Batal Diganti, PSSI Pastikan Shin Tae-yong Tetap Pegang Timnas Senior

"PSSI yang berwacana. PSSI juga yang membatalkan. Bagaimana ini.."

Analisis | 17 June 2022, 00:42
Batal Diganti, PSSI Pastikan Shin Tae-yong Tetap Pegang Timnas Senior

Libero.id - Wacana PSSI menggantikan posisi Shin Tae-yong di timnas senior agar fokus bersama Indonesia U-20 mentah sebelum terealisasi. Desakan dari banyak pihak agar pelatih asal Korea Selatan itu tetap memegang semua level tim nasional akhirnya membuat PSSI menyerah.

Skuad Merah-Putih telah tiba kembali di Jakarta pada Kamis (16/6/2022) seusai mengikuti Kualifikasi Piala Asia 2023 . Mayoritas pemain pulang kecuali Marc Klok yang liburan ke Dubai, Elkan Baggott yang kembali ke Inggris, Asnawi Mangkualam Bahar yang menuju Korea Selatan, serta Pratama Arhan yang balik ke Jepang.

Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan, didampingi anggota Exco Haruna Soemitro dan Sekjen Yunus Nusi menyambut skuad Merah Putih di Bandara Soekarno Hatta, Tangerang. Hadir pula para penggemar tim Garuda yang menanti dengan penuh kegembiraan.

Iwan Bule menyatakan Shin Tae-yong akan tetap memegang kendali sebagai pelatih timnas di semua tingkatan. Keberhasilan Shin Tae-yong membawa Indonesia lolos ke putaran final Piala Asia 2023 menjadi alasan utama PSSI membuat keputusan tersebut. 

"Kemarin kita (PSSI) diskusikan kembali. Karena hasil (Kualifikasi Piala Asia 2023) luar biasa ya, jadi (timnas) senior masih dipegang sama Shin (Tae-yong)," ujar Iriawan kepada sejumlah awak media. 

Tim Garuda merebut tiket Piala Asia 2023 dengan status runner-up terbaik setelah di laga terakhir mengalahkan Nepal 7-0 dan Kuwait takhluk 0-3 dari Yordania. Tergabung di Grup A, Indonesia yang mengoleksi enam poin menduduki peringkat kedua klasemen. Pasukan Shin Tae-yong menyingkirkan Kuwait dan Nepal. 

Keberhasilan tersebut mengakhiri penantian 16 tahun untuk kembali ke pentas bergengsi Asia. Sebelumnya, Indonesia sudah empat kali ambil bagian, yaitu pada 1996, 2000, 2004, dan 2007. 

Uniknya, sebelum kompetisi berlangsung, Iriawan sempat mengungkapkan Shin Tae-yong kewalahan memegang semua level timnas. Purnawirawan Polri itu berencana meminta Shin Tae-yong fokus ke timnas U-20 untuk mempersiapkan Piala Dunia U-20 2023. 

Namun, wacana yang dilontarkan Iriawan mendapatkan tentangan banyak pihak. Apalagi, tim Garuda mampu mencapai target lolos ke Piala Asia 2023. Jadi, untuk menghindari polemik lebih lanjut, PSSI memastikan posisi Shin Tae-yong tidak akan berubah.

"Timnas U-23 kita lihat nanti. Yang jelas senior sama U-20 sudah pasti. Nanti kami berdiskusi dengan yang bersangkutan. Kalau beliau mau U-23, silakan. Yang jelas senior dan U-20 dipegang Shin Tae-yong," ucap Iriawan.

Selain memastikan posisi Shin Tae-yong, PSSI juga menggelontorkan bonus untuk timnas. PSSI memberi uang tunai Rp1,5 miliar. Ada lagi Presiden Arema FC, Gilang Widya Pramana (Juragan 99), memberikan Rp500 juta.

"Alhamdulillah timnas Indonesia sudah mendarat di Tanah Air. Terima kasih kepada seluruh pemain, pelatih, dan ofisial yang sudah berjuang untuk Indonesia. Kami juga memberikan bonus atas keberhasilan lolos ke Piala Asia 2023. Semoga pemain tetap fokus, disiplin, kerja keras demi hasil terbaik di Piala Asia 2023," ungkap Iriawan.

(andri ananto/anda)

Baca Berita yang lain di Google News




  • 0%Suka
  • 0%Lucu
  • 0%Sedih
  • 0%Kaget

Opini

(500 Karakter Tersisa)

Artikel Pilihan


Daun Media Network