Jelaskan Pengertian Gerakan dan Teknik Dasar Sepakbola

"Beberapa gerakan dan teknik dasar yang harus dikuasai pemain sepakbola."

Analisis | 24 August 2022, 15:24
Jelaskan Pengertian Gerakan dan Teknik Dasar Sepakbola

Libero.id - Tak berlebihan kiranya jika menyebut sepakbola sebagai olahraga paling populer di dunia. Di era modern sekarang ini, sepakbola dimainkan dan ditonton orang dari segala penjuru bumi. Bukan hanya kaun Adam, melainkan juga kaum Hawa.

Untuk bisa memainkan sepakbola dengan benar, gerakan dan teknik dasar permainan ini harus dikuasai terlebih dulu.

Merujuk pada buku Kepelatihan Sepakbola: Teori dan Praktik (2018) karya Ketut Chandra Adinata Kusuma, ada beberapa gerakan atau teknik dasar yang harus dikuasai pemain dalam permainan sepakbola. Tlima diantaranya mengoper bola, menghentikan bola, menggiring bola,  menembak bola, dan menyundul bola.

1. Mengoper bola (passing the ball)

Mengoper bola merupakan salah satu gerakan dasar dalam permainan sepakbola. Teknik ini merupakan keterampilan untuk memindahkan bola dari satu pemain ke pemain lainnya. Gerakan ini juga dikenal dengan istilah passing. Passing dapat dilakukan dengan menggunakan kaki atau bagian tubuh lainnya, kecuali tangan.

Pada umumnya, passing dilakukan dengan menggunakan kaki. Biasanya, passing dilakukan dengan menggunakan kaki bagian dalam. Itu karena kaki bagian dalam terdapat area permukaan yang lebih luas jika dibandingkan punggung kaki.

Lalu, bagaimana cara mengoper bola dengan menggunakan kaki bagian dalam? Beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam mengoper bola:

a). Kaki disamping bola dan kaki diayunkan dari belakang ke depan.

b). Tendang bola dengan menggunakan bagian tengah kaki. Ketika kaki bersentuhan dengan bola, mata harus tertuju ke bola.

c). Ketika bola ditendang, kaki yang dipakai tetap melanjutkan ayunannya.

d). Selain kaki bagian dalam, passing juga bisa dilakukan dengan menggunakan kaki bagian luar. Saat akan mengoper bola mengunakan kaki bagian luar, posisi tubuh agak sedikit serong ke arah bola dan tubuh sedikit ditekuk.

2. Menghentikan bola (controlling the ball)

Gerakan dasar ini melatih keterampilan menghentikan bola, baik yang sedang melayang di udara maupun yang menggelinding di tanah. Controlling bisa dilakukan dengan menggunakan kaki, dada dan paha. Cara yang paling ampuh untuk menghentikan bola adalah dengan menggunakan kaki bagian dalam karena posisi bola akan tetap berada di depan pemain.

Tapi, menghentikan bola juga bisa menggunakan kaki bagian luar. Teknik ini bisa dilakukan jika bola berada cukup jauh dari kaki pemain.

Controlling bola dengan punggung kaki, dada atau perut dan paha dapat dilakukan jika bola dalam posisi melayang di udara. Hal ini akan menjadi cara yang cukup ampuh dalam menghentikan bola. Teknik menghentikan bola lainnya adalah dengan menggunakan telapak kaki, yang bisa dilakukan saat bola berada di tanah.

3. Menggiring bola (dribbling the ball)

Gerakan dasar ini melatih keterampilan untuk menggiring serta menguasai bola. Dribbling menjadi keterampilan dasar yang harus dikuasai para pemain terutama penyerang, karena teknik ini berguna untuk melakukan tendangan.

Terdapat dua jenis dalam menggiring bola, yaitu menggunakan kaki bagian dalam dan kaki bagian luar.

Menggiring bola menggunakan kaki bagian dalam memungkinkan pemain memiliki kontrol dan penguasaan bola yang cukup besar, jika dibandingkan dengan kaki bagian luar. Sedangkan penggunaan kaki bagian luar dalam dribbling bisa dilakukan saat pemain sedang berlari. Hal ini memudahkan pemain untuk menguasai bola.

4. Menembak bola (shooting the ball)

Dalam buku Jago Sepakbola (2020) karya Reki Siaga Agustina, teknik ini adalah cara untuk menciptkan gol dan seluruh pemain mendapatkan kesempatan.  Itu karena menembak bola ke gawang merupakan salah satu tujuan dari menendang dalam permainan sepakbola.

Agar menghasilkan tembakan yang keras, baik dan tepat sasaran, sebaiknya menggunakan punggung kaki.

5. Menyundul bola (heading the ball)

Teknik menyundul biasanya digunakan ketika pemain tidak bisa menggapai bola yang tinggi.  Untuk bisa menyundul bola, pemain perlu mengatur posisi badan dan waktu yang tepat untuk melompat. 

(atmaja wijaya/anda)

Baca Berita yang lain di Google News




  • 0%Suka
  • 0%Lucu
  • 0%Sedih
  • 0%Kaget

Opini

(500 Karakter Tersisa)

Artikel Pilihan


Daun Media Network