Benarkah Park Hang-seo Jadi Direktur Teknik PSSI? Ini Faktanya

"Kadang media luar kalau bikin berita aneh-aneh, bos.."

Viral | 11 April 2023, 18:02
Benarkah Park Hang-seo Jadi Direktur Teknik PSSI? Ini Faktanya

Libero.id - Dalam beberapa hari terakhir, pendukung timnas Indonesia dan netizen +62 diramaikan dengan pemberitaan sebuah media Malaysia soal Park Hang-seo yang akan menjadi Direktur Teknik PSSI menggantikan Indra Sjafri. Benarkah berita itu? Inilah fakta sebenarnya.

Setelah meninggalkan posisinya sebagai pelatih kepala timnas Vietnam, Park Hang-seo masih belum punya pekerjaan baru. Dia pulang ke kampungnya di Seoul, Korea Selatan.

Tapi, pada satu hari yang cerah, tiba-tiba saja beredar kabar kalau pelatih asal Negeri Ginseng akan kembali berkiprah di sepakbola Asia Tenggara. Bukan balik ke Vietnam, melainkan memulai petualangan baru di Indonesia. Tidak sebagai pelatih menggantikan sesama pria Korea Selatan, Shin Tae-yong, melainkan Direktur Teknik PSSI.

Kabar aneh ini dimuat oleh salah satu media Malaysia, Semuanya Bola. Lantas dari mana sumber utama kabar ini dan sejauh mana akurasinya?

Usut punya usut media papan bawah Malaysia itu secara serampangan mengutip dan menyetujui pernyataan salah satu konten Youtube di Indonesia yang menyebut kalau Park Hang-seo akan mengisi posisi Direktur Teknik PSSI. Padahal, saat ini posisi tersebut masih dipegang Indra Sjafri, yang merangkap pelatih SEA Games 2023.

Kabar itu yang mendorong media Malaysia menyebut kalau Park Hang-seo sedang dalam proses negosiasi dengan PSSI. "Park Hang-seo disebut sedang dalam proses negosiasi dengan PSSI dan disebut siap membantu Indonesia lolos ke Piala Dunia 2026," tulis media tersebut.

Masalahnya, media yang dimaksud menulis tanpa meminta konfirmasi dari pengurus PSSI, entah Erick Thohir atau Ratu Tisha Destria.

Jadi, bisa dipastikan kabar Park Hang-seo akan bekerja untuk PSSI sebagai Direktur Teknik adalah hoax. Itu adalah sensasi, yang anehnya juga dikutip oleh sejumlah media online di Indonesia. Lagi-lagi, media online tersebut tidak melakukan klarifikasi ke petinggi PSSI.

Yang sebenarnya terjadi adalah Ketua Umum PSSI, Erick Thohir, akan segera berbicara dengan Shin Tae-yong untuk membahas masa depan. Pasalnya, kontrak STY akan berakhir Desember 2023. Sementara Piala Asia 2023 akan berlangsung Januari-Februari 2024.

(mochamad rahmatul haq/anda)

Baca Berita yang lain di Google News




  • 0%Suka
  • 0%Lucu
  • 0%Sedih
  • 0%Kaget

Opini

(500 Karakter Tersisa)

Artikel Pilihan


Daun Media Network