vigo.

(atmaja wijaya/anda)

Baca Berita yang lain di Google News




  • 0%Suka
  • 0%Lucu
  • 0%Sedih
  • 0%Kaget

Opini

(500 Karakter Tersisa)

Artikel Pilihan


Daun Media Network