Respons PSSI Jika Elkan Baggott Benar-benar Absen di Piala AFF 2022

"Agenda padat di Inggris jadi alasan utama"

Analisis | 17 December 2022, 17:57
Respons PSSI Jika Elkan Baggott Benar-benar Absen di Piala AFF 2022

Libero.id - PSSI memastikan tidak keberatan jika Elkan Baggott absen membela tim nasional Indonesia di Piala AFF 2022. Sebab, alasan yang dikemukakan pemain Gillingham itu cukup masuk akal. Elks tidak bisa mudik ke Indonesia karena klubnya akan menghadapi beberapa pertandingan penting.

Kepastian Elkan Baggott tidak akan membela tim Garuda di Piala AFF 2022 diungkapkan langsung Neil Harris selaku pelatih Gillingham.

Neil Harris mengaku sangat senang pemainnya mendapatkan panggilan tim nasional. Dirinya juga mendukung penuh kiprah pemuda kelahiran Bangkok itu untuk bermain di Piala AFF 2022. Meski bukan agenda resmi FIFA, dia menghargai permintaan Shin Tae-yong, yang datang langsung ke Inggris.

Namun, Neil Harris juga tidak bisa menutup fakta bahwa saat Piala AFF 2022 berlangsung, Gillingham menghadapi agenda padat dan penting.

Gillingham juga dijadwalkan akan menghadapi dua klub Liga Premier pada dua turnamen domestik berbeda. The Gills dijadwalkan menjamu Wolverhampton Wanderers pada Piala Liga Inggris, 21 Desember 2022. Kemudian, melawan Leicester City pada Piala FA, 7 Januari 2023.

Sebelumnya Elkan Baggott juga sudah berkesempatan menghadapi klub Liga Primer lainnya, Brentford, pada Piala Liga Inggris, 9 November 2022. Saat itu, Elkan Baggott bermain cukup baik dengan menjaga pergerakan Ivan Toney, plus mengantarkan Gillingham menang adu penalti.

Sejauh ini Elkan Baggott sudah mencatat 17 penampilan dari 20 pertandingan Gillingham di League Two. Itu artinya dia merupakan pemain inti di klub, meski statusnya hanya pinjaman selama semusim dari Ipswich Town.

"Teman-teman tahu Piala AFF tidak termasuk dalam kalender FIFA yang mewajibkan para pemain dilepas. Tapi, untuk klub yang ada di dalam negeri (Liga 1) kami berharap itu tidak menjadi alasan," kata Direktur Teknik PSSI, Indra Sjafri, kepada sejumlah awak media di Jakarta.

"Khusus ntuk pemain yang ada di luar, kami memang ingin mereka bergabung. Pelatih Shin Tae-yong sampai datang ke Inggris menemui Elkan Baggott. Di sana dia menyampaikan tidak perlu semua pertandingan Elkan Baggott bisa tampil," tambah Indra Sjafri.

Awalnya, Shin Tae-yong hanya ingin Elkan Baggott main untuk semifinal atau final saja. Tapi, dengan jadwal Gillingham yang padat, bisa dipastikan hal itu tidak akan terlaksana.

"Sampai detik ini belum ada jawaban pasti yang diberikan klubnya Elkan. Tapi, PSSI terus berkomunikasi. Saya juga berkomunikasi dengan Elkan sampai detik ini. Dia masih belum bisa memastikan klubnya di pertandingan mana  bisa dilepas," ujar Indra Sjafri.

Jika tidak bisa menggunakan Elkan Baggott, PSSI memastikan bukan masalah besar. "Saya tidak bisa jamin itu (Elkan Baggott bisa datang). Tapi, saya yakin dengan skuad yang ada sekarang, kita cukup kompetitif. Minimal di pertandingan grup," pungkas Indra Sjafri. 

(andri ananto/anda)

Baca Berita yang lain di Google News




  • 0%Suka
  • 0%Lucu
  • 0%Sedih
  • 0%Kaget

Opini

(500 Karakter Tersisa)

Artikel Pilihan


Daun Media Network