Peringkat 5 Pemain Terbaik Brasil di Barcelona

"Apakah Raphinha bakal sukses seperti mereka?"

Analisis | 17 July 2022, 23:54
Peringkat 5 Pemain Terbaik Brasil di Barcelona

Libero.id - Barcelona mengkonfirmasi bahwa mereka telah mencapai kesepakatan dengan Leeds United untuk transfer pemain sayap Brasil, Raphinha, pada Rabu (13/07/2022).

Pemain internasional Brasil itu secara luas dianggap sebagai salah satu pemain sayap paling berbakat di dunia. Dengan kecepatannya yang menghancurkan, mobilitas yang rapi, dan umpan silang yang cerdas, Raphinha dapat membuka pertahanan yang paling ketat.

Di bawah komando Xavi Hernandez, pemain berusia 25 tahun itu memiliki peluang untuk menjadi lebih baik.

Raphinha bergabung dalam daftar elite pesepakbola Brasil yang bermain untuk Barcelona. Sebagian besar dari mereka memiliki sifat flamboyan khas Brasil, tetapi tidak semua berhasil seperti yang diharapkan banyak orang.

Hari ini, kita akan melihat lima pemain Brasil yang membuat sejarah dan berkembang di ibu kota Catalunya.

#5 Ronaldo Nazario

Ronaldo Nazario secara luas dipuji sebagai salah satu pemain terbaik dalam sejarah sepakbola. Striker itu cepat, memiliki stamina yang tak ada habisnya, dan memiliki bakat untuk berada di tempat yang tepat pada waktu yang tepat. Dia berada di Barcelona hanya satu musim, tetapi itu sudah cukup untuk menunjukkan kepada dunia seperti apa kualitasnya.

Ronaldo bergabung dengan raksasa Catalunya pada musim panas 1996 dari PSV Eindhoven. Dia dengan mudah menetap di klub dan mulai mencetak banyak gol untuk bersenang-senang.

Selama musim 1996/1997, pemenang Piala Dunia 2002 itu mencetak 47 gol dalam 49 penampilan di seluruh kompetisi. Dia menyelesaikan musim sebagai pencetak gol terbanyak La Liga dengan 34 gol.

Ronaldo kehilangan gelar Spanyol musim itu, tetapi memenangkan Copa del Rey, Piala Super Spanyol, dan Piala Winners UEFA.

Di balik musim yang luar biasa, Ronaldo memenangkan Ballon d'Or pertamanya pada 1997.

#4 Neymar

Barcelona mendatangkan Neymar dari Santos seharga 88 juta euro (Rp 1,3 triliun) pada musim panas 2013. Itu termasuk biaya transfer yang mengejutkan karena Neymar belum pernah bermain di luar Brasil sebelumnya.

Namun, dalam beberapa bulan, semua kekhawatiran tentang harga mahalnya mulai menguap, di mana dia secara teratur muncul dengan menjadi pemain penting.

Pemain sayap kiri itu menikmati musim terbaiknya musim 2014/2015 dengan membantu Blaugrana meraih treble kedua dalam sejarah. Neymar mencetak 39 gol dan memberikan 10 assist dalam 51 penampilan di berbagai kompetisi musim itu.

Dua musim kemudian, Neymar secara tak terduga meninggalkan klub untuk pergi ke Paris Saint-Germain. PSG membayar Barcelona dengan rekor transfer sebesar 222 juta euro (Rp 3,3 triliun) untuk mengaktifkan klausul pelepasannya.

Sebelum berangkat ke Paris, pemain berusia 30 tahun itu mencetak 105 gol dan memberikan 76 assist dalam 186 pertandingan untuk tim yang bermarkas di Camp Nou tersebut.

Gol dan assistnya membantu Barca meraih dua gelar La Liga, satu kemenangan Liga Champions, dan tiga Piala Spanyol.

#3 Rivaldo

Rivaldo bergabung dengan Barcelona dari Deportivo La Coruna pada musim panas 1997, musim yang sama saat Ronaldo meninggalkan klub dan pergi ke Inter Milan.

Rivaldo bisa bermain di beberapa posisi dengan mudah. Antara 1997 hingga 2002, dia bermain di setiap posisi yang dianggap cocok untuk dimainkan oleh pelatihnya dan membuat dampak yang diinginkan.

Rivaldo menikmati musim terbaiknya bersama Blaugrana pada musim 1998/1999 dengan mencatatkan 29 gol dan 19 assist dalam 48 pertandingan di berbagai kompetisi. Sebanyak 24 gol dan 16 assistnya dalam 37 pertandingan La Liga membantu Barca meraih gelar liga.

Kontribusi pemain Brasil itu tidak luput dari perhatian, karena dia dianugerahi Ballon d'Or pada 1999.

Rivaldo memainkan total 235 pertandingan untuk klub La Liga dalam lima musim dan mengantongi 130 gol dan 44 assist. Dia juga memenangkan satu gelar liga, satu Piala Spanyol, dan satu Piala Super UEFA selama tinggal di Camp Nou.

#2 Dani Alves

Dani Alves pindah ke Barcelona dari Sevilla pada musim panas 2008. Di musim debutnya, bek kanan itu membantu klub meraih treble pertama mereka, menyumbang lima gol dan 14 assist dalam 54 pertandingan di semua kompetisi.

Alves mencapai prestasi itu lagi di musim 2014/2015, memberikan 11 assist dalam 46 pertandingan di seluruh kompetisi saat Barca meraih treble kedua mereka.

Alves meninggalkan klub dan hijrah ke Juventus pada 2016, tetapi kembali musim lalu dan menjadi rekrutan pertama mantan rekan setimnya yang kini menjabat pelatih, Xavi.

Dia menandatangani kontrak enam bulan dengan klub, yang mungkin mengharapkan ada perpanjangan. Barca, bagaimanapun, punya ide lain, karena dia membiarkannya pergi sebagai agen bebas musim panas ini.

Selama dua musim, Alves memainkan 408 pertandingan untuk Barca, mengantongi 22 gol dan 105 assist.
Kontribusinya membantu klub meraih enam gelar La Liga, tiga trofi Liga Champions, dan empat Piala Spanyol.

#1 Ronaldinho

Barca mendapat hak istimewa untuk memiliki Ronaldinho di masa jayanya, berlari mengelilingi lawan dan menjatuhkan rahang dengan setiap sentuhan.

Ronaldinho bergabung dengan klub dari Paris Saint-Germain pada musim panas 2003. Dia mencetak 22 gol dan memberikan 11 assist dalam 45 pertandingan di seluruh kompetisi untuk raksasa Catalunya di musim debutnya, tetapi klub gagal memenangkan trofi.

Nasibnya berubah pada musim berikutnya ketika sembilan golnya dan 15 assist La Liga dalam 35 pertandingan membawa mereka meraih gelar liga. Ronaldinho dianugerahi Ballon d'Or berkat musim briliannya pada 2005.

Musim 2005/2006 menandai periode terbaik dalam karier Ronaldinho di Barca. Klub memenangkan liga dan Liga Champions musim itu, dan Ronaldinho, berkat 26 gol dan 24 assist dalam 45 pertandingan, menjadi bintang pertunjukan.

Pemenang Piala Dunia 2002 itu meninggalkan klub untuk bergabung dengan AC Milan pada Juli 2008. Selama lima musim bertugas di Barca, penyerang itu memainkan 207 pertandingan, mencetak 94 gol, dan menciptakan 70 gol lagi.

Dia memenangkan dua gelar La Liga, satu trofi Liga Champions, dan beberapa Piala Super Spanyol bersama lima kali juara Eropa.

(diaz alvioriki/yul)

Baca Berita yang lain di Google News




  • 0%Suka
  • 0%Lucu
  • 0%Sedih
  • 0%Kaget

Opini

(500 Karakter Tersisa)

Artikel Pilihan


Daun Media Network