Studi Tunjukkan Erick Thohir Favorit Netizen +62 Jadi Ketua Umum PSSI

"Masalahnya, netizen bukan voters di KLB PSSI 2023.."

Viral | 16 February 2023, 00:00
Studi Tunjukkan Erick Thohir Favorit Netizen +62 Jadi Ketua Umum PSSI

Libero.id - Sebuah studi menarik ditunjukkan MediaWave terkait KLB PSSI 2023, Kamis (16/2/2023). Platform monitoring dan analisis media sosial di Indonesia itu melakukan penelitian yang menunjukkan Erick Thohir menjadi favorit netizen +62 untuk menggantikan Mochamad Iriawan.

PSSI akan menggelar Kongres Luar Biasa di Jakarta. Ada lima calon Ketua Umum yang dinyatakan lolos. Mereka adalah La Nyalla Mattalitti, Erick Thohir, Arief Putra Wicaksono, Doni Setiabudi, dan Fary Djemy Francis.

Meski La Nyalla Mattalitti punya jaringan kuat di PSSI hingga ke Asosiasi Provinsi (Asprov), MediaWave menyatakan Erick Thohir adalah sosok yang diinginkan warga dunia maya. Menteri Negara BUMN itu dinilai bersih dan bisa membawa harapan baru di sepakbola Indonesia.

Keberadaan Erick Thohir di KLB PSSI 2023 disambut positif di media sosial. Dia menjadi yang paling banyak diperbincangkan di media sosial sebagai pengganti Iwan Bule jika dibandingkan dengan empat kandidat lain.

MediaWave menyebut, pembicaraan terkait pencalonan Erick Thohir didominasi kata kunci seperti "kemajuan", "harapan", "dukungan", dan '"ersih". Itu menjadi indikator Erick Thohir dinilai memberi harapan terhadap sepakbola Indonesia.

Pantauan MediaWave menunjukkan, dari 16.299 percakapan tentang kandidat Ketua Umum PSSI, sekitar 73,57% di antaranya (11.940) terkait Erick Thohir. Kemudian, La Nyalla Mattalitti mengikuti dengan 18,8% (3.051). Selanjutnya, Doni Setiabudi 4,29% (696), Arif Putra Wicaksono 3,19% (518), dan Fary Djemy Francis 0,15% (24).

Mengapa Erick Thohir populer di media sosial? Itu karena dia didukung beberapa orang terkenal di media sosial. Sebut saja Tsamara Amany, Pangeran Siahaan, Raffi Ahmad, Atta Halilintar, hingga Kaesang Pangarep.

Uniknya, perbincangan tentang La Nyalla Mattalitti justru negatif. Mayoritas terkait janjinya yang akan membagikan dana Rp1 miliar per tahun untuk setiap Asprov PSSI. Ada lagi syarat terkait tidak pernah dipidana.

Meski populer di media sosial dan diharapkan menjadi Ketua Umum PSSI yang baru, peluang Erick Thohir memenangkan pertarungan belum jelas. Pasalnya, netizen tidak memiliki hak suara. Apalagi, La Nyalla Mattalitti mengklaim telah mendapatkan dukungan 44 dari 87 voters. 

Jadi, kita lihat saja nanti bagaimana hasilnya ketika KLB PSSI 2023 diselanggarakan. Sebab, kubu Erick Thohir juga mengklaim mendapatkan dukungan 60 voters. 

(andri ananto/anda)

Baca Berita yang lain di Google News




  • 0%Suka
  • 0%Lucu
  • 0%Sedih
  • 0%Kaget

Opini

(500 Karakter Tersisa)

Artikel Pilihan


Daun Media Network