Hanya Rehat Sehari Sebelum Lawan Indonesia, Vietnam Salahkan Jadwal SEA Games 2023

"Tidak pernah berhenti mengeluh.."

Analisis | 13 May 2023, 00:19
Hanya Rehat Sehari Sebelum Lawan Indonesia, Vietnam Salahkan Jadwal SEA Games 2023

Libero.id - Jeda pertandingan terakhir fase grup dengan semifinal SEA Games 2023 yang sangat pendek membuat Vietnam mengeluh. Media Vietnam mempertanyakan panitia SEA Games 2023 mengapa jadwal pertandingan Grup A dan Grup B berat sebelah.

Keyakinan timnas Vietnam U-22 untuk bisa mengalahkan timnas Indonesia U-22 di semifinal SEA Games 2023 ternyata tidak diimbangi dengan waktu istirahat yang cukup. Pasalnya, The Golden Star hanya punya waktu rehat sehari setelah pertandingan terakhir Grup B melawan Thailand sebelum berduel dengan Garuda Muda.

Fakta menunjukkan, pertandingan terakhir Grup B berlangsung Kamis (11/5/2023). Sementara Grup A digelar Rabu (10/5/2023). Padahal, semifinal SEA Games 2023 dilaksanakan pada Sabtu (13/5/2023).

Dengan hasil imbang 1-1, Thailand keluar sebagai juara grup. Itu berarti The War Elephants akan bertanding melawan Myanmar pada pukul 19.00 WIB. Sementara Vietnam punya waktu lebih sedikit lagi karena harus melawan Indonesia pada pukul 16.00 WIB.

Salah satu media Vietnam, Zingnews menyebut Indonesia dan Myanmar memiliki waktu istirahat dua hari. Waktu yang cukup untuk recovery pemain, dan sangat menguntungkan. Sementara Vietnam dan Thailand hanya satu hari untuk mempersiapkan diri dengan baik.

"Pelatih perlu memiliki perhitungan yang masuk akal untuk menjaga stamina ketika hanya satu hari libur. Itu lebih sedikit dari pesaing di Grup A," tulis Zingnews.

Media itu juga turut mengulas bagaimana cara Indra Sjafri menggunakan jadwal yang padat untuk merotasi para pemain Garuda Muda.

"Indonesia jelas menunjukkan keunggulan dengan meraih 12 poin absolut, mencetak 13 gol, dan hanya kebobolan 1 gol. Pada pertandingan terakhir melawan tuan rumah Kamboja, Indonesia juga menggunakan skuad dengan banyak pemain cadangan untuk melakukan rotasi dan mempertahankan kekuatan sebelum semifinal," tulis Zingnews.

Meski memprotes dan keberatan dengan jadwal, Zingnews juga menunjukkan fakta bahwa Vietnam pernah mengalami nasib serupa. Hasilnya, medali emas SEA Games 2019.

Ketika itu, Vietnam memainkan pertandingan terakhir di Grup B melawan Thailand pada 5 Desember 2019. Mereka hanya satu hari libur sebelum semifinal melawan Kamboja pada 7 Desember 2023. Hebatnya, Park Hang-seo meraih medali emas SEA Games 2019 setelah mengalahkan Indonesia asuhan Indra Sjafri.

(mochamad rahmatul haq/anda)

Baca Berita yang lain di Google News




  • 0%Suka
  • 0%Lucu
  • 0%Sedih
  • 0%Kaget

Opini

(500 Karakter Tersisa)

Artikel Pilihan


Daun Media Network