Perbedaan Timnas Indonesia U-22 saat Dilatih Oleh Shin Tae-yong dan Indra Sjafri, Ini Statistiknya

"Ada plus minus masing-masing, yang terpenting Indonesia bisa berkembang."

Analisis | 09 May 2023, 09:19
Perbedaan Timnas Indonesia U-22 saat Dilatih Oleh Shin Tae-yong dan Indra Sjafri, Ini Statistiknya

Libero.id - Timnas Indonesia U-22 berhasil memuncaki klasemen grup A SEA Games 2023. Tim asuhan Indra Sjafri ini telah mengantongi tiga kemenangan beruntun dari tiga laga yang dijalani.

Mereka juga dipastikan lolos ke babak semifinal sebagai juara grup A kali ini. Catatan itu ternyata berbeda dengan pencapaian Shin Tae-yong di SEA Games 2021 lalu yang lolos ke semifinal sebagai runner up grup A.

Lantas seperti apa perbedaan tim SEA Games Indra Sjafri dan Shin Tae-yong? Berikut Sportstars.id mencoba mengupasnya.

1. Jumlah Produktivitas (Rata-Rata Gol)

Jika dilihat sejauh ini tim asuhan Indra Sjafri mampu menyamakan koleksi gol yang dicapai pasukan Shin Tae-yong musim lalu. Perolehan gol Timnas Indonesia U-22 Indra Sjafri bahkan berpotensi lebih banyak.

View this post on Instagram

A post shared by PSSI (@pssi)

Pasalnya, Garuda muda sudah mencetak 11 gol di tiga laga grup A SEA Games 2023. Sementara musim lalu, tim asuhan Shin Tae-yong mengoleksi 11 gol di empat laga. Jika dihitung secara rata-rata, gol tim Shin Tae-yong berumlah 2,75 dalam empat laga sementara skuad asuhan Indra Sjafri 3,6 gol dari tiga pertandingan.

2. Jumlah Kebobolan

Timnas Indonesia U-22 Indra Sjafri kali ini membawa peningkatan. Mereka masih belum pernah kebobolan dari tiga pertandingan babak grup A.

Sementara Timnas Indonesia U-23 asuhan Shin Tae-yong kecolongan lima gol dalam empat laga grup A SEA Games 2021 lalu. Meski demikian, Timnas Indonesia U-22 masih berpotensi kebobolan di laga terakhir grup A nanti melawan tuan rumah Kamboja U-22, Rabu (10/5/2023).

3. Top Skor

Top skor SEA Games 2023 sementara ini diraih oleh Fajar Fathur Rahman dengan total empat gol di fase grup. Adapun top skor SEA Games 2021 dicapai oleh Witan Sulaeman dan Egy Maulana Vikri dengan total masing-masing tiga gol hingga selesai.

Penampilan Fajar kali ini cukup bersinar. Berbanding terbalik dengan Witan yang justru ikut kembali dalam dua SEA Games terakhir. Dia bahkan belum kunjung mencetak gol di SEA Games 2023 ini.

4. Rekor Kemenangan Terbesar

Rekor kemenangan terbesar di fase grup SEA Games saat ini dicapai oleh tim Indra Sjafri. Adapun kemenangan tersebut terjadi ketika Timnas Indonesia U-22 mampu mengalahkan Myanmar U-22 dengan skor 5-0.

Sementara kemenangan terbesar tim Shin Tae-yong terjadi saat Timnas Indonesia U-23 berhadapan melawan Timor Leste U-23 dengan skor 4-1. Ini menunjukkan adanya kemajuan Garuda muda di SEA Games kali ini.

5. Jumlah Pemain yang Bikin Gol

Di SEA Games 2023 ini ada lima pemain Timnas Indonesia U-22 yang mencetak gol dan masuk dalam daftar top skor. Kelima pemain yang dimaksud di antaranya Fajar Fathur Rahaman (4), Ramadhan Sananta (3), Marselino Ferdinan (2), Titan Agung (1), dan Irfan Jauhari (1).

Sementara saat SEA Games 2021 ada tujuh pemain yang berkontribusi dalam mencetak gol. Mereka adalah Egy Maulana (3), Witan Sulaeman (3), Marselino Ferdinan (2), Fachruddin Aryanto (1), Ronaldo Kwateh (1), Rizky Ridho (1), dan Muhammad Ridwan (1)

(muflih miftahul kamal/muf)

Baca Berita yang lain di Google News




  • 0%Suka
  • 0%Lucu
  • 0%Sedih
  • 0%Kaget

Opini

(500 Karakter Tersisa)

Artikel Pilihan


Daun Media Network