Kabar Baik! Proses Naturalisasi 3 Pemain Timnas U-20 Masuk Kemensesneg

"Targetnya, selesai sebelum Piala Dunia U-20 2023."

Biografi | 11 February 2023, 15:28
Kabar Baik! Proses Naturalisasi 3 Pemain Timnas U-20 Masuk Kemensesneg

Libero.id - Di tengah kesulitan Shin Tae-yong mengumpulkan pemain-pemain tim nasional Indonesia U-20, muncul berita baik dari PSSI. Mochamad Iriawan memastikan tiga pemain naturalisasi calon penghuni timnas U-20 mengalami kemajuan signifikan. Dokumennya kini ada di Kementerian Sekretariat Negara.

Shin Tae-yong sedang pusing memikirkan pemain-pemain timnas U-20 yang belum bergabung ke pemusatan latihan nasional (TC). Ada yang ke Eropa. Ada juga yang tidak mendapat izin.

Kondisi ini memaksa Shin Tae-yong dan PSSI harus berpikir lebih kreatif. Selain berusaha melobi klub yang menaungi pemain tersebut, mempercepat proses naturalisasi tiga pemain muda, yaitu Ivar Jenner, Justin Hubner,dan Rafael Struick bisa lebih digencarkan.

Meski mungkin tidak akan siap untuk Piala AFC U-20 2023 yang tinggal hitungan pekan, setidaknya ketiga pemain bisa bermain di Piala Dunia U-20 2023.

Usaha PSSI untuk mempercepat proses naturalisasi Ivar Jenner, Justin Hubner, dan Rafael Struick tampaknya tidak main-main. Mochamad Iriawan memastikan dokumen ketiganya ada di Kemensetneg. Selanjutnya, tahap naturalisasi akan beralih ke Badan Intelijen Negara (BIN) untuk dipelajari.

Lalu, dokumen akan dikembalikan ke Kemensetneg dan diserahkan ke DPR RI untuk mendapat rekomendasi. Berikutnya, Presiden Joko Widodo menerbitkan Surat Keputusan Presiden (Kepres). Dan, tahap akhirnya pengambilan sumpah setia WNI.

"Kemarin saya diberi kabar baik oleh bung @hamdan.hamedan tentang perkembangan terkini proses naturalisasi @ivarjnr, @justinhubner5 dan @rafaelstruick. Alhamdulilah, dokumen ketiganya kini sudah berada di @kemensetneg.ri," tulis Iwan Bule di Instagram resmi miliknya.

"Artinya, apabila mengikuti alur. Proses selanjutnya dokumen mereka akan dikaji oleh Badan Intelijen Negara (BIN), lalu dikembalikan ke Kemensetneg untuk kemudian disetujui oleh DPR dan puncaknya adalah Keppres dari bapak Presiden RI @jokowi dan tinggal melakukan sumpah WNI di Kemenkumham," lanjut Iwan Bule.

"Dengan demikian, proses naturalisasi hanya tinggal sebentar lagi. Kita doakan agar semua berjalan dengan lancar. Jujur saja, saya dan juga pecinta sepak bola tanah air pastinya sudah tidak sabar untuk menyaksikan mereka bisa bermain bagi Garuda Nusantara di Piala Dunia U-20," tutu Iwan Bule.

Semoga, tidak adalah hambatan dalam proses ini. Dan, berharap paspor Ivar Jenner, Justin Hubner, dan Rafael Struick bisa diterima pada Mei 2023.  

(andri ananto/anda)

Baca Berita yang lain di Google News




  • 0%Suka
  • 0%Lucu
  • 0%Sedih
  • 0%Kaget

Opini

(500 Karakter Tersisa)

Artikel Pilihan


Daun Media Network