Profil Robert Gier, Pelatih Filipina di SEA Games 2023 Calon Lawan Indra Sjafri

"Siapa dia? Ini kisah kariernya yang unik."

Biografi | 28 April 2023, 07:50
Profil Robert Gier, Pelatih Filipina di SEA Games 2023 Calon Lawan Indra Sjafri

Libero.id - Timnas Filipina U-22 akan melakoni pertandingan pertama SEA Games 2023 melawan Indonesia di Olympic Stadium, Phnom Penh, Sabtu (29/4/2023). Ini akan menjadi panggung pelatih baru mereka, Robert Gier, untuk unjuk kehebatan. 

Sebulan sebelum SEA Games 2023 digelar, Asosiasi Sepakbola Filipina (PFF) memutuskan menunjuk Robert Gier sebagai nakhoda timnas U-22. Pelatih keturunan Filipina-Inggris itu mendapat tugas untuk meloloskan The Azkals dari fase grup dengan minimal meraih medali perunggu.

"Saya merasa sangat bangga dan terhormat diberi kesempatan untuk mewakili negara lagi. Terlibat dalam kapasitas kepelatihan timnas telah menjadi ambisi saya sejak saya pensiun. Diberi tanggung jawab di SEA Games 2023 adalah sesuatu yang sangat saya nantikan. Senang bisa kembali," kata Robert Gier di situs resmi PFF.

"Saya berharap pengalaman saya, baik di lapangan dan, baru-baru ini, dalam kapasitas kepelatihan dapat berdampak positif bagi para pemain dan tim ini," tambah Robert Gier.

Presiden PFF, Mariano Araneta, dan Sekretaris Jenderal PFF, Edwin Gastanes, menyatakan keyakinannya pada kemampuan Robert Gier untuk memimpin anak-anak muda Filipina di SEA Games kali ini. Sebab, Filipina sedang berusaha lolos ke fase knock-out untuk kali pertama sejak SEA Games 1991.

"Kami senang mantan pemain timnas kami, Rob Gier, telah menerima peran sebagai pelatih kepala timnas U-22 Filipina untuk SEA Games mendatang," kata Mariano Araneta.

Lalu, siapa Robert Gier ini? Bagi Filipina, dia bukan sosok asing. Saat masih aktif bermain, Robert James Gier merupakanbek tangguh. Bersama The Azkals, Robert Gier mencicipi berbagai turnamen.

Lahir dan besar di Inggris dari ayah asal Inggris dan ibu Filipina, Robert Gier memilih membela The Azkals. Dia melakukan debut pada 2009 dan mewakili Filipina dalam 66 penampilan internasional.

Dirinya menjadi bagian dari tim yang finish sebagai runner-up di AFC Challenge Cup 2014 dan merupakan sosok yang berpengaruh dalam tiga pertandingan semifinal berturut-turut Piala AFF 2010, Piala AFF 2012, dan Piala AFF 2014. Kemudian, dia gantung sepatu pada awal 2016 untuk memulai karier kepelatihan.

Saat ini, Robert Gier memegang lisensi kepelatihan UEFA A, dan kandidat lisensi UEFA Pro. Robert Gier memiliki pengalaman melatih di Inggris sebagai pelatih kepala tim sepakbola wanita Universitas Oxford dan pelatih kepala Akademi Reading Women.

(mochamad rahmatul haq/anda)

Baca Berita yang lain di Google News




  • 0%Suka
  • 0%Lucu
  • 0%Sedih
  • 0%Kaget

Opini

(500 Karakter Tersisa)

Artikel Pilihan


Daun Media Network