Dahsyat, PSSI Ingin Ajukan Indonesia Jadi Tuan Rumah Piala Asia 2023

"Pengalaman jadi tuan rumah berbagai event olahraga..."

Berita | 16 June 2022, 17:38
Dahsyat, PSSI Ingin Ajukan Indonesia Jadi Tuan Rumah Piala Asia 2023

Libero.id - Indonesia sudah cukup sering menjadi tuan rumah berbagai event olahraga, baik itu multievent ataupun olahraga tunggal. Termasuk sepakbola. Baik itu di level kelompok umur maupun senior. Dan kesempatan itu terbuka dalam ajang Piala Asia 2023 usai tuan rumah yang ditetapkan yakni China mengundurkan diri.

Secara syarat-syarat administrasi, bisa dikatakan Indonesia sudah memenuhi. Terutama setelah tim besutan Shin Tae-yong memastikan tiket ke putaran final Piala Asia 2023 sebagai runner-up terbaik.

Dalam pada itu, PSSI berencana mengajukan diri sebagai tuan rumah kompetisi sepakbola paling bergengsi di Asia itu. Hal itu sebagai respon karena beberapa waktu lalu, Konfederasi Sepak Bola Asia (AFC) mengabarkan membuka peluang bagi negara peserta yang ingin mengajukan diri sebagai tuan rumah.

''Saat Kongres PSSI itu belum ada keterangan bahwa AFC [menawarkan] bidding tuan rumah ke tim yang lolos saja. Sekarang, setelah Indonesia lolos, kami pasti akan mengajukan tuan rumah,'' kata  Anggota Komite Eksekutif (Exco) PSSI, Haruna Soemitro, pada Rabu (15/6).

Sebelumnya, Indonesia pernah jadi tuan rumah bersama di edisi Piala Asia 2007.

''Kami memang berminat ikut bidding itu, iya,'' lanjut sosok yang pernah mengkritik Shin Tae-yong karena dianggap gagal di Piala AFF 2020.

Sebelumnya, Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan juga telah menanggapi peluang Indonesia menjadi tuan rumah Piala Asia. Dalam Kongres Tahunan PSSI, Iriawan mengatakan hal itu akan dibicarakan lebih dulu secara internal.

"Tentunya ini suatu momen yang bagus. Tetapi, kami harus merumuskan dalam rapat exco. Bagi kami, ini adalah suatu kesempatan yang bagus," kata Iriawan.

"Semua harus kami sampaikan dalam rapat exco yang dalam waktu dekat akan kami lakukan. Nanti hasilnya akan kami sampaikan," kata pria yang akrab disapa Iwan Bule.

Indonesia pernah menjadi tuan rumah di edisi 2007. Kala itu, Indonesia menjadi tuan rumah bersama dengan Malaysia, Vietnam dan Thailand --- fakta menariknya 4 negara ASEAN ini lolos Piala Asia 2023 melalui babak kualifikasi.

(gigih imanadi darma/gie)

Baca Berita yang lain di Google News




  • 0%Suka
  • 0%Lucu
  • 0%Sedih
  • 0%Kaget

Opini

(500 Karakter Tersisa)

Artikel Pilihan


Daun Media Network