Inilah Alasan Sheriff Tiraspol Tidak Bisa Jamu Man United di Kandang

"Musim lalu, klub ini kalahkan Real Madrid di Santiago Bernabeu. Masih ingat?"

Analisis | 15 September 2022, 09:07
Inilah Alasan Sheriff Tiraspol Tidak Bisa Jamu Man United di Kandang

Libero.id - Setelah dikalahkan Real Sociedad di Old Trafford, Manchester United akan menyambangi Sheriff Tiraspol pada pertandingan kedua Liga Europa 2022/2023 Grup E. Meski akan dimainkan di Moldova, klub yang musim lalu mengejutkan Real Madrid di Liga Champions tidak akan bisa menjamu Setan Merah di kandang.

Pertandingan Sheriff Tiraspol vs Man United bakal berlangsung di Zimbru Stadium, Kamis (15/9/2022) malam WIB. Stadion itu terletak di Ibu kota Moldova, Chisinau, dan biasa digunakan Zimbru Chisinau dan tim nasional Moldova.

Kapasitas Zimbru Stadium hanya 10.400 tempat duduk. Dan, diprediksi 600-1.000 pendukung Man United hadir menyaksikan langsung perjuangan pasukan Erik ten Hag.

Tim nasional Inggris juga pernah bermain di stadion ini pada 2012, dalam Kualifikasi Piala Dunia 2014. Ketika itu, The Three Lions menang 5-0 atas Moldova. Uniknya, Tom Cleverley menjadi satu-satunya pemain Man United yang tampil di line-up Inggris, dengan Michael Carrick dan Danny Welbeck masuk lapangan dari bangku cadangan.

Pertanyaannya, mengapa Man United akan bermain di Chisinau, dan bukannya Tiraspol, kota tempat Sheriff berasal? Ternyata, itu terkait perang di Ukraina.

Fakta menunjukkan, Sheriff Tiraspol adalah klub yang berada di Transnistria, di perbatasan Moldova-Ukraina. Ini adalah wilayah yang memisahkan diri dari Moldova, tapi tidak diakui secara internasional. Transnitria hanya diakui oleh Rusia, dan dijadikan semacam "negara boneka".

Karena hubungan Transnitria dengan Rusia itulah, UEFA ikut menjatuhkan sanksi. Seperti sepakbola Rusia yang dikucilkan, UEFA juga melarang Sheriff Tiraspol memainkan pertandingan Eropa di Sheriff Stadium di Tiraspol, Transnitria.

"Mengingat eskalasi militer skala besar yang mengakibatkan invasi ke wilayah Ukraina oleh tentara Rusia, komite eksekutif UEFA memutuskan tidak akan ada pertandingan kompetisi UEFA yang akan dimainkan di wilayah Transnistria, di Moldova, hingga pemberitahuan lebih lanjut," bunyi pernyataan resmi UEFA, yang dirilis pada Juni 2022.

"FC Sheriff Tiraspol telah diundang untuk mengusulkan tempat atau stadion alternatif di luar wilayah Transnistria untuk pertandingan kandangnya di kompetisi klub UEFA selama larangan bermain di wilayah tersebut tetap berlaku," bunyi pernyataan lanjutan.

Entah main di Tiraspol atau Chisinau, Man United harus waspada terhadap Sheriff Tiraspol. Faktanya, musim lalu, mereka mengalahkan Real Madrid di Estadio Santiago Bernabeu pada laga grup Liga Champions.

(mochamad rahmatul haq/anda)

Baca Berita yang lain di Google News




  • 0%Suka
  • 0%Lucu
  • 0%Sedih
  • 0%Kaget

Opini

(500 Karakter Tersisa)

Artikel Pilihan


Daun Media Network