Termasuk Muka Baru Hugo Samir, Inilah 6 Juru Gedor Timnas U-20 di Piala AFC U-20 2023

"Kalau sampai tidak bisa bikin gol lagi keterlaluan.."

Analisis | 26 February 2023, 17:00
Termasuk Muka Baru Hugo Samir, Inilah 6 Juru Gedor Timnas U-20 di Piala AFC U-20 2023

Libero.id - Shin Tae-yong telah mengumumkan 23 pemain timnas U-20 yang bermain di Piala AFC U-20 2023. Yang menarik, pelatih asal Korea Selatan tersebut memasukkan enam pemain dengan kemampuan menyerang yang baik. Siapa saja mereka?

Indonesia berada di Grup A bersama dengan tuan rumah Uzbekistan, Irak, dan Suriah. Pasukan Shin Tae-yong akan melawan Irak pada pertandingan pertama 1 Maret 2023. Lalu, Suriah, 4 Maret 2023. Terakhir, Uzbekistan, 7 Maret 2023. Hanya juara dan runner-up grup yang melaju ke perempat final.

Untuk menunjang daya gedor timnas U-20, Shin Tae-yong memasukkan beberapa nama pemain dengan tipe menyerang. Entah striker murni, penyerang sayap, atau gelandang serang, mereka diharapkan mencetak gol di Uzbekistan.

Wajah-wajah lama masih tetap mendominasi. Tapi, ada juga beberapa nama baru yang sudah mendapat kepercayaan bermain ketika Turnamen Mini Internasional U-20 digelar di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Jakarta, beberapa waktu lalu.

Siapa saja mereka? Inilah 6 pemain menyerang yang bisa jadi andalan timnas U-20 di Piala Asia U-20 2023:

1. Hugo Samir

Hugo Samir adalah nama baru yang langsung mencuri perhatian. Remaja Persis Solo itu adalah anak kandung penyerang legendaris Liga Indonesia, Jacksen F Tiago. Beda dengan sang ayah yang main di posisi No.9, Hugo Samir sangat bisa diandalkan di sektor No.7 (winger) atau No.10 (gelandang serang)

Pergerakan dan umpan-umpannya terbukti ampuh merepotkan pertahanan lawan. Hanya pengalaman dan kontrol emosi yang masih menjadi titik lemah Hugo Samir.

2. Alfriyanto Nico

Alfriyanto Nico sudah dipercaya Shin Tae-yong sejak program pemusatan latihan nasional Piala Dunia U-20 2023 digelar. Pemain muda Persija Jakarta itu dianggap memiliki kemampuan baik di sektor sayap. Dia sanggup mencetak gol maupun menciptakan assist.

Pengalaman menjadi pemain inti Macan Kemayoran di BRI Liga 1 2022/2023 adalah nilai tambah Alfriyanto Nico, yang diharapkan bersinar saat Piala AFC U-20 2023 digelar.

3. Rabbani Tasnim

Rabbani Tasnim adalah striker yang diidamkan Shin Tae-yong. Pemuda Borneo FC itu tinggi dan ngotot. Dia punya spesialisasi dalam bola-bola atas maupun bawah. Buktinya, dia mencetak empat gol di Piala AFF U-19 2022. Bahkan, di Kualifikasi Piala AFC U-20 2023, Rabbani Tasnim mencetak gol penentu kemenangan untuk memastikan satu tiket ke putaran final.

4. Hokky Caraka

Hokky Caraka juga pemain di posisi No.9 idaman Shin Tae-yong selain Rabbani Tasnim. Pengalaman striker PSS Sleman itu bermain bersama Garuda Select menjadi nilai plus. Apalagi, saat itu, Hokky Caraka menjadi pencetak gol terbanyak Garuda Select Season 3.

Pada Piala AFF U-19 2022, pemuda asal Gunungkidul mencetak 4 gol. Sementara di Turnamen Mini 1 gol. Sayang, dia harus mendapat kartu merah karena meladeni aksi kurang terpuji salah satu pemain Fiji yang memukul Frengky Missa.

5. Ginanjar Wahyu Ramadhani

Ginanjar Wahyu Ramadhani menjadi satu dari delapan pemain Persija Jakarta yang dipercaya membela timnas U-20. Perselisihan Shin Tae-yong dengan Thomas Doll terkait pemanggilan pemain Macan Kemayoran membuktikan kualitas Ginanjar yang tidak bisa dipandang sebelah mata.

Seperti Alfriyanto Nico dan Frengky Missa, Ginanjar adalah pemain utama Persija musim ini. Dirinya bahkan sempat menyumbangkan gol di BRI Liga 1 sehingga diharapkan akan menjadi salah satu andalan Garuda Muda di Uzbekistan.

6. Ronaldo Kwateh

Seperti Marselino Ferdinan, Ronaldo Kwateh sengaja disiapkan Shin Tae-yong untuk Piala Dunia U-20 2023. Terbukti, pemuda asal Bantul keturunan Liberia itu dipanggil memperkuat timnas Indonesia di berbagai level usia. Dia dipanggil ke timnas U-19, U-20, U-23, hingga ikut TC timnas senior.

Panggilan-panggilan itu membuktikan Ronaldo Kwateh sosok penting. Bahkan, saat dia sempat kabur ke Turki untuk ikat kontrak dengan Bodrumspor, Shin Tae-yong tetap memaksa Ronaldo Kwateh pulang.

(mochamad rahmatul haq/anda)

Baca Berita yang lain di Google News




  • 0%Suka
  • 0%Lucu
  • 0%Sedih
  • 0%Kaget

Opini

(500 Karakter Tersisa)

Artikel Pilihan


Daun Media Network