Analisis Peluang Timnas U-20 Asuhan Shin Tae-yong Lolos ke Perempat final Piala AFC U-20 2023

"Benarkah Indonesia lebih diuntungkan?"

Analisis | 05 March 2023, 11:59
Analisis Peluang Timnas U-20 Asuhan Shin Tae-yong Lolos ke Perempat final Piala AFC U-20 2023

Libero.id - Kemenangan timnas U-20 atas Suriah yang disusul kekalahan Irak dari Uzbekistan membuat peluang Garuda Muda lolos ke perempat final terjaga. Dengan pertandingan terakhir Irak jumpa Suriah, Indonesia lebih diuntungkan saat bertemu Uzbekistan. Kok, bisa?

Timnas U-20 sukses mengalahkan Suriah 1-0 pada laga kedua Grup A Piala Asia U-20 2023 di Lokomotiv Stadium, Tashkent, Sabtu (4/3/2023) malam. Gol tunggal Garuda Muda dicetak Hokky Caraka menit 34.

Beberapa jam kemudian, Uzbekistan mengalahkan Irak 1-0 melalui gol semata wayang Pulatkhuja Kholdorkhonov pada menit 17. Artinya, Uzbekistan kokoh di puncak dengan 6 poin dan +3 gol. Sementara Irak di posisi kedua dengan 3 poin dan +1 gol dan Indonesia di baris ketiga dengan 3 poin dan -1 gol.

Dalam kondisi seperti ini, timnas U-20 memang akan bertemu Uzbekistan dan pertandingan terakhir yang sangat berat. Status tuan rumah dan dukungan suporter jadi masalah lain.

Namun, jangan dikira Irak juga akan mudah melawan Suriah. Meski Suriah sudah masuk kotak setelah dikalahkan Uzbekistan dan Indonesia, pertandingan melawan Irak selalu menarik. Sebab, sebagai negara bertetangga, pertandingan Irak melawan Suriah di semua level usia selalu panas.

Fakta menunjukkan, selain Irak vs Iran, Irak vs Kuwait, atau Irak vs Arab Saudi, pertemuan Irak vs Suriah sering diwarnai ketegangan. Ini mirip pertandingan Indonesia vs Malaysia, Malaysia vs Singapura, atau Thailand vs Vietnam. Artinya, sudah pasti Suriah tidak akan menyerah begitu saja. Mereka pasti akan berusaha mengalahkan Irak demi gengsi dan harga diri.

Jika Suriah berhasil mengalahkan Irak, timnas U-20 cukup menahan imbang Uzbekistan. Meski berat, dengan semangat yang ditunjukkan melawan Suriah, tidak ada yang tidak mungkin.

"Hingga peluit akhir berbunyi, saya sangat bersyukur atas perjuangan yang dilakukan seluruh pemain Indonesia. Mereka berjuang layaknya atlet sejati. Saya juga berterima kasih atas lawan kami Suriah yang juga merupakan lawan tangguh hingga akhir," kata Shin Tae-yong di situs resmi PSSI.

Sesuai jadwal, pertandingan terakhir Grup A Piala AFC U-20 2023 akan diselenggarakan bersamaan Selasa (7/3/2023) malam WIB. Laga timnas U-20 berlangsung di Istiqlol Stadium, Fergana. Sementara Irak menghadapi Suriah di Lokomotiv Stadiun, Tashkent.

(andri ananto/anda)

Baca Berita yang lain di Google News




  • 0%Suka
  • 0%Lucu
  • 0%Sedih
  • 0%Kaget

Opini

(500 Karakter Tersisa)

Artikel Pilihan


Daun Media Network