Pesta Gol ke Gawang Nepal, Indonesia Lolos ke Piala Asia 2023

"Berharap keajaiban di China nanti."

Analisis | 15 June 2022, 04:20
Pesta Gol ke Gawang Nepal, Indonesia Lolos ke Piala Asia 2023

Libero.id - Indonesia lolos ke Piala Asia 2023. Kepastian itu diperoleh skuad Garuda setelah pesta gol ke gawang Nepal, 7-0, di Jaber Al-Ahmad International Stadium, Kuwait, Rabu (15/6/2022) dini hari WIB.

Kemenangan itu otomatis menyegel posisi Indonesia selaku runner-up Grup A di belakang Yordania. Indonesia berhak lolos setelah mengoleksi enam angka, terpaut tiga angka dari Yordania.

Permainan Indonesia di bawah kendali Shin Tae-yong memang begitu taktis. Terbukti, Dimas Drajad sudah memberikan keunggulan Indonesia pada menit keenam.

Disusul dua gol Witan Sulaeman (43, 81), Fachruddin Aryanto (54), Saddil Ramdani (55), Elkan Baggott (80), dan Marselino Ferdinan (90). Khusus Baggott, ini menjadi gol perdananya bersama timnas Indonesia.

Kemenangan ini tentu saja memberi angin segar bagi dunia sepakbola di Tanah Air, apalagi mendapat kemenangan besar di laga penentuan lolos ke Piala Asia 2023 yang bakal digelar di China nanti.

Selain itu, keberhasilan ini menjadi kesuksesan PSSI yang menunjuk Shin Tae-yong sebagai pelatih kepala. Maklum, sejak ditangani pelatih asal Korea Selatan itu, sepakbola Indonesia mengalami peningkatan drastis.

Walau menjalani babak kualifikasi Piala Asia 2023 lewat jalur play-off, Indonesia mampu menjawab kritikan bakal gagal dengan senyum lebar untuk melangkah ke Negeri Tirai Bambu.

Mereka melibas tuan rumah Kuwait, 2-1, secara meyakinkan, meski kandas dari Yordania dengan skor tipis 0-1. Dan, kesempatan lolos Indonesia saat menghadapi Nepal dimaksimalkan sebaik mungkin dengan pesta gol.

Keberhasilan ini membuat Indonesia untuk kelima kalinya bakal tampil di Piala Asia setelah edisi 1996, 2000, 2004, dan terakhir 2007 saat Indonesia bertindak sebagai tuan rumah bersama Vietnam, Malaysia, dan Thailand.

Sayang, capaian terbaik Indonesia di Piala Asia selalu mentok di babak penyisihan grup. Kini, saatnya bagi Garuda untuk menjawab keraguan tersebut.

Mampukah Indonesia mencapai prestasi lebih baik ketika menghadapi negara raksasa sepakbola Asia nanti? Kita tentunya tinggal mendoakan agar Shin Tae-yong dapat mewujudkan harapan masyarakat Indonesia yang sudah sangat lama menantikan keajaiban itu terjadi.

Baca Berita yang lain di Google News




  • 0%Suka
  • 0%Lucu
  • 0%Sedih
  • 0%Kaget

Opini

(500 Karakter Tersisa)
CoolRabbit (2022-06-15 09:52:48)
Elkan baggot bukannya gol yg kedua ya bersama Timnas? Gol pertama sewaktu kalahkan Malaysia 4-1 di Piala Tiger 2020
Komentar Selengkapnya

Artikel Pilihan


Daun Media Network