Jika Tidak Spesial, Indra Sjafri Hanya Pilih Sedikit Pemain dari TC Timnas U-22 Tahap 1

"Kualitas yang menentukan pemain pergi ke SEA Games 2023.."

Analisis | 03 March 2023, 05:21
Jika Tidak Spesial, Indra Sjafri Hanya Pilih Sedikit Pemain dari TC Timnas U-22 Tahap 1

Libero.id - Hanya perlu dua hari bagi Indra Sjafri untuk menilai kualitas para pemain yang ikut pemusatan latihan nasional timnas U-22 tahap pertama. Dan, Direktur Teknik PSSI itu tidak menampik kemungkinan hanya mengambil sedikit pemain ke skuad utama SEA Games 2023. Alasannya, kualitas yang tidak spesial.

TC timnas U-22 untuk pesta olahraga Asia Tenggara di Kamboja sudah dimulai pada Rabu (1/3/2023). Total, 34 pemain Liga 1 dan Liga 2 dipanggil. Mayoritas muka baru dan belum terkenal.

Berhubung pemain-pemain BRI Liga 1 2022/2023 tidak bisa diganggu, timnas U-22 memutuskan menggelar TC dalam beberapa fase. TC tahap pertama digelar pada 1-8 Maret. Lalu, dilanjutkan dengan TC tahap kedua pada 9-16 Maret, yang akan terdiri dari pemain yang berbeda.

Pada TC tahap pertama ini, pemain-pemain yang jarang bermain di Liga 1 dan pemain-pemain Liga 2 mendapat kesempatan. Untuk TC selanjutnya, baru akan dipanggil pemain-pemain reguler Liga 1. Ada pula pemain dari luar negeri jika memungkinkan.

"Ini baru hari kedua. Jadi program kita memang dari 1-16 Maret. Ada dua gelombang nanti. Gelombang pertama akan kita lakukan latihan pada 1-8 Maret. Intinya, kita akan melihat potensi atau kualitas dari 34 pemain tersebut," kata  Indra Sjafri setelah latihan di Lapangan ABC Gelora Bung Karno, Jakarta, Kamis (2/3/2023).

Dengan TC timnas U-20 dua gelombang, Indra Sjafri ingin melihat banyak pemain yang bisa digunakan. Siapa yang paling menonjol berpeluang besar masuk ke dalam skuad utama.

"Ada bentuk metodenya dalam latihan. Ada tiga kali internal game sebelum nanti kami putuskan dari 34 ini siapa yang kira-kira kami rekrut. Nantinya, pemain-pemain ini (yang lolos seleksi tahap pertama) akan digabungkan dengan pemain yang main reguler di Liga 1," ungkap Indra Sjafri.

Beda dengan SEA Games edisi sebelumnya, untuk SEA Games 2023, pemain yang digunakan berusia 22 tahun. Kemudian, tidak ada lagi kuota pemain senior seperti pada edisi sebelumnya.

"Yang menentukan (terpilih atau tidak) adalah kualitas. Tidak ada kuota. Tidak ada kepastian berapa. Kalau yang berkualitas hanya lima, ya itu saja (hanya lima pemain). Yang pasti, akan kami umumkan pada TC tahap pertama," pungkas pelatih timnas U-23 di SEA Games 2019 itu. 

(andri ananto/anda)

Baca Berita yang lain di Google News




  • 0%Suka
  • 0%Lucu
  • 0%Sedih
  • 0%Kaget

Opini

(500 Karakter Tersisa)

Artikel Pilihan


Daun Media Network