Termasuk Marselino Ferdinan, 5 Calon Bintang SEA Games 2023

"Dengan Marselino Ferdinan, Indonesia layak optimistis medali emas."

Analisis | 29 April 2023, 19:01
Termasuk Marselino Ferdinan, 5 Calon Bintang SEA Games 2023

Libero.id - Pertandingan sepakbola SEA Games 2023 dibuka dengan timnas U-22Indonesia yang mengalahkan Filipina 3-0 di Olympic Stadium, Phnom Penh, Sabtu (29/4/2023) sore. Tiga gol Garuda Muda dihasilkan Marselino Ferdinan, Irfan Jauhari, dan Fajar Fathur Rahman.

SEA Games adalah multievent olahraga. Jadi, ada banyak cabang olahraga yang diertandingkan, baik olahraga Olimpiade, maupun olahraga lokal. Salah satu yang cukup menyita perhatian adalah sepakbola.

Berdasarkan aturan SEA Games 2023, pertandingan-pertandingan sepakbola kali ini hanya bisa diikuti pemain berusia 22 tahun ke bawah. Tidak ada pemain senior yang diizinkan seperti edisi-edisi sebelumnya. Itu berarti akan ada 20 pemain muda di setiap tim yang unjuk kehebatan.

Nah, berikut ini 5 calon bintang yang bakal bersinar terang di SEA Games 2023:

1. Marselino Ferdinan (Indonesia)

Pada Piala AFF 2022, Marselino Ferdinan dinobatkan sebagai Pemain Muda Terbaik, meski kemudian diralat karena AFF tidak memberikan penghargaan dalam kategori tersebut.

Tapi, itu bukan masalah. Marselino Ferdinan membuktikan dirinya sebagai pemain muda Indonesia dengan masa depan cerah. Dia memutuskan berkarier di Belgia bersama KMSK Deinze sejak pertengahan musim 2022/2023. Hasilnya, cukup bagus karena sudah mencetak gol.

Usianya baru 18 tahun. Tapi, pemain yang berposisi gelandang itu telah memainkan 12 caps bersama timnas Indonesia senior. Mantan pemain Persebaya Surabaya itu juga langsung membuka keran gol di SEA Games 2023 lewat sontekan cerdik di penghujung babak kedua memanfaatkan assist Ilham Rio Fahmi.

2. Le Van Do (Vietnam)

Le Van Do merupakan salah satu pemain yang membawa Vietnam juara SEA Games 2021. Permainan apiknya berlanjut di V.League 1 bersama Police Hanoi FC. Le Van Do bisa dimainkan di kedua sayap. Dirinya juga bisa bermain sebagai bek sayap dalam formasi 3-4-3 yang biasa dipakai Philippe Troussier.

3. Sieng Chanthea (Kamboja)

Kamboja membuat gebrakan di Piala AFF 2022 dengan finish sebagai semifinalis. Salah satu pemain yang tampil menonjol di turnamen tersebut adalah Sieng Chenthea. Meski baru berusia 20 tahun, Sieng Chenthea punya pengalaman bermain yang tak sedikit.

Sejak melakukan debut pada usia 16 tahun bersama Kamboja U-16, Sieng Chenthea telah memainkan banyak pertandingan internasional senior. Dia adalah pencetak gol tercepat di SEA Games dengan 8 detik. Itu terjadi pada SEA Games 2019 saat melawan Myanmar.

4. Channarong Promsrikaew (Thailand)

Channarong Promsrikaew digadang sebagai pemain masa depan Thailand. Tim lawan patut mewaspadai pergerakan pemain yang biasa dimainkan sebagai gelandang serang, gelandang sayap, second striker, hingga penyerang tengah.

Pengalaman Channarong Promsrikaew sudah teruji di level klub. Dirinya merupakan starter reguler untuk Chonburi FC di Thai League 1. Musim ini dirinya telah memainkan 25 pertandingan dengan 3 gol dan 1 asisst. Channarong Promsrikaew pernah juga menghabiskan musim 2021/2022 dengan status pinjaman di tim kasta keempat Spanyol, Union Adarve.

5. Azam Azmi (Malaysia)

Malaysia disebut tidak bisa membawa skuad terkuat di SEA Games 2023 karena Johor Darul Ta'zim (JDT) menolak melepas beberapa nama penting seperti Arif Aiman Hanapi. Tapi, Harimau Muda tetap masih memiliki pemain berkualitas. Salah satunya Azam Azmi.

Sejak bergabung Terengganu FC pada 2020, pemain yang berposisi bek kanan itu menjadi sosok kunci. Berusia 22 tahun, Azam Azmi sudah rutin bermain di klub. Dirinya memiliki 6 caps untuk timnas senior. Statistik yang mengesankan mengingat pemain muda itu bersaing memperebutkan posisi melawan Matthew Davies, Dion Cools, hingga Syahmi Safari.

(mochamad rahmatul haq/anda)

Baca Berita yang lain di Google News




  • 0%Suka
  • 0%Lucu
  • 0%Sedih
  • 0%Kaget

Opini

(500 Karakter Tersisa)

Artikel Pilihan


Daun Media Network