Momen 2 Gol Cristiano Ronaldo Digagalkan Teknologi Asisten Wasit

"Berikut gol terbaik di mata CR7."

Analisis | 11 October 2022, 21:10
Momen 2 Gol Cristiano Ronaldo Digagalkan Teknologi Asisten Wasit

Libero.id - Cristiano Ronaldo telah mencetak 115 gol untuk timnas Portugal, menjadikannya pencetak gol terbanyak sepanjang masa dalam sejarah sepak bola internasional.

Namun, dia tidak pernah puas dengan apa yang sudah dia miliki dan pasti akan ada banyak berargumen bahwa CR7 harus mencetak setidaknya tiga gol lagi untuk negaranya.

Apalagi, pada kualifikasi Piala Dunia 2022, Portugal melawan Serbia pada Maret lalu. Ronaldo saat itu marah setelah golnya di menit-menit terakhir dianulir oleh wasit.

Pemain berusia 37 tahun itu memiliki hak untuk merasa dirugikan, mengingat bola sudah melewati garis. Tetapi, kurangnya teknologi garis gawang di Stadion Rajko Mitic membuat Serbia diberi penangguhan hukuman.

“Saya selalu akan memberikan segalanya untuk negara saya, itu tidak akan pernah berubah,” tulis Ronaldo di Instagram setelah bermain imbang 2-2.

“Tetapi, ada saat-saat sulit untuk dihadapi, terutama ketika kita merasa bahwa seluruh bangsa dirugikan. Kami akan tetap mengangkat kepala dan menghadapi tantangan berikutnya.”

Ronaldo mungkin merasakan deja vu, karena ini bukan pertama kalinya dia gagal mencetak gol internasional akibat kurangnya teknologi garis gawang. Itu terjadi bukan sekali, tapi dua kali.

Kembali pada November 2010, Portugal mengamankan kemenangan 4-0 yang mengesankan atas Spanyol. Ronaldo mencetak gol individu yang luar biasa melawan rival sengit negaranya tersebut.

Saat skor imbang 0-0 di babak pertama, dia mempermalukan Gerard Pique dengan keterampilan brilian sebelum menyondok bola melewati Iker Casillas.

Gol itu seperti terlihat akan menjadi milik Ronaldo, tetapi Nani kemudian menyundul bola dari posisi offside untuk menggagalkan gol yang akan menjadi milik rekan setimnya itu.

Sontak Ronaldo marah dan berargumen bahwa bola telah melewati garis sebelum ada sentuhan dari Nani, yang berarti gol tersebut seharusnya tetap ada.

“Saya tidak mengerti, bahkan orang buta pun bisa melihat itu adalah gol. Bola sudah setengah meter masuk ke gawang," kata Ronaldo kepada Marca usai pertandingan.

“Saya tidak tahu apakah itu kebetulan atau tidak, tetapi gol terbaik saya bersama tim nasional dianulir. Saya ingat tendangan overhead di stadion Bessa yang tidak diberikan.”

Mencetak gol-gol luar biasa telah menjadi ciri khas Ronaldo yang termasyhur, mulai dari tendangan bebas melawan Portsmouth hingga tendangan jarak jauhnya melawan Porto.

Setelah menyaksikan rekan satu timnya mencetak tendangan overhead yang menakjubkan, sang penyerang kemudian membuat upaya akrobatiknya sendiri pada April 2018. Dia melompat tinggi untuk melakukan upaya luar biasa melewati Gianluigi Buffon yang tak berdaya dalam kemenangan 3-0 Real Madrid atas Juventus. 

“Jika Anda meminta saya untuk memilih gol favorit, saya akan mengatakan gol melawan Juventus, karena itu adalah gol yang telah saya cetak selama bertahun-tahun,” kata Ronaldo kepada France Football pada 2019. 

Namun, itu bukan pertama kalinya Ronaldo melakukan upaya luar biasa. Pada pertandingan kualifikasi Euro 2008 Portugal melawan Azerbaijan pada Oktober 2006, Ronaldo tampaknya telah mencetak apa yang akan menjadi salah satu gol internasional terbaiknya. 

Setelah mencetak gol pembuka di pertandingan tersebut, dia menjentikkan bola ke atas pada menit ke-25 sebelum mengeksekusi tendangan salto yang memukau. Gol itu sampai membuat kiper terpaku di gawangnya. 

Gol Ronaldo itu menjadi gol favorit. Bagaimanapun, itu adalah tendangan akrobat yang memantul di atas mistar. 

Namun, wasit dan hakim garis sama-sama tidak melihat bahwa bola telah melewati garis. Hal itu memicu protes dari para pemain Portugal dan pendukung mereka. 

Sayangnya untuk Ronaldo, teknologi garis gawang masih enam tahun lagi diterapkan oleh Dewan Asosiasi Sepakbola Internasional. 

Keputusan itu tidak terbukti mahal pada akhirnya karena Portugal mengamankan kemenangan 3-0, tetapi itu berarti bahwa penyerang itu menyelesaikan pertandingan dengan dua gol, yang seharusnya menjadi hat-trick pertama untuk negaranya. 

(diaz alvioriki/yul)

Baca Berita yang lain di Google News




  • 0%Suka
  • 0%Lucu
  • 0%Sedih
  • 0%Kaget

Opini

(500 Karakter Tersisa)

Artikel Pilihan


Daun Media Network